Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi di SMK Negeri 6 Malang

Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi di SMK Negeri 6 Malang

Penulis

  • Almaas Jahiro Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo
  • Aswin Suharsono

Kata Kunci:

Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi korelasi antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di SMK Negeri 6 Malang dalam bidang Kompetensi Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi. Menggunakan pendekatan kausal komparatif (ex post facto) dengan metode kuantitatif, penelitian melibatkan 72 responden dari siswa kelas X, XI, dan XII. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk lingkungan sekolah dan motivasi belajar, serta studi dokumen untuk data hasil belajar, yang diwakili oleh nilai UTS beberapa mata pelajaran produktif. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian menunjukkan ketiadaan korelasi yang signifikan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa (koefisien korelasi = 0,026, p > 0,05), serta antara motivasi belajar dan hasil belajar (koefisien korelasi = 0,036, p > 0,05).

Referensi

Baharuddin, & Wahyuni, E. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Safa (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Kharisma Putra Offset.

Gumanti, T., Yunidar, & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Mitra Wacana Media.

Irham, M., & Wiyani, N. (2016). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran (R. Ratri (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Javentdo, I., Khairinal, K., & Rosmiati, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru, Lingkungan Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Sma Negeri 14 Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 443–457. https://www.dinastirev.org/JMPIS/article/view/582

Makmun, A. S. (2009). Psikologi Kependidikan. Remaja Rosdakarya.

Sappaile, B., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa (H. Upu (ed.)). Global Research and Consulting Institute.

Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan (S. Rochanah (ed.)). Uwais Press.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin (ed.)). Ghalia Indonesia.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharyadi, & Sukoco. (2022). Pengaruh Motivasi dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar di SMK N 3 Yogyakarta. 4.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suyono, & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran (A. Kamsyach (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Jahiro, A., Wijoyo, S. H. ., & Suharsono, A. (2024). Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi di SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13642

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...