Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Layanan Ambulans Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang Menggunakan Human-Centered Design

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Layanan Ambulans Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang Menggunakan Human-Centered Design

Penulis

  • Alistya Fikri Pratondo Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Universitas Brawijaya

Abstrak

Ambulans merupakan kendaraan yang keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan. Namun, masih banyak dari “calon pasien” yang belum bisa mendapatkan akses ambulans secara maksimal baik dari puskesmas atau beberapa rumah sakit. Hal tersebut dirasakan langsung oleh salah satu narasumber yang saya wawancarai, ketika dia sedang menghadapi situasi emergency namun masih harus menunggu 20 menit untuk sekedar mengisi data diri. Peneliti mencoba untuk mencocokan terkait data yang didapatkan oleh narasumber sekaligus menanyakan kepada perawat yang bekerja di Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang. Penyebab terjadinya keterlambatan yaitu adanya SOP yang harus dilalui yakni harus menghubungi rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan pasien secara manual alias by WhatsApp. Puskesmas juga butuh untuk mengetahui kondisi pasien secara detail agar penanganan yang diberikan tidak asal-asalan, dan pada proses pengisian data tentunya dapat mengakibatkan peluang keterlambatan penanganan. Permasalahan tersebut tentunya harus segera diselesaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna oleh karena itu metode Human Centered Design. Kelebihan metode Human Centered Design yaitu cocok untuk melakukan problem solving terkait masalah kemanusiaan dikarenakan penggalian informasi dengan sangat detail dengan menggunakan empati. Pada tahapan pengujian peneliti, menggunakan uji formatif menggunakan usability testing dan uji sumatif menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Single Ease Question (SEQ). Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu rancangan yang dapat menyelesaikan kebutuhan yang dapat membantu pelayanan ambulans.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Pratondo, A. F., Kharisma, A. P., & Ananta, M. T. (2024). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Layanan Ambulans Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang Menggunakan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13601

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...