Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis pada Faktor Customer Menggunakan Metode Business Process Improvement Framework (Studi Kasus : PT XYZ)

Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis pada Faktor Customer Menggunakan Metode Business Process Improvement Framework (Studi Kasus : PT XYZ)

Penulis

  • Muhammad Rafly Mumtaz Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Business Model Improvement, Business Process Model and Notation, Criteria Success Factor, Automation, Process Validation, Time Validation

Abstrak

PT.XYZ adalah perusahaan yang bergerak di sektor logistik komoditas ekspor impor. Pelanggan yang ingin mengirimkan barangnya melalui PT.XYZ sering menghubungi perusahaan dengan menggunakan WhatsApp. Pada prosesnya, kesalahan informasi sering terjadi yang diakibatkan oleh pelanggan dan karyawan PT. XYZ, seperti dimensi barang yang dicatat pada spreadsheet pemesanan barang berbeda saat awal pelanggan menghubungi perusahaan dengan saat pengiriman barang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena informasi yang tidak akurat, keterlambatan dalam komunikasi, dan praktik perilaku bisnis yang tidak efisien antara berbagai entitas dalam rantai pasokan. Untuk itu, analisis dan perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) Framework dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan mengurangi tingkat kesalahan informasi. Selain itu, penelitian ini mengembangkan sebuah sistem automatisasi agar pesan customer dari WhatsApp langsung masuk ke spreadsheet pemesanan barang. Proses bisnis usulan menghasilkan peningkatan waktu pada proses bisnis pemesanan pengiriman barang sebesar 53,65% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis pricing sebesar 62,23% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis perencanaan pengiriman barang sebesar 70,44%, dan proses input data sebesar 52%.

Referensi

Maulana, Yoppy. (2023). Tinjauan Naratif: Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis sebagai Perbaikan Proses Bisnis pada Organisasi. Jurnal Teknologi dan Informasi. 13. 1-16. 10.34010/jati.v13i1.9038.

Alexander, L. (2020, August 20). Usulan perbaikan proses Bisnis pengiriman Kargo Dengan metode business process improvement (BPI) pada pt DWI upaya sukses. E. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22535

H. J. Harrington, BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT. California: American Society for Quality Control, 1st editii. McGraw Hill, 1991.

Chairmanita, Davina. (2023). PENYEMPURNAAN PROSES REKONSILIASI MELALUI SAKTI: PENERAPAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PADA AKUNTANSI PEMERINTAH PUSAT REPUBLIK INDONESIA. JURNAL DISPROTEK. 14. 99-105. 10.34001/jdpt.v14i2.4185. Letter Symbols for Quantities, ANSI Standard Y10.5-1968.

Waluyo, A. G., Aknuranda, I. dan Setiawan, N. Y. (2018) “Analisis Proses Bisnis Pada Toko Buku Galuh Menggunakan Business Process Improvement Framework”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), hlm. 7568–7574. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4020 (Diakses: 28 Desember 2023).

Erwan, F., Fariz Aulia Alzi, Hasan Yudie Sastra, Ilyas, I., Izzaty, N., & Asmadi, D. (2023). Improving the fishery business permit issuance using Business Process Improvement. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(3), 201–210. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v10i3.22092

Sudana, Oka & Putra, I & Dewi, Pradita. (2023). Business Process Analysis with Business Process Improvement Method Case Study: University Integrated Registration Management System. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. 14. 48. 10.24843/LKJITI.2023.v14.i01.p05.

Ciaramella, Alessandro & Cimino, Mario Giovanni C.A. & Lazzerini, Beatrice & Marcelloni, Francesco. (2009). Using BPMN and Tracing for Rapid Business Process Prototyping Environments.. ICEIS 2009 - 11th International Conference on Enterprise Information Systems, Proceedings. 206-212.

Adesola, Sola & Baines, Tim. (2005). Developing and evaluating a methodology for BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT. Business Process Management Journal. 11. 37-46. 10.1108/14637150510578719.

“BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT vs Business Process Reengineering,” Visual Paradigm. https://www.visual-paradigm.com/guide/business-process-reengineering/bpi-vs-bpr/ (accessed Nov. 30, 2022).

Object Management Group (OMG)., 2013. OMG Object Management Group. Tersedia melalui: [Diakses 5 september 2023]

Brocke, Jan vom & Rosemann, Michael. (2015). Business Process Management. 10.1002/9781118785317.weom070213.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Mumtaz, M. R., Mursityo, Y. T. ., & Sianturi, R. S. . (2024). Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis pada Faktor Customer Menggunakan Metode Business Process Improvement Framework (Studi Kasus : PT XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13407

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...