Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Lingkungan Persekolahan II (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Lingkungan Persekolahan II (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Penulis

  • Eric Adiansyah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Universitas Brawijaya, Malang
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya, Malang

Kata Kunci:

Log Book, Praktik Mengajar, Sistem Informasi

Abstrak

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi S1 (Strata 1) Pendidikan Teknologi Informasi. Program PLP mempunyai tujuan yaitu, menyiapkan guru profesional mulai dari jenjang akademik hingga pengenalan terhadap situasi nyata sebuah lembaga pendidikan (sekolah). Terdapat dua tahapan dalam PLP, yaitu tahap PLP I dan PLP II. Berfokus pada PLP II yang dilakukan di sekolah, setiap dosen dan guru membimbing 4 sampai 5 mahasiswa. Terdapat 5 kegiatan utama dalam PLP II, yaitu plotting peserta, bimbingan, lesson study (LS), ujian lisan, dan penilaian. Manajemen data bimbingan masih dilakukan melalui dokumen cetak yang disebut log book bimbingan. Dalam kegiatan lesson study dan penilaian, terlalu banyak dokumen cetak yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban peserta serta mendapatkan akumulasi nilai akhir. Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Lapangan Persekolahan II bertujuan mengembangkan sebuah sistem informasi guna membantu pelaksanaan PLP II, serta memastikan setiap fungsional pada aplikasi dapat berjalan dengan benar. Waterfall Model digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan tahap pertama adalah analisis kebutuhan. Tahap kedua adalah perancangan sistem. Kemudian dilanjutkan pada tahap ketiga yaitu implementasi yang dilakukan menggunakan framework yang  Flutter sebagai front-end dan Laravel sebagai back-end. Kemudian tahap terakhir adalah pengujian dengan memanfaatkan metode Black Box Testing yang menghasilkan persentase 100% valid.

Referensi

KEMENRISTEK-DIKTI, 2017. PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN

TENTANG STANDAR PENDIDIKAN GURU. [online] Available at: <https://peraturan.bpk.go.id/Details/140978/permen-ristekdikti-no-

-tahun-2017> [Accessed 4 November 2023].

Rasid Ridho, M. and Maydianto, 2021. Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale dengan Framework Codeigniter pada CV

Powershop. JURNAL COMASIE, pp.50–59.

Sommerville, I., 2011. Software Engineering : Ninth Edition. nine ed. United States of America: Pearson Education, Inc.

Taufiq, M., 2017. Pengaruh Teknologi Informasi dalam Keprofesian dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian

Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran , pp.176–185.

ULM, H., 2017. Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan. [online] Available at:

<https://ulm.ac.id/id/2017/12/04/panduan-program-pengenalan-lapangan-persekolahan-program-sarjana-pendidikan/> [Accessed 4

November 2023].

Yan, Z., 2015. Encyclopedia of Mobile Phone Behavior. USA: IGI Global.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Adiansyah, E., Rachmadi, A., & Dwi Herlambang, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Lingkungan Persekolahan II (Studi Kasus Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13640

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...