Perancangan User Experience Dashboard dan Modul Pelaporan pada Sistem Informasi Manajemen di Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas 1 Malang Menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Perancangan User Experience Dashboard dan Modul Pelaporan pada Sistem Informasi Manajemen di Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas 1 Malang Menggunakan Pendekatan Human Centered Design

Penulis

  • Hana Fabrianne Universitas Brawijaya
  • Emang
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha

Kata Kunci:

System Usability Scale, Usability Testing, Website, Bimbingan Kemasyarakatan, Klien Pemasyarakatan

Abstrak

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) adalah lembaga yang memiliki tugas untuk melaksanakan bimbingan kemasyarakatan pada klien pemasyarakatan. Klien pemasyarakatan adalah seseorang yang sedang dalam proses pembimbingan kemasyarakatan. Saat ini, BAPAS Kelas 1 Malang menggunakan tiga sistem utama dalam melakukan manajemen data klien yaitu Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), Google Spreadsheet, dan pencatatan secara manual di buku. Namun ketiga sistem tersebut masih belum memfasilitasi BAPAS Kelas 1 Malang dalam melakukan manajemen data dengan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan yang sesuai dengan permasalahan pengguna, merancang user experience dashboard dan modul pelaporan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam pengelolaan data klien, dan mengevaluasi desain solusi antarmuka pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Centered Design yang terfokus pada empat aspek utama yakni fokus pada manusia dan konteksnya, memahami dan menyelesaikan masalah dengan tepat, memahami sesuatu dengan kompleks dan saling berhubungan serta melakukan intervensi secara sederhana. Hasil pengujian rancangan desain menggunakan metode usability testing dan System Usability Scale (SUS) memperoleh skor aspek efektivitas sebesar 95,7%, aspek efisiensi sebesar 92,2%, dan aspek kepuasan sebesar 87 dengan adjektif “excellent”. Iterasi desain dilakukan sebanyak tiga kali sebelum pengujian desain solusi dan satu kali setelah pengujian yang digunakan untuk memperbaiki desain solusi sesuai dengan saran dan feedback pengguna.

Referensi

Aisy, F. R., Tolle, H. dan Herlambang, A. D., 2020. Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pembelajaran Online di Jurusan Sistem Informasi menggunakan Pendekatan Human- Centered Design dan TUXEL. 4(8), pp.2369-2375.

Aldhian, N. A. dan Tolle, H., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi Creative Service Marketplace berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. 7(1), pp.322-330.

Brooke, J., 2013. SUS: a retrospective. 8(2), pp.29-40.

Febrianto, F. dan Andhika, W., 2021. Penggunaan Metode User Persona dalam Upaya Penambahan Kebutuhan Fitur Learning Management System. Jurnal Health Sains, 2(7), pp.1245–1256. [online] Tersedia di: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i7.274.

Fessenden, T., 2019. Typography Terms Cheat Sheet. [online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/typography-terms-ux/> [Diakses 28 Oktober 2023].

Firantoko, Y., Tolle, H. dan Az-zahra, H. M., 2019. Perancangan User Experience Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design Untuk Aplikasi Info Calon Anggota Legislatif 2019. 3(3), pp.2798-2806.

Fitra, L., Tolle, H. dan Az-zahra, H. M., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design. 5(2), pp.835-844.

Foundation, I. D., 2023. What is User Experience (UX) Design?. [online] Tersedia di: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design> [Diakses 12 Oktober 2023].

Gibbons, S., 2018. Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. [online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/> [Diakses 30 Oktober 2023].

Indriani, R. N. R. P., Tolle, H. dan Rokhmawati, R. I., 2020. Perancangan User experience Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menggunakan Pendekatan Human Centered Design. 4(8), pp.2645-2654.

ISO 9241-210., 2010. Ergonomics of humansystem interaction Part 210: Humancentred design for interactive systems.

Matheus, R., Janssen, M. dan Maheshwari, D., 2020. Data science empowering the public: Data-driven dashboards for transparent and accountable decision-making in smart cities. Government Information Quarterly, 37(3).

Muzayyani, M. F., Tolle, H. dan Nugraha, D. C A., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Handicraft menggunakan Metode Human-Centered Design. 4(7), pp.1846-1853.

Pangestu, T. dan Aknuranda, I., 2020. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Aset Masjid Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Masjid Ibnu Sina Jl.Veteran Malang). 4(11), pp.3987-3994.

Yudanto, A. L., Tolle, H. dan Brata, A. H., 2017. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. 1(8), pp.628-634.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Fabrianne, H., Tolle, H., & Astriya Nugraha, D. C. (2024). Perancangan User Experience Dashboard dan Modul Pelaporan pada Sistem Informasi Manajemen di Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas 1 Malang Menggunakan Pendekatan Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13632

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...