Pengembangan Isi Sumber Belajar Berbasis Web Berdasarkan Prinsip Personalized Learning Pada Konteks Pengelompokan Gaya Belajar VARK Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web

Pengembangan Isi Sumber Belajar Berbasis Web Berdasarkan Prinsip Personalized Learning Pada Konteks Pengelompokan Gaya Belajar VARK Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web

Penulis

  • Reza Berlian Ananda Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

personalized learning, VARK, ADDIE

Abstrak

Jurnal ini akan dipublikasikan pada The International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP)

Referensi

Az-Zahra, F., 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Personalized Learning Menggunakan Model Adaptive Learning System Berbasis Web. Jurnal Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Branch, R.M., 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springerb Science+Business Media.

Cahyadi, A., 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang Baru: Laksita Indonesia.

Chetty, N.D.S., Handayani, L., Sahabudin, N.A., Ali, Z., Hamzah, N., Rahman, N.S.A. and Kasim, S., 2019. Learning Styles and Teaching Styles Determine Students’ Academic Performances. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8, pp.610–615.

Díaz, F.S., Rubilar, T.P., Figueroa, C.C. and Silva, R.M., 2018. An Adaptive E-learning Platform with VARK Learning Styles To Support The Learning Of Object Orientation. IEEE World Engineering Education Conference (EDUNINE).

Fleming, N.D., 2001. Teaching and Learning Styles: VARK. Amazon.com.

Hamzah, M.L., Rukun, K., Rizal, F., Purwati, A.A., Hamzah and Zarnelly, 2019. A Review Of Increasing Teaching and Learning Database Subjects In Computer Science. Revista Espacios, 40.

Marwiyah, S., Pujiastuti, H. and Sukirwan, 2020. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar V-A-K Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), pp.294–307.

Muhammad, 2018. Sumber Belajar. Mataram: Sanabil.

Nuryadi, Astuti, T., Utami, E.S. and Budiantara, M., 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Rohma, S. and Subandowo, M., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan. 12.

Rosanti, T.E. and Astuti, R., 2023. The Influence of Learning Style on Students’ English Learning Outcomes. Indonesian Journal of Education Methods Development, 21. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i.699.

Suliyanto, 2014. Statistika Non Parametrik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Surajino, S., 2014. Pembelajaran Berbasis Web: Suatu Tujuan Dari Aspek Kognitif.

Susanto, E. and Retnawati, H., 2016. Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), pp.189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631.

Zhang, L., Yang, S., and Carter, R.A., 2020. Personalized Learning and ESSA: What We Know and Where We Go. Journal of Research on Technology in Education.

Diterbitkan

20 Mar 2024

Cara Mengutip

Ananda, R. B., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2024). Pengembangan Isi Sumber Belajar Berbasis Web Berdasarkan Prinsip Personalized Learning Pada Konteks Pengelompokan Gaya Belajar VARK Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(13). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13382
Loading...