Analisis dan Perbaikan Usability Manajemen Bootcamp pada LMS PT XYZ menggunakan Metode Human Centered Design

Analisis dan Perbaikan Usability Manajemen Bootcamp pada LMS PT XYZ menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Luvita Intan Cahyani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

human centered design, evaluasi usability, usability testing, USE kuesioner

Abstrak

Admin berperan penting dalam memanajemen bootcamp pada LMS PT XYZ. Namun, saat ini LMS PT XYZ belum menyediakan salah satu komponen penting pada bootcamp yaitu pengolahan rubrik penilaian yang sesuai. Hal ini juga menyebabkan student bootcamp tidak bisa melihat nilai akhir yang sesuai pada LMS. Dari permasalahan tersebut, peneliti kemudian melakukan analisis untuk dapat memperbaiki usability pada LMS menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Pengujian dilakukan kepada 15 responden dari tiga kelompok pengguna yang terdiri dari kelompok pengguna Class Manager, Learning Design, dan Talent Support. Pengujian kemudian dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada desain yang ada saat ini dan rancangan desain solusi dengan menggunakan metode usability testing yang mengukur aspek efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna. Dalam mengukur aspek kepuasan pengguna, peneliti menggunakan USE kuesioner. Adapun peningkatan nilai usability pada aspek efektivitas dari 94,82% menjadi 100%, aspek efisiensi dari 0,0969 goal/s menjadi 0,1839 goal/s, dan aspek kepuasan pengguna dari 59,10% menjadi 94,37%. Pada hasil pengujian statistik, aspek efektivitas dan efisiensi menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum atau sesudah evaluasi usability yang dilakukan. Sedangkan pada aspek usefulness, ease of use, ease of learn, dan satisfaction terdapat perbedaan yang signifikan antara evaluasi awal dan desain solusi.

Referensi

Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistika Tanpa Stres (Panduan Lengkap untuk Penelitian. Cocok Untuk Mahasiswa, Karyawan, dan Umum) (D. Sugianto, I. Faradillah, R. A. Koswara, & L. A.M. (eds.)). TransMedia.

ISO 924-11. (1998). Ergonomic requirements for office work with visual display terminals. Part 11: Guidance on usability. In International Standard.

ISO 9241-210. (2010). Ergonomics of human-system interaction. In International Organization for Standardization. https://doi.org/10.5100/jje.30.1

Jamaluddin, M., Mustaji, M., & Bahri, B. S. (2022). Effect of Blended Learning Models and Self-Efficacy on Mathematical Problem-Solving Ability. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(7), 127–144. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.7.7

Jufri, M. S. S. dan L. (2018). Deskripsi Kemampuan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Kendari Dalam Menganalisis Data Statistika. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1), 109–126.

Kemendikbud. (2021). Optimalisasi Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Direktorat Sekolah Menengah Atas, 1925–1927.

Lund, A. M. (2001). Measuring usability with the USE questionnaire. Usability Interface, 8(2), 3–6.

Mifsud, J. (2021). Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Usability Geek.

Nanja, M., Lasena, Y., & Dalai, H. (2022). Perancangan Sitem Uji Kebergunaan Aplikasi Berbasis Web Menggunakan System Usability Scale. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(4), 624–631. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i4.617

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. All Usability, 1–69. http://www.mendeley.com/catalog/usability-101-introduction-usability/

Diterbitkan

04 Mar 2024

Cara Mengutip

Cahyani, L. I., Putra, W. H. N., & Akbar, M. A. (2024). Analisis dan Perbaikan Usability Manajemen Bootcamp pada LMS PT XYZ menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13372

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...