Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Penagihan Iuran oleh Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kota Malang)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Penagihan Iuran oleh Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kota Malang)

Penulis

  • Elsa Chintia Agriani Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi
  • Agi Putra Kharisma

Abstrak

Asuransi kesehatan adalah salah satu perlindungan finansial yang penting bagi masyarakat atas risiko kesehatan dimana membantu meringankan beban biaya pengobatan yang dapat terjadi di masa mendatang. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan di Indonesia. Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ialah mitra dari BPJS Kesehatan yang membantu proses administrasi peserta, termasuk pembayaran iuran. Pada proses dari pembayaran iuran tersebut, pastinya terdapat kendala seperti banyak data yang tidak tercatat dikarenakan masih secara manual baik mengenai data diri maupun berapa tagihan yang dimiliki oleh peserta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi untuk penagihan iuran oleh Kader JKN dengan metode Human-Centered Design dan data untuk penelitian ini akan diambil melalui observasi dan kuisioner dan dirangkum ke dalam bentuk empathy map, user journey map, dan persona. Hasil dari penelitian ini berupa mockup yang diujikan kepada Kader JKN. Pada pengujian aspek efektivitas dengan menggunakan usability testing mendapatkan nilai sebesar 80%,  sedangkan pada pengujian aspek efisiensi dengan menggunakan rumus timebased efficiency menghasilkan nilai efisiensi yaitu 0,095 goals/detik. Untuk pengujian aspek kepuasan pengguna dengan menggunakan system usabilitiy scale mendapatkan nilai 73 termasuk pada kategori adjective GOOD. Untuk pengujian keakuratan dari hasil akhir rata-rata SUS  dihitung pada Confidence Interval dan mendapatkan hasil antara 64,3 sampai 81,7.

Kata kunci: asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, Kader JKN, penagihan iuran, human-centered design, system usability scale.

Referensi

APPKEY. 2021. “Cara Menggunakan Tipografi Desain UI Bagi Pemula | WEBAPP | APPKEY.” 2021 <https://appkey.id/desain/design-ui/tipografi-desain-ui/> [Diakses 19 Desember 2023].

Binar Academy. 2020a. “Mockup: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya.” 2020 <https://www.binaracademy.com/blog/mockup-adalah> [Diakses 5 Maret 2023].

BINUS University. 2018a. “Arsitektur Informasi.” 2018

<https://socs.binus.ac.id/2018/12/20/arsitektur-informasi/> [Diakses 18 Desember 2023].

BINUS University. 2018b. “KENAL DEKAT dengan USABILITY TESTING.” 2018 <https://socs.binus.ac.id/2018/08/09/kenal-dekat-dengan-usability-testing/#> [Diakses 20 Desember 2023].

Binus University. 2021a. “Empathy Map : Tahap Pertama Memulai Design Thinking – School of Information Systems.” 2021 <https://sis.binus.ac.id/2021/03/12/empathy-map-tahap-pertama-memulai-design-thinking/> [Diakses 8 November 2023].

BPJS Kesehatan. 2013. “BPJS Kesehatan RI on X: ‘13. Makna warna logo: BIRU melambangkan kejujuran dan kedamaian, HIJAU melambangkan kemurnian dan kesehatan.’ / X.” 2013

<https://twitter.com/BPJSKesehatanRI/status/392887153790705665#> [Diakses 18 Desember 2023].

BPJS Kesehatan. 2020. “Emban Tugas Sebagai Kader JKN, Rusli Tak Kenal Lelah Sosialisasikan JKN-KIS,” 20 September 2020. <https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1670/Emban-Tugas-Sebagai-Kader-JKN-Rusli-Tak-Kenal-Lelah-Sosialisasikan-JKN-KIS> [Diakses 4 Maret 2023].

BPJS Kesehatan. 2021. “BPJS Kesehatan.” 2021 <https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/pages/detail/2021/30> [Diakses 4 Maret 2023].

Mulachela, H. 2022. “Mockup Adalah Gambaran Konsep Desain, Berikut Ulasannya - Lifestyle Katadata.co.id.” 2022 <https://katadata.co.id/intan/berita/620b6b778d64c/mockup-adalah-gambaran-konsep-desain-berikut-ulasannya> [Diakses 10 Desember 2023].

Muraqabatullah, M. 2018. “KOMPARASI PERANGKAT LUNAK HIGH-FIDELITY PROTOTYPING: MARVEL DAN UXPIN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS).”

Naufal, A. 2022. “Figma Adalah: Fitur, Fungsi dan Cara menggunakannya - News Trends.” 2022 <http://news.gunadarma.ac.id/2022/10/figma-adalah-fitur-fungsi-dan-cara-menggunakannya/> [Diakses 5 Maret 2023].

Putu, G., A.P. Wulantari, N. Kadek, A. Wirdiani dan P. Wira Buana. 2021. “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X).” Vol. 2.

SAMPOERNA UNIVERSITY. 2022a. “Pengertian Tipografi adalah: Elemen, Fungsi, Tips Penyusunan.” 2022 <https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/tipografi-adalah/> [Diakses 19 Desember 2023].

SAMPOERNA UNIVERSITY. 2022b. “Pengertian User Flow, Perbedaan, dan Contohnya.” 2022 <https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-user-flow-perbedaan-dan-contohnya/> [Diakses 28 November 2023].

Sutanto, R.P. 2022. “Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra.” Nirmana 22: 41–51. <https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.41-51>.

Universitas Medan Area. 2022. “Memahami Definisi dan Perbedaan Wireframing, Mockup dan Prototipe.” 2022 <https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/11/memahami-definisi-dan-perbedaan-wireframing-mockup-dan-prototipe/> [Diakses 10 Desember 2023].

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Agriani, E. C., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2024). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Penagihan Iuran oleh Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13624

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...