Studi Komparatif Layanan Transfer Mobile Banking dari Perspektif Proses dan Metode Autentikasi serta Pengalaman Pengguna

Studi Komparatif Layanan Transfer Mobile Banking dari Perspektif Proses dan Metode Autentikasi serta Pengalaman Pengguna

Penulis

  • Cornella Putri Margareth Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito

Kata Kunci:

transfer uang, autentikasi, mobile banking, BCA Mobile, SimobiPlus, User Experience

Abstrak

Aktivitas transfer uang ke bank yang berbeda disertai dengan metode autentikasi transfer uang merupakan salah satu layanan utama yang ditawarkan sebuah aplikasi mobile banking. Tidak terkecuali aplikasi m-banking BCA Mobile dan SimobiPlus. Setiap aplikasi memiliki proses dan metode autentikasi yang berbeda ketika ingin melakukan transfer uang. BCA Mobile mengharuskan penggunanya untuk melakukan daftar nomor rekening tujuan terlebih dahulu sebelum melakukan transfer uang, serta BCA Mobile menggunakan metode autentikasi berupa PIN. Sedangkan SimobiPlus, pengguna dapat langsung melakukan transfer uang tanpa harus mendaftarkan nomor rekening tujuan dengan metode autentikasi berupa SMS Token. Perbedaan ini menjadi dasar penelitian untuk menguji proses manakah yang lebih efisien menggunakan uji skenario yang dilakukan kepada 20 orang partisipan. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah perbedaan proses dan metode autentikasi transfer uang pada BCA Mobile dan SimobiPlus memengaruhi tingkat User Experience dengan menggunakan User Experience Questionnaire yang diberikan kepada 20 orang responden yang juga melakukan uji skenario. Hasil analisis dari uji skenario menunjukkan bahwa jenis autentikasi menggunakan PIN pada proses transaksi sebuah m-banking yang dikombinasikan dengan proses pendaftaran nomor rekening tujuan yang terdapat pada BCA Mobile tidak lebih efisien daripada jenis autentikasi menggunakan SMS Token tanpa proses pendaftaran nomor rekening tujuan yang terdapat pada SimobiPlus. Hasil yang diperoleh dari respon UEQ adalah responden memiliki pengalaman yang lebih positif terhadap aplikasi SimobiPlus daripada BCA Mobile dalam hal aktivitas transaksi finansial berupa transfer uang antarbank berbeda ke nomor rekening tujuan yang belum ada riwayat bertransaksi sebelumnya, hal ini tercermin dari nilai rata-rata yang lebih tinggi pada semua aspek yang diukur.

Referensi

Agzalia, G., Pinandito, A., & Muslimah Az-Zahra, H. (2023). Analisis Perbandingan Metode Autentikasi pada Mobile Banking menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada BTN Mobile dan Livin’ by Mandiri). 7(1), 429–438. http://j-ptiik.ub.ac.id

Evans Fuad, Regiolina Hayami, & Kharisma, A. (2021). Evaluasi Usabilitas Website E-Learning Umri Terhadap Mahasiswa Umri Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 74–82. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.3029

Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Ibrahim, A. L., & Putri, D. S. (2023). Analisis Dampak Covid-19 terhadap Nilai Ekspor Provinsi Jawa Timur dengan Uji Mean. 2023(Senada), 230–234.

Matondang, M. M., Setiya Rini, E. F., Putri, N. D., & Yolviansyah, F. (2020). Uji Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Mipa 2 Dan Xii Mipa 2 Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(3), 218. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.15553

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786

Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 32–41. https://doi.org/10.47942/iab.v9i2.541

Nielsen, J. (2012). How Many Test Users in a Usability Study? Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/

Rohmah, S., & Ary, M. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire ( Studi kasus : pada Akulaku dan Kredivo Indonesia ) Departemen Sistem Informasi , Fakultas Teknologi Informasi , Industri keuanga. Jurnal Sistem Informasi, 13(1), 2230–2245.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), 103. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.09.001

Sudaryanti, D. S., Sahroni, N., & Kurniawati, A. (2019). Analisa Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 96–107. https://doi.org/10.37058/jem.v4i2.699

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wibowo, R., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability a dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5666–5673.

Yuliani, R. (2022). Analisis Pengaruh Ukuran Training of Trainer (ToT) PL-KUMKM Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2022. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 160–168. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.17166

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Margareth, C. P., & Pinandito, A. (2024). Studi Komparatif Layanan Transfer Mobile Banking dari Perspektif Proses dan Metode Autentikasi serta Pengalaman Pengguna. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13591

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...