Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang
Abstrak
Perkembangan teknologi yang berkembang dengan begitu cepat menghantarkan perubahan signifikan termasuk pada ranah pendidikan. Penerapan pembelajaran pada era teknologi memfokuskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan menjangkau kapabilitas daya berpikir siswa. Pembelajaran yang efektif dapat terwujud apabila aspek-aspek penting terpenuhi. Kreativitas guru dalam pengembangan media merupakan aspek penting yang harus terpenuhi untuk memotivasi siswa. Terdapat salah satu platform yang dapat memacu motivasi belajar siswa yaitu Quizizz. Kegiatan wawancara yang dilakukan pada kelas X TKJ AKA dan X TKJ WU memperoleh kesimpulan bahwa metode ceramah cenderung monoton sehingga menyebabkan siswa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ AKA yang digunakan sebagai kelas kontrol dan X TKJ WU yang digunakan sebagai kelas eksperimen. Kedua kelompok tersebut nantinya akan mendapatkan perlakuan (treatment) yang berbeda. Hasil yang didapatkan pada penelitian memperlihatkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada aspek kognitif dan psikomotorik. Sebaliknya, pada motivasi belajar sebagai ranah afektif memperlihatkan tidak terdapat perbedaan pada data post kuesioner uji Independent T-test. Dengan makna lain, media pembelajaran interaktif Quizizz berpotensi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan tidak berpotensi mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Referensi
Aini, 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. 2(25), pp.1–6.
Arrozaaq, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP SMK Ipiems Surabaya pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), pp.1964–1973.
Asela, 2020. Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual . Jurnal Inovasi Pendidikan, pp.1297–1304.
Citra and Rosy, 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran BerbasisGame Edukasi QuizizzTerhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMKKetintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP), 8(2), pp.261–272.
Erwandi. 2022. Pengaruh Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMAN 1 Salatiga Sambas. 10.
Fraenkel, Wallen, & Hyun. 2023. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw Hill LLC.
Hair, J., Black, W., Babin, B. and Anderson, R., 2018. Multivariate Data Analysis. 8th ed. Annabel Ainscow.
Mawaddah, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, pp.3109–3116.
Nurani. 2021. Pengaruh Aplikasi Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) , 5.
Oktaviani. 2022. Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN (Quasy Eksperiment pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang). Journal of Civic Education , 5.
Salamah. 2022. Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.
Sampson. 2019. Analisis Statistik menggunakan JASP : Buku Panduan untuk Mahasiswa (2nd ed.).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yustina. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4, 593–598.
Aini, 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. 2(25), pp.1–6.
Arrozaaq, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP SMK Ipiems Surabaya pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), pp.1964–1973.
Asela, 2020. Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual . Jurnal Inovasi Pendidikan, pp.1297–1304.
Citra and Rosy, 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran BerbasisGame Edukasi QuizizzTerhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMKKetintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP), 8(2), pp.261–272.
Erwandi. 2022. Pengaruh Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMAN 1 Salatiga Sambas. 10.
Fraenkel, Wallen, & Hyun. 2023. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw Hill LLC.
Hair, J., Black, W., Babin, B. and Anderson, R., 2018. Multivariate Data Analysis. 8th ed. Annabel Ainscow.
Mawaddah, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, pp.3109–3116.
Nurani. 2021. Pengaruh Aplikasi Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) , 5.
Oktaviani. 2022. Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN (Quasy Eksperiment pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang). Journal of Civic Education , 5.
Salamah. 2022. Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.
Sampson. 2019. Analisis Statistik menggunakan JASP : Buku Panduan untuk Mahasiswa (2nd ed.).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yustina. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4, 593–598.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.