Evaluasi Usability dan Perbaikan User Experience Aplikasi BIMO Mahasiswa Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
Aplikasi BIMO by FILKOM UB, Usability, Time Based Efficiency, System usability scale, User experience questionnaire (UEQ), Human-centered design (HCD), Uji-tAbstrak
Perguruan tinggi, sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menetapkan jaminan mutu sebagai penjamin kualitas mahasiswa. Bukan hanya memberikan kesempatan (equity) dan meningkatkan mutu (quality) secara terpisah, namun juga mendorong pemerataan mutu (equity of quality). Aplikasi BIMO by FILKOM UB merupakan layanan untuk memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswa dapat mengakses informasi dan nasihat akademik dari dosen penasehat akademik (PA), mengatasi ketidakpahaman evaluasi akademik, kurangnya bimbingan akademik, dan kekhawatiran selama perkuliahan. Keluhan mahasiswa terkait desain aplikasi yang monoton dan user flow kurang efisien mendorong penelitian ini. Bertujuan mengevaluasi Usability dan User Experience serta perbaikan pada aplikasi BIMO, menggunakan Usability testing dan User experience questionnaire (UEQ) dengan pendekatan Human-centered design (HCD). Time Based Efficiency digunakan untuk mengukur aspek efisiensi, System usability scale (SUS) untuk kepuasan, dan UEQ untuk perspicuity, Efficiency, dan dependability. Pengujian melibatkan 20 responden dengan analisis uji-t. Penelitian mengungkap perbedaan nilai pada masing-masing aspek desain awal dan setelah perbaikan. Perbaikan desain dengan Human-centered design (HCD) dan analisis uji-t menunjukkan perbedaan signifikan pada aspek Usability (efisiensi dan kepuasan) serta User Experience (perspicuity, efficiency, dan dependability).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.