Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Persetujuan Colocation Application Form (CAF) menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: PT Tower XYZ)

Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Persetujuan Colocation Application Form (CAF) menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: PT Tower XYZ)

Penulis

  • Hafia Azzahra Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

antarmuka pengguna, Human Centered Design (HCD), usability, usability testing, System Usability Scale (SUS)

Abstrak

PT Tower XYZ adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis penyedia layanan tower telekomunikasi yang memanfaatkan sistem informasi dalam menjalankan proses bisnisnya. Sistem informasi utamanya yaitu TowerSys terbagi menjadi TowerSys v.1 dan TowerSys v.2. Dalam TowerSys v.1 terdapat sebuah modul yang bernama Colocation Application Form (CAF) yang digunakan untuk proses persetujuan formulir CAF yang berkaitan dengan proses upgrade perangkat di tower. Berdasarkan hasil diskusi dengan stakeholder PT Tower XYZ, didapatkan informasi bahwa modul CAF di TowerSys v.1 membutuhkan pembaharuan dikarenakan memiliki permasalahan usability pada sistem yang memengaruhi performa proses CAF. Oleh karena itu, performa CAF perlu ditingkatkan dengan memperbaiki antarmuka pengguna sistem sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan user. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi modul CAF pada TowerSys v.1 dengan metode pengujian Usability Testing untuk mengukur nilai usability dan menemukan permasalahan yang ada. Hasil evaluasi awal memperoleh nilai efektivitas 93,3%, nilai efisiensi 89,76%, dan nilai kepuasan pengguna dengan skor SUS 38,5. Selanjutnya dilakukan perancangan perbaikan antarmuka pengguna menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dengan memusatkan perhatian pada pengguna yang menghasilkan rancangan perbaikan antarmuka dalam bentuk wireframe dan high-fidelity prototype. Setelah merancang perbaikan antarmuka pengguna, maka dilakukan evaluasi kembali yang menunjukkan peningkatan nilai untuk seluruh aspek usability dengan nilai efektivitas 100%, nilai efisiensi 100%, dan nilai kepuasan pengguna dengan skor SUS 85.

Referensi

Alifia, T. M., Aji, N. P., Arsyad, A. A., & Maghfiroh, L. R. 2021. Perbaikan User Interface Menggunakan Usability Testing dan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus Website Resmi Badan Narkotika Nasional). Seminar Nasional Official Statistics. https://doi.org/https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.760

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies (Vol. 4).

Brooke, J. 1995. SUS: A quick and dirty usability scale. [Daring] Tersedia melalui: https://www.researchgate.net/publication/228593520

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. 2019. System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: A Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

ISO 9241-210. 2019. Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. [Daring] Tersedia melalui: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en

ISO 9241-11. 2018. Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. [Daring] Tersedia melalui: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en

ISO 9241-210. 2010. Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. [Daring] Tersedia melalui: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en

Jakob Nielsen. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. [Daring] Tersedia melalui: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Malewicz, M., & Malewicz, D. 2020. Designing User Interfaces. www.designingui.com

Putra, A. A. G. K. E. P., Az-Zahra, H. M., & Pramono, D. 2022. Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Situs Web Sistem Informasi Mahasiswa Online (SIMON) Universitas Warmadewa menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(8), 3823-3837.

Sridevi, S. 2014. User Interface Design. International Journal of Computer Science and Information Technology Research (Vol. 2). www.researchpublish.com

Susilo, E. 2019. Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability. [Daring] Tersedia melalui: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Azzahra, H., Az-Zahra, H. M., & Mursityo, Y. T. . (2024). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Persetujuan Colocation Application Form (CAF) menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: PT Tower XYZ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13623

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...