Perancangan User Experience Aplikasi Tracking Sistem Informasi Balai Pemasyarakatan Bapas Kelas 1 Malang (Simas Bisma) Dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Perancangan User Experience Aplikasi Tracking Sistem Informasi Balai Pemasyarakatan Bapas Kelas 1 Malang (Simas Bisma) Dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Putri Adinda Hardiyanti Mahasiswa
  • Herman Tolle Universitas Brawijaya, Malang
  • Dwi Cahya Astriya Universitas Brawijaya, Malang

Kata Kunci:

aplikasi tracking, design thinking, usability testing, klien

Abstrak

Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Malang merupakan badan yang menaungi binaan bimbingan kemasyarakatan dibawah naungan Kemenkumham. Balai Pemasyarakatan memiliki kegiatan yang wajib dilakukan oleh narapidana atau biasa disebut klien. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib lapor yang wajib dilakukan setiap bulannya pada kantor Bapas Malang. Beberapa klien merasa susah karena harus meluangkan waktu kerjanya untuk hadir dan klien yang berdomisili luar kota juga diwajibkan hadir untuk melakukan wajib lapor langsung. Dengan mempermudah kegiatan wajib lapor dan beberapa kegiatan lainnya, maka dibantu dengan adanya inovasi berupa perancangan aplikasi Tracking Simas Bisma. Bapas Malang menginginkan adanya kemudahan dalam melakukan kegiatan wajib lapor dan kegiatan wajib lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan user experience yang dapat diimplementasikan pada mobile apps untuk mempermudah klien untuk memenuhi kebutuhannya. Peneliti juga mendapatkan arahan langsung dari Pembimbing Kemasyarakatan di Bapas Malang. Hasil dari rancangan ini akan menjadikan masukan yang akan diberikan pada pihak Bapas Malang. Metode yang digunakan adalah Design Thinking, karena metode tersebut merupakan metode yang membantu dalam penyelesaian masalah yang berfokus pada user experience dan efektif dalam memecahkan kebutuhan yang diinginkan. Di tahap pengujian usability yang dilakukan oleh 6 partisipan memiliki hasil efektifitas sebesar 97% dan efisiensi sebesar 89%. selain itu juga pengujian menggunakan metode SUS sebesar 87.

Referensi

Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis And Design Of User Interface/User Experience With The Design Thinking Method In The Academic Information System Of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30

Harley, A. (2014). Icon Usability. https://www.nngroup.com/articles/icon

https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

Kurnianto, F., Informatika, J., Industri, F. T., Gustri, E., & Jurusan Informatika, W. (n.d.). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung.

Stevens, E. (2021). Stage 2 in the Design Thinking Process: Define the Problem.

terminals (VDTs) — Part 11: Guidance on usability. [Online] Available at: https://www.iso.org/standard/16883.html.

Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users.

https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5- users/ [Diakses 10 November 2023]

Sivaji, A., Abdullah, A. and Downe, A.G., “Usability testing methodology: Effectiveness of heuristic evaluation in E-government website development.” Proceedings - AMS 2011: Asia Modelling Symposium 2011 - 5th Asia International Conference on Mathematical Modelling and Computer Simulation, (2011): 68–72.

Rusanty, D. A., Tolle, H. & Fanani, L., 2019. Perancangan user Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (marketplace Penjualan Lele) menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, November, Volume 03, pp. 10484-10493.

Woolery, E., 2019. Design Thinking Handbook. s.l.:DesignBetter.co.

Web bapas Pangkalan Bun agustus 2023 link at:

https://www.bapaspangkalanbun.com/2022/08/tugas-pokok-dan-fungsi-balai.html

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Hardiyanti, P. A., Tolle, H., & Cahya Astriya, D. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Tracking Sistem Informasi Balai Pemasyarakatan Bapas Kelas 1 Malang (Simas Bisma) Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13631

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...