Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive Website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking

Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive Website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Wadda Sakinah Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Penerimaan Negara Bukan Pajak, usability testing, user experience questionnaire

Abstrak

Penerimaan Negara Bukan Pajak atau disingkat PNBP merupakan pungutan yang dibayar oleh individu
atau kelompok dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung dari layanan atau
pemanfaatan sumber daya serta hak yang diperoleh negara. Balai Diklat Keagamaan Medan sebagai
bagian dari Satker PNBP memiliki aset berupa Aula dan bangunan asrama penginapan yang digunakan
oleh peserta pelatihan diklat selama proses kegiatan pelatihan dan dapat digunakan oleh masyarakat
umum yang ingin melakukan penyewaan. Proses pemesanan aula dan asrama di Balai Diklat Keagamaan
Medan masih dilakukan secara manual dengan harus mengunjungi terlebih dahulu ke kantor dan
melapor kepada petugas untuk mengetahui ketersediaan ruangan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah
sistem yang dapat membantu melakukan pemesanan asrama dan aula yang dapat diakses di berbagai
media elektronik. Penelitian ini akan berfokus untuk menghasilkan solusi berupa perancangan user
experience dan desain solusi berupa prototype high-fidelity sistem pemesanan asrama pelatihan berbasis
website responsive. Proses perancangan menggunakan metode design thinking dalam pemecahan
masalah dan perancangan solusi. Hasil pengujian menggunakan usability testing mendapatkan nilai
efektivitas sebesar 95,8% untuk pengguna masyarakat umum dan pengguna peserta pelatihan dan
sebesar 95%. Kemudian nilai efisiensi sebesar 98,4% untuk pengguna masyarakat umum dan pengguna
peserta pelatihan 93%. Pada pengujian user experience questionnaire (UEQ) mendapatkan nilai
kepuasan pengguna masyarakat umum dengan kategori excellent dan nilai rata-rata setiap aspeknya
adalah 2,08. Sedangkan hasil untuk pengguna peserta pelatihan umum dengan kategori excellent dan
nilai rata-rata setiap aspeknya adalah 2,08.

Referensi

Abdi, H., 2023. Liputan6. [Online]

Available at: https://www.liputan6.com/hot/read/5181039/kementerian-agama-tugas-fungsi-tujuan-dan-makna-lambangnya/ [Diakses 18 November 2023].

Bourgeois, D. & Bourgeois, D. T., 2014. Information Systems for Business and Beyond. [Online] Available at: https://bus206.pressbooks.com/chapter/chapter-1/ [Diakses 21 September 2023].

Brooke, J. (1996). Usability Evaluation In Industry (P. W. Jordan, B. Thomas, I. L. McClelland, & B. Weerdmeester, Eds.). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781498710411/ [Diakses 18 November 2023].

Canziba, E., 2018. Hands-On UX Design for Developers: Design, prototype, and implement compelling user experiences from scratch. 1st ed. Birmingham: packt publishing.

Galitz, W. O., 2007. The Essential Guide to User Interface Design An Introduction to GUI Design Principles and Techniques. 3rd ed. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Gibbons, S. (2018, December). Journey Mapping 101. https://www.nngroup.com/articles/journey-mapping-101/ [Diakses 18 November 2023].

Haffas, B., & Aknuranda, I. (2023). Desain Pengalaman Pengguna Layanan Peminjaman Ruangan berbasis Solusi Digital di Masjid Raden Patah menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) (Vol. 7, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id.

Harley, A., 2015. Personas Make Users Memorable for Product Team Members. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/persona/ [Diakses 18 Oktober 2023].

Hayati, N. F., Dewi, A. R., & Lubis, F. R. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR KOST PADA RUKOST AYAH BUNDA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 6(1), 29–33. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol6No1.pp29-33

Hidayat, A., Utomo, V. G., Henry, D., & Djohan, A. (2016). PENERAPAN RESPONSIVE WEB DESIGN DALAM PERANCANGAN SISTEM MODUL ONLINE ADAPTIF.

ISO 9241-11, 1998. Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs) — Part 11: Guidance on usability. [Online] Available at: https://www.iso.org/standard/16883.html [Diakses 19 September 2023].

Krause, R. (2018). Storyboards Help Visualize UX Ideas. https://www.nngroup.com/articles/story boards-visualize-ideas/ [Diakses 11 Desember 2023].

Pernice, K., 2016. UX Prototypes: Low Fidelity vs. High Fidelity. https://www.nngroup.com/articles/ux-prototype-hi-lo-fidelity/ [Diakses 25 November 2023].

Saffer, D., 2013. Microinteractions: Designing with Details. In: M. Treseler, ed. 1 ed. United States or Canada: O’Reilly Media, Inc.

Usability.gov, 2021. Planning a Usability Test. [Online] Available at: https://www.usability.gov/how-to-andtools/methods/planning-usability-testing.html/ [Diakses 25 Desember 2023].

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Sakinah, W., Tolle, H., & Astriya Nugraha, D. C. . (2024). Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive Website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13630

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...