Pengembangan Aplikasi Bimbingan Akademik Mahasiswa Filkom Menggunakan Pendekatan Multi-Platform dengan Metode Agile System Development

Pengembangan Aplikasi Bimbingan Akademik Mahasiswa Filkom Menggunakan Pendekatan Multi-Platform dengan Metode Agile System Development

Penulis

  • Zakwan Dhiyaulhaq Kussasih Universitas Brawijaya, Malang
  • Herman Tolle Universitas Brawijaya, Malang
  • Fais Al Huda Universitas Brawijaya, Malang

Kata Kunci:

bimbingan akademik mahasiswa FILKOM, multi-platform, agile, Flutter

Abstrak

Pengembangan aplikasi bimbingan akademik Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya sudah pernah dilakukan sebelumnya. Namun pada tahap awal, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android saja. untuk itulah perlu dikembangkan aplikasi yang juga tersedia untuk pengguna iOS. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi bimbingan akademik dengan menggunakan pendekatan multi-platform dengan kerangka kerja Flutter. Penelitian ini menggunakan Software Development Lifecycle (SDLC) Agile. Pendekatan Agile dipilih karena kebutuhan aplikasi masih dapat berubah. Berdasarkan hasil pengujian validasi menghasilkan tingkat keberhasilan 100%. Pada pengujian kompatibilitas, aplikasi bimbingan akademik dapat berfungsi secara optimal pada perangkat Android versi 8.1, 9.1 dan versi 10.1. selain itu aplikasi bimbingan akademik juga berfungsi dengan baik pada perangkat iOS versi 15.5 dan 16.4.

Referensi

Azzahra, F., Yaasiin, W., Tolle, H. and Muslimah Az-Zahra, H., 2022. PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI BIMBINGAN AKADEMIK MAHASISWA FILKOM MENGGUNAKAN METODE HUMAN-CENTERED DESIGN. 9(1). https://doi.org/10.25126/jtiik.202295596.

COUNSELING CENTER UNIVERSITY OF MARYLAND, 2020. Academic Concerns/Learning Difficulties | Counseling Center. [online] Tersedia di: <https://counseling.umd.edu/cs/commonconcerns/academic> [Diakses 23 Juni 2023].

Dart, 2022. Dart overview | Dart. [online] Tersedia di: <https://dart.dev/overview> [Accessed 23 June 2023].

Dubey, B., Arul, V., Mathur, P. and Pant, P., 2021. Ur Info : A cross-platform Application. In: 2021 International Conference on Advance Computing and Innovative Technologies in Engineering, ICACITE 2021. Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc. pp.614–622. https://doi.org/10.1109/ICACITE51222.2021.9404702.

Faiz, M.A., Kusumo, D.S. and Alibasa, M.J., 2022. Flutter Framework Code Portability Measurement on Multiplatform Applications with ISO 9126. In: 2022 1st International Conference on Software Engineering and Information Technology, ICoSEIT 2022. Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc. pp.36–40. https://doi.org/10.1109/ICoSEIT55604.2022.10030045.

Flutter, 2022. Flutter architectural overview | Flutter. [online] Tersedia di: <https://docs.flutter.dev/resources/architectural-overview> [Diakses 23 Juni 2023].

Kotlinlang, 2023. Native and cross-platform app development: how to choose? | Kotlin Documentation. [online] Tersedia di: <https://kotlinlang.org/docs/native-and-cross-platform.html#what-is-cross-platform-app-development> [Diakses 23 Juni 2023].

Raya, T.J., Tolle, H. and Akbar, M.A., 2021. Pengembangan Aplikasi Sistem Bimbingan Penasehat Akademik (PA) Jurusan Sistem Informasi Filkom UB Berbasis Mobile Native Android. [online] Tersedia di: <http://j-ptiik.ub.ac.id>.

Unduhan

Diterbitkan

26 Mar 2024

Cara Mengutip

Kussasih, Z. D., Tolle, H., & Al Huda, F. (2024). Pengembangan Aplikasi Bimbingan Akademik Mahasiswa Filkom Menggunakan Pendekatan Multi-Platform dengan Metode Agile System Development. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13648

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...