Evaluasi Usability dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Situs Media Sosial Profesional menggunakan Evaluasi Heuristik dan Usability Testing: LinkedIn

Evaluasi Usability dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Situs Media Sosial Profesional menggunakan Evaluasi Heuristik dan Usability Testing: LinkedIn

Penulis

  • Angga Nasetya Caesara Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Buce Trias Hanggara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

LinkedIn, situs, evaluasi usability, evaluasi heuristik, usability testing

Abstrak

Salah satu media sosial yang dapat membantu individu membangun jaringan profesional, mencari peluang karir, dan berbagi pengetahuan adalah LinkedIn. Terdapat penelitian terdahulu yang melakukan pengujian usability pada situs LinkedIn, tidak sampai membahas tentang usability testing untuk desain perbaikannya sehingga tidak tahu apakah perbaikan tersebut efektif bagi pengguna. Selain itu, tampilan desain situs LinkedIn yang sekarang masih sama seperti tampilan desain ketika peneliti terdahulu tersebut melakukan penelitian sehingga perlu ditinjau kembali mengenai permasalahan yang ada pada situs LinkedIn. Dalam penelitian ini terdapat dua tahap evaluasi yaitu evaluasi existing dengan heuristik dan evaluasi lanjut dengan usability testing. Evaluasi heuristik yang dilakukan oleh tiga evaluator menghasilkan 17 permasalahan. Adapun rancangan desain perbaikan yang dibuat berdasarkan usulan perbaikan evaluator dari permasalahan tersebut. Setelah membuat rancangan desain perbaikan, terdapat evaluasi lanjut dimana melakukan usability testing sebanyak dua kali yaitu pengujian untuk desain lama dan desain perbaikan. Hasil dari usability testing menunjukkan adanya peningkatan pada desain perbaikan yang mencakup aspek learnability, efficiency, dan satisfaction. Aspek learnability mengalami peningkatan sebesar 0,25 kali lebih mudah dibandingkan desain lama, aspek efficiency mengalami peningkatan sebesar 58% lebih cepat dibandingkan desain lama, dan aspek satisfaction mengalami peningkatan sebesar 92,22% lebih puas menggunakan desain perbaikan daripada desain lama.

Referensi

Amirulloh, M.L., Muhammad, E., Jonemaro, A. and Afirianto, T., 2023. Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Mobile CAT BKD Provinsi Jawa Timur menggunakan Heuristic Evaluation & Usability Testing. 7(4).

Brooke, J., 2020. SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale. Usability Evaluation In Industry, pp.207–212. https://doi.org/10.1201/9781498710411-35.

Damayanti, L., Barus, P.C. and Kartini, 2020. Penelitian Tentang LinkedIn. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), pp.197–206.

Ependi, U., Kurniawan, T.B. and Panjaitan, F., 2019. System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), pp.65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

Kraft, C., 2012. User Experience and Why It Matters. User Experience Innovation. https://doi.org/10.1007/978-1-4302-4150-8_1.

Monroy, J.A., 2015. Study on Heuristic Usability Evaluation for Mobile Applications. Universidad Politécnica de Madrid, [online] (July), p.124. Available at: http://oa.upm.es/37202/.

Nielsen, J., 2002. How to Conduct a Heuristic Evaluation. Useitcom, [online] pp.1–11. Available at: http://www.useit.com/papers/heuristic/heuristic_evaluation.html.

Rachmi, H. and Nurwahyuni, S., 2018. Pengujian Usability Lokamedia Website Menggunakan System Usability Scale. Al-khidmah, 1(2), p.86. https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1155.

Safitri, D.H., Az-Zahra, H.M. and Saputra, M.C., 2022. Evaluasi Usability Sosial Media Profesional ‘LinkedIn’ Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 6(12), pp.6019–6028. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.

Sidik, A., 2018. Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(2), p.83. https://doi.org/10.31602/tji.v9i2.1371.

Tristiyanto, T., Irawati, A.R., Kurniawan, D. and Arba, R.A., 2020. Evaluasi Heuristik Pada Aplikasi Terampil Untuk Optimalisasi User Interface Dan User Experience. Jurnal Pepadun, 1(1), pp.109–119. https://doi.org/10.23960/pepadun.v1i1.18.

Yumarlin MZ, 2016. Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, [online] 1(1), pp.34–43. Available at: http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/345.

Diterbitkan

31 Jan 2024

Cara Mengutip

Putra, A. N. C., Aknuranda, I., & Hanggara, B. T. (2024). Evaluasi Usability dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Situs Media Sosial Profesional menggunakan Evaluasi Heuristik dan Usability Testing: LinkedIn. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13479

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...