Analisis Pengaruh Iklan TikTok Terhadap Minat Beli pada E-commerce Melalui Penggunaan Influencer, Keyakinan Iklan, Daya Tarik Iklan, dan Relevansi Iklan
Abstrak
Perubahan perilaku masyarakat yang cenderung memilih berbelanja secara daring, menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi dengan platform belanja daring seperti media sosial dan e-commerce dalam mempromosikan produk atau layanannya. Kemunculan TikTok sebagai social commerce telah menjadi tren baru di Indonesia. Adanya fitur TikTok ads dapat membantu pelaku usaha dalam menjangkau calon konsumen lebih luas. Berdasarkan survei awal yang dilakukan, diduga adanya faktor-faktor dari iklan yang dapat memengaruhi minat beli mereka. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi maupun tidak memengaruhi di antara penggunaan influencer, keyakinan iklan, daya tarik iklan, dan relevansi iklan terhadap minat beli pada e-commerce. Dalam pengumpulan datanya, didapatkan sampel sebanyak 97 responden melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan metode Generalized Linear Model (GLM) dikarenakan data tidak terdistribusi dengan normal. Berdasarkan hasil analisis data diketahui hanya variabel penggunaan influencer, keyakinan iklan, dan relevansi iklan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada e-commerce secara parsial, sedangkan variabel daya tarik iklan diketahui tidak berpengaruh terhadap minat beli pada e-commerce.
Referensi
Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42, 65–77.
DataReportal. (2022, February). Digital 2022: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1).
Isyanto, P., Sapitri, R. G., & Sinaga, O. (2020). Micro influencers marketing and brand image to purchase intention of cosmetic products focallure. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kuspriyono, T., Kespandiar, T., & Ali, H. (2023). The Influence of Advertising Attraction and Celebrity Endorser on Purchase Intention of Cosmetic Products. 9(3), 756–761.
Mosa, R. A. (2021). The Impact of Advertising Credibility on Purchase Intentions. European Journal of Business and Management Research, 6(5).
Murjiati, W. (2022). Pengaruh Iklan Pada Aplikasi Tik Tok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo. Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness, 4(1).
Nicolaas, G. P. (2016). The Influence of Mobile Marketing on Consumer Attitude Study at Student of Sam Ratulangi University. Maret, 4(1), 1221–1228.
Peña-García, N., Gil-Saura, I., (2020). Purchase intention and purchase behavior online: A cross-cultural approach. Heliyon, 6(6).
Setio Putri, F. E. V., & Tiarawati, M. (2021). The Effect of Social Media Influencer and Brand Image On Online Purchase Intention During The Covid-19 Pandemic. Ilomata International Journal of Management, 2(3).
Siagian, A. O., & Martiwi, R. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 3, Issue 3).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Cet. 1). Alfabeta, 2018.
We Are Social USA. (2023, April 27). THE GLOBAL STATE OF DIGITAL IN APRIL 2023.
Wu, P. C. S., Yeh, G. Y. Y., & Hsiao, C. R. (2011). The effect of store image and service quality on brand image and purchase intention for private label brands. Australasian Marketing Journal, 19(1), 30–39.
Yolandita, C., & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6).
Zhu, Y. Q., & Chang, J. H. (2016). Examining its impact on perceptions of privacy invasion, self-awareness, and continuous use intentions. Computers in Human Behavior, 65.
Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42, 65–77.
DataReportal. (2022, February). Digital 2022: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1).
Isyanto, P., Sapitri, R. G., & Sinaga, O. (2020). Micro influencers marketing and brand image to purchase intention of cosmetic products focallure. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kuspriyono, T., Kespandiar, T., & Ali, H. (2023). The Influence of Advertising Attraction and Celebrity Endorser on Purchase Intention of Cosmetic Products. 9(3), 756–761.
Mosa, R. A. (2021). The Impact of Advertising Credibility on Purchase Intentions. European Journal of Business and Management Research, 6(5).
Murjiati, W. (2022). Pengaruh Iklan Pada Aplikasi Tik Tok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo. Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness, 4(1).
Nicolaas, G. P. (2016). The Influence of Mobile Marketing on Consumer Attitude Study at Student of Sam Ratulangi University. Maret, 4(1), 1221–1228.
Peña-García, N., Gil-Saura, I., (2020). Purchase intention and purchase behavior online: A cross-cultural approach. Heliyon, 6(6).
Setio Putri, F. E. V., & Tiarawati, M. (2021). The Effect of Social Media Influencer and Brand Image On Online Purchase Intention During The Covid-19 Pandemic. Ilomata International Journal of Management, 2(3).
Siagian, A. O., & Martiwi, R. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 3, Issue 3).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Cet. 1). Alfabeta, 2018.
We Are Social USA. (2023, April 27). THE GLOBAL STATE OF DIGITAL IN APRIL 2023.
Wu, P. C. S., Yeh, G. Y. Y., & Hsiao, C. R. (2011). The effect of store image and service quality on brand image and purchase intention for private label brands. Australasian Marketing Journal, 19(1), 30–39.
Yolandita, C., & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6).
Zhu, Y. Q., & Chang, J. H. (2016). Examining its impact on perceptions of privacy invasion, self-awareness, and continuous use intentions. Computers in Human Behavior, 65.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.