Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan TKJ Di SMKN 7 Malang
Abstrak
Pada penelitian ini ditemukan masalah yaitu penggunaan modul yang tidak interaktif dan statis dengan format pdf. Penelitian ini berguna untuk mengembangkan e-modul interaktif yang bisa digunakan oleh tenaga pendidik. Pengembangan e-modul dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan penyebaran berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan pengguna dan konten yang akan disampaikan dalam e-modul. Tahap desain dilakukan dengan merancang struktur, alur penggunaan dan isi e-modul serta memilih tools yang akan digunakan untuk mengembangkan e-modul dengan format html. Tahap pengembangan dilakukan dengan membangun e-modul dan validasi e-modul. Tahap implementasi dilakukan dengan melakukan uji coba e-modul kepada pengguna dan mengumpulkan masukan untuk dievaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengevaluasi e-modul terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah berupa e-modul interaktif berbasis web, validasi e-modul didapatkan hasil dengan kriteria interpretasi sangat layak dan hasil evaluasi mendapatkan kriteria interpretasi sangat baik.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.