Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya

Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya

Penulis

  • Andy Firmansyah Universitas Brawijaya, Malang
  • Aryo Pinandito Universitas Brawijaya, Malang
  • Andi Reza Perdanakusuma Universitas Brawijaya, Malang

Kata Kunci:

pengaruh, media sosial, minat kunjungan, program, masjid

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari beberapa variabel media sosial terhadap minat kunjungan ke program masjid, dengan mengambil studi kasus pada Masjid Raden Patah, yang merupakan masjid kampus utama dari Universitas Brawijaya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan para jamaah program Masjid Raden Patah yang sudah pernah berkunjung ke salah satu program masjid ini minimal sebanyak dua kali. Proses penentuan sampel pada penelitian ini menerapkan teknik purposive sampling dan ukuran minimal sampel sebesar 100 data. Proses pengumpulan data berhasil dilakukan dengan keterlibatan sebanyak 109 responden, yang memiliki rentang usia 18–23 tahun. Proses analisis data menerapkan metode generalized linear model dengan memanfaatkan aplikasi desktop RStudio. Hasil proses analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Konten dan Kualitas Desain dari media sosial Instagram Masjid Raden Patah memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Minat Kunjungan ke program Masjid Raden Patah, sedangkan variabel Kualitas Informasi dari media sosial Instagram Masjid Raden Patah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan ke program Masjid Raden Patah. Hasil studi ini dapat mengembangkan topik bahasan penelitian baru tentang pengaruh media sosial terhadap minat kunjungan, tetapi secara spesifik pada objek masjid.

Referensi

Abduh, M. 2021. Pengelolaan Masjid Agung Islamic Center Sebagai Objek Wisata Religi. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 43-48.

Akpinar, E., & Berger, J. 2017. Valuable virality. Journal of Marketing Research, 54(2), 318–330. https://doi.org/10.1509/jmr.13.0350

Alalwan, A. A. 2018. Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International journal of information management, 42, 65-77.

Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S., & Ramkissoon, H. 2023. Tourist behaviour: The role of digital marketing and social media. Acta psychologica, 240, 104025.

Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. 2020. The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695-720.

Dennis, D. 2014. Successfully Social: A Non-Profit’s Guide to Modern Social Media Marketing. Senior Honours Thesis, 1–32.

Dobson, A. J., & Barnett, A. G. 2018. An Introduction to Generalized Linear Models. [e-book]. CRC press. Tersedia melalui: Lahore College for Women University <https://ocd.lcwu.edu.pk> [Diakses 18 Januari 2024]

Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. 2021. Analisis Keputusan Pembelian Produk menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 533-540.

Febrian, A., Nani, D. A., Lina, L. F., & Husna, N. 2022. The Role of Social Media Activities to Enhance Brand Equity. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 25(1), 20-30.

Fikri, M. E., Pane, D. N., & Siregar, N. 2019. Memasarkan objek pariwisata kota medan melalui media sosial untuk menaikkan minat kunjungan dan menghapus paradigma negatif. Jurnal Manajemen Tools, 11(2), 69-79.

Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanaysha, J. R. 2018. An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7-23.

Hidayat, A., & La Are, R. 2018, March. The impact of social media as promotion tools towards intention to visit: Case of Batu, Malang, Indonesia. In 2nd International Conference on Tourism, Gastronomy, and Tourist Destination (ICTGTD 2018) (pp. 60-71). Atlantis Press.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.

Kemp, S. 2023. DataReportal - Digital 2023: Indonesia. [online] Tersedia di <https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia> [Diakses 27 September 2023]

Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. 2017. Marketing for Hospitality and Tourism. [e-book]. 7th ed. London: Pearson. Tersedia melalui: Politeknik Internasional Bali <https://library.pib.ac.id> [Diakses 18 Januari 2024]

Lee, J., & Hong, I. B. 2016. Predicting positive user responses to social media advertising: The roles of emotional appeal, informativeness, and creativity. International Journal of Information Management, 36(3), 360-373.

McFadden, D. 1973. Conditional logit analysis of qualitative choice behavior. [e-book]. California. Tersedia melalui: University of California <https://eml.berkeley.edu> [Diakses 19 Januari 2024]

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. 2014. Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127-135.

Rini, D. S., & Faisal, F. 2015. Perbandingan Power of Test dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapiro-Wilk, Uji Cramer-von Mises, dan Uji Anderson-Darling. GRADIEN, 11(2), 1101-1105.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. [e-book]. Sleman: CV Budi Utama. Tersedia di: Google Books <https://books.google.co.id> [Diakses 7 Januari 2024]

Sanaky, M. M. 2021. Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. [e-book]. Bandung: CV Alfabeta. Tersedia melalui: Perpustakaan Digital Universitas Sains dan Teknologi Komputer <https://digilib.stekom.ac.id> [Diakses 18 Januari 2024]

Suryani, T., Fauzi, A. A., & Nurhadi, M. 2021. SOME-Q: A model development and testing for assessing the consumers’ perception of social media quality of small medium-sized enterprises (SMEs). Journal of Relationship Marketing, 20(1), 62-90.

Susanto, B., & Astutik, P. 2020. Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 37-46.

Wijayanti, A. 2021. Efektivitas Instagram dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26-39.

Yonatan, A. 2023. GoodStats: Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023 [online] Tersedia di: <https://data.goodstats.id> [Diakses 4 Desember 2023]

Yoo, J. H. 2004. Introducing the Generalized Linear Models. Actuaries. [online] Tersedia di: <https://www.aktuaris.or.id> [Diakses 30 November 2023]

Unduhan

Diterbitkan

02 Apr 2024

Cara Mengutip

Firmansyah, A., Pinandito, A., & Perdanakusuma, A. R. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13659

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...