Root Cause Analysis Berdasarkan Ulasan Pengguna Aplikasi Satusehat Mobile pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes
Kata Kunci:
SATUSEHAT Mobile, analisis sentimen, analisis aspek, naïve bayes, root cause analysisAbstrak
Jurnal ini akan dipublikasikan pada Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)
Referensi
Alqaryouti, O., Siyam, N., & Shaalan, K. (2019, January). A Sentiment Analysis Lexical Resource and Dataset for Government Smart Apps Domain. 230-240. doi:10.1007/978-3-319-99010-1_21
Amran, T. G. & Ekadeputra, P., 2012. Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus PLN Tangerang). Jurnal Teknik Industri, Juli.Volume 2.
Am, T., & Yaqin, A. (2022, April). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes, K-Nearest Neighbors dan Random Forest untuk Klasifikasi Sentimen Terhadap BPJS Kesehatan pada Media Twitter. InComTech Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 12, 01-10. doi:10.22441/incomtech.v12i1.13642
Firdaus, A. & Firdaus, W. I., 2021. Text Mining Dan Pola Algoritma Dalam Penyelesaian Masalah Informasi : (Sebuah Ulasan). Jurnal JUPITER, April, Volume 13, pp. 66-78.
Google Play, 2023. Google Play. [Online] Available at: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare&hl=enID.
Gunawan, B., Pratiwi, H. S. & Pratama, E. E., 2018. Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Desember.Volume 4.
Hasibuan, E. & Heriyanto, E. A., 2022. Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Amazon Shopping Di Google Play. Jurnal Teknik dan Science, Oktober, Volume 1, pp. 13-24.
Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2019, Agustus). Algoritma Naive Bayes Untuk Klasifikasi Sumver Belajar Berbasis Teks Pada Mata Pelajaran Produktif Di SMK Rumpun Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6, 431 - 436. doi: 10.25126/jtiik.201961323
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2023. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [Online] Available at: https://www.kemkes.go.id/ .
Liu, B. (2022). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Springer. doi:DOI 10.1007/978-3-031-02145-9
Normawati, D. & Prayogi, S. A., 2021. Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), September, Volume 5, pp. 697 - 711
Nur, I. T., Setiawan, N. Y., & Bachtiar, F. A. (2019, Agustus). Perbandingan Performa Metode Klasifikasi SVM, Neural Network, Dan Naive Bayes Untuk Mendeteksi Kualitas Pengajuan Kredit Di Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6, 445-450. doi:10.25126/jtiik.201961352
Ratnawati, F., 2018. Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. Jurnal INOVTEK POLBENG - Seri Informatika, Juni.Volume 3
Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online JD.ID Menggunakan Metode Naïve Baiyes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10. doi:https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3487
Susana, H., Suarna, N., Fathurrohman, & Kaslani. (2022, Januari). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4, 1-8. doi:https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i1.96
Wicaksono, A. H., Supianto, A. A., Wijoyo, S. H., Krisnandi, D., & Heryana, A. (2022, Juni). Klasifikasi Siswa Slow Learner Untuk Mendukung Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9, 589-596. doi: 10.25126/jtiik.202295509
Wijoyo, S. H., Wicaksono, S. A., & Herlambang, A. D. (2023, April). Analisis Seleksi Atribut Dalam Memprediksi Kegagalan Skripsi Mahasiswa Menggunakan Algoritme Naive Bayes Pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 379 - 384. doi:10.25126/jtiik.2023106426
Alqaryouti, O., Siyam, N., & Shaalan, K. (2019, January). A Sentiment Analysis Lexical Resource and Dataset for Government Smart Apps Domain. 230-240. doi:10.1007/978-3-319-99010-1_21
Amran, T. G. & Ekadeputra, P., 2012. Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano Dan Root Cause Analysis (Studi Kasus PLN Tangerang). Jurnal Teknik Industri, Juli.Volume 2.
Am, T., & Yaqin, A. (2022, April). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes, K-Nearest Neighbors dan Random Forest untuk Klasifikasi Sentimen Terhadap BPJS Kesehatan pada Media Twitter. InComTech Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 12, 01-10. doi:10.22441/incomtech.v12i1.13642
Firdaus, A. & Firdaus, W. I., 2021. Text Mining Dan Pola Algoritma Dalam Penyelesaian Masalah Informasi : (Sebuah Ulasan). Jurnal JUPITER, April, Volume 13, pp. 66-78.
Google Play, 2023. Google Play. [Online] Available at: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare&hl=enID.
Gunawan, B., Pratiwi, H. S. & Pratama, E. E., 2018. Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Desember.Volume 4.
Hasibuan, E. & Heriyanto, E. A., 2022. Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Amazon Shopping Di Google Play. Jurnal Teknik dan Science, Oktober, Volume 1, pp. 13-24.
Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2019, Agustus). Algoritma Naive Bayes Untuk Klasifikasi Sumver Belajar Berbasis Teks Pada Mata Pelajaran Produktif Di SMK Rumpun Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6, 431 - 436. doi: 10.25126/jtiik.201961323
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2023. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [Online] Available at: https://www.kemkes.go.id/ .
Liu, B. (2022). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Springer. doi:DOI 10.1007/978-3-031-02145-9
Normawati, D. & Prayogi, S. A., 2021. Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), September, Volume 5, pp. 697 - 711
Nur, I. T., Setiawan, N. Y., & Bachtiar, F. A. (2019, Agustus). Perbandingan Performa Metode Klasifikasi SVM, Neural Network, Dan Naive Bayes Untuk Mendeteksi Kualitas Pengajuan Kredit Di Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6, 445-450. doi:10.25126/jtiik.201961352
Ratnawati, F., 2018. Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. Jurnal INOVTEK POLBENG - Seri Informatika, Juni.Volume 3
Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online JD.ID Menggunakan Metode Naïve Baiyes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10. doi:https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3487
Susana, H., Suarna, N., Fathurrohman, & Kaslani. (2022, Januari). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4, 1-8. doi:https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i1.96
Wicaksono, A. H., Supianto, A. A., Wijoyo, S. H., Krisnandi, D., & Heryana, A. (2022, Juni). Klasifikasi Siswa Slow Learner Untuk Mendukung Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9, 589-596. doi: 10.25126/jtiik.202295509
Wijoyo, S. H., Wicaksono, S. A., & Herlambang, A. D. (2023, April). Analisis Seleksi Atribut Dalam Memprediksi Kegagalan Skripsi Mahasiswa Menggunakan Algoritme Naive Bayes Pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 379 - 384. doi:10.25126/jtiik.2023106426
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.