Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Marketplace Layanan Perawatan Tubuh dengan menggunakan pendekatan Design Thinking
Kata Kunci:
layanan perawatan tubuh, klinik, design thinking, usability, user experience questionnaireAbstrak
Layanan perawatan tubuh atau klinik adalah penyedia jasa yang memberikan perawatan pada tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Klinik menggunakan alat bantu dan pengetahuan untuk menghindari kesalahan dalam perawatan tubuh. Namun masih terdapat banyak oknum klinik yang tidak benar, sehingga menimbulkan rasa ketidakpercayaan terhadap masyarakat. Dari permasalahan tersebut, dilakukan perancangan aplikasi mobile marketplace layanan perawatan tubuh untuk memberikan berbagai kemudahan dalam komunikasi dan pencarian informasi yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih klinik. Perancangan aplikasi ini melibatkan klinik di kota Malang. Dalam perancangan menggunakan pendekatan Design Thinking karena pendekatan ini dapat memahami kebutuhan manusia dengan baik sehingga mampu menciptakan inovasi baru. Dalam pengujian penelitian ini dilakukan pengujian usability dan user experience pada 10 responden sebagai evaluasi desain solusi. Pengujian usability menghasilkan nilai efektivitas 91,46%, nilai efisiensi 0,020 goals/second, dan nilai kepuasan 81,25. Kemudian terdapat pengujian user experience dengan menggunakan UEQ yang mendapatkan hasil pada skala daya tarik memiliki ratarata 1,77 dengan kategori baik, skala kejelasan memiliki ratarata 1,90 dengan kategori baik, skala efisiensi memiliki ratarata 1,30 dengan kategori diatas rata-rata, skala ketepatan memiliki rata-rata 1,65 dengan kategori baik,skala stimulasi memiliki rata-rata 1,63 dengan kategori baik, dan skala kebaruan memiliki ratarata 1,30 dengan kategori baik.
Referensi
Ahdiat, A., 2023. 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. [Online]
Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023 [Accessed 11 January 2024].
Amalina, S. et al., 2017. Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Asshiddiqie, M. A. & Supriana, C. E., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Aplikasi UMKM Lapak Cianjur). Jurnal Pasundan Informatika.
Auliasari, R. P., Tolle, H. & Priharsari, D., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking(Studi Kasus : Dilo Malang). Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(5), pp. 1921-1928.
BPS, 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [Online]
Available at: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html [Accessed 25 Februari 2023].
CNN, 2023. 3 Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya: Primer, Sekunder, Tersier. [Online]
Available at: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230417122649-569-938721/3-kebutuhan-manusia-menurut-intensitasnya-primer-sekunder-tersier [Accessed 11 January 2024].
Fitriani, F. F., 2023. Transaksi e-Commerce Indonesia Diprediksi Tembus Rp700 Triliun pada 2023. [Online]
Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20230123/9/1620626/transaksi-e-commerce-indonesia-diprediksi-tembus-rp700-triliun-pada-2023 [Accessed 25 Februari 2023].
Hadi, I., 2013. Hukum Malpraktik di Indonesia. [Online] Available at: https://www.hukumonline.com/klinik/a/hukum-malpraktik-di-indonesia-lt51314ec548bec [Accessed 11 January 2024].
Hanna, K. T., 2023. What is a mobile app (mobile application)?. [Online] Available at: https://www.techtarget.com/whatis/definition/mobile-app [Accessed 30 January 2024].
Isadora, F. R., Hanggara, B. T. & Mursityo, Y. T., 2021. Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Juliansyah, I. A. & Paputungan, I. V., 2022. Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking.
Kalyani, H. M., 2019. Apa itu Persona?. [Online] Available at: https://medium.com/learnfazz/apa-itu-persona-2e3d2cab00ba [Accessed 25 Februari 2023].
Mukhtaromin, 2022. Mengenal Design Thinking. [Online] Available at: https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789#:~:text=Sederhananya%2C%20design%20thinking%20merupakan%20pendekatan,menjawab%20kebutuhan%20manusia%20sebagai%20pengguna. [Accessed 12 January 2024].
Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction to Usability. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [Accessed 25 Februari 2023].
Nielsen, J., 2020. 10 Usability Heuristics for User Interface Design. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/ [Accessed 7 12 2023].
Nuraini, 2022. Apa itu E-Commerce? Ini Jenis dan Perbedaannya dengan Marketplace. [Online] Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221102/12/1594267/apa-itu-e-commerce-ini-jenis-dan-perbedaannya-dengan-marketplace#:~:text=Jika%20dilihat%20dari%20pengertiannya%2C%20e,kategori%20produk%20dari%20beberapa%20penjual. [Accessed 17 April 2023].
Pahlevi, R., 2022. Survei: Nilai Transaksi GoFood Lebih Besar dari ShopeeFood dan GrabFood. [Online]
Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-dan-grabfood [Accessed 11 January 2024].
Pitalokka, D. A., Handajani, R. & Asikin, D., 2016. Perancangan Bangunan SPA Di Malang dengan Pendekatan Relaksasi Indera Manusia. Jurnal Mahasiswa Departemen Arsitektur, 4(4).
Rustiawan, R., 2021. PENINGKATAN MARKET PERFORMANCE PADA INDUSTRI JASA SALON KECANTIKAN MELALUI FUNCTIONAL VALUE CO-CREATION DI PROVINSI JAWA TENGAH.
Stastik, B. P., 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [Online]
Available at: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
[Accessed 25 Februari 2023].
Susilo, E., Wijaya, D. & Hartanto, R., 2018. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2), pp. 150-157.
Tarigan, S., 2021. PENYESALAN Penyanyi Rossa, Wajah Gosong karena Salah Pilih Klinik Kecantikan. [Online]
Available at: https://medan.tribunnews.com/2021/07/10/penyesalan-penyanyi-rossa-wajah-gosong-karena-salah-pilih-klinik-kecantikan
[Accessed 25 Februari 2023].
Yulianto, A., 2023. Ini Kronologi Kasus Klinik di Tasikmalaya yang Diduga Sebabkan Bayi Meninggal. [Online] Available at: https://rejabar.republika.co.id/berita/s4hxr2396/ini-kronologi-kasus-klinik-di-tasikmalaya-yang-diduga-sebabkan-bayi-meninggal [Accessed 4 12 2023].
Ahdiat, A., 2023. 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. [Online]
Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023 [Accessed 11 January 2024].
Amalina, S. et al., 2017. Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Asshiddiqie, M. A. & Supriana, C. E., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Aplikasi UMKM Lapak Cianjur). Jurnal Pasundan Informatika.
Auliasari, R. P., Tolle, H. & Priharsari, D., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking(Studi Kasus : Dilo Malang). Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(5), pp. 1921-1928.
BPS, 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [Online]
Available at: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html [Accessed 25 Februari 2023].
CNN, 2023. 3 Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya: Primer, Sekunder, Tersier. [Online]
Available at: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230417122649-569-938721/3-kebutuhan-manusia-menurut-intensitasnya-primer-sekunder-tersier [Accessed 11 January 2024].
Fitriani, F. F., 2023. Transaksi e-Commerce Indonesia Diprediksi Tembus Rp700 Triliun pada 2023. [Online]
Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20230123/9/1620626/transaksi-e-commerce-indonesia-diprediksi-tembus-rp700-triliun-pada-2023 [Accessed 25 Februari 2023].
Hadi, I., 2013. Hukum Malpraktik di Indonesia. [Online] Available at: https://www.hukumonline.com/klinik/a/hukum-malpraktik-di-indonesia-lt51314ec548bec [Accessed 11 January 2024].
Hanna, K. T., 2023. What is a mobile app (mobile application)?. [Online] Available at: https://www.techtarget.com/whatis/definition/mobile-app [Accessed 30 January 2024].
Isadora, F. R., Hanggara, B. T. & Mursityo, Y. T., 2021. Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Juliansyah, I. A. & Paputungan, I. V., 2022. Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking.
Kalyani, H. M., 2019. Apa itu Persona?. [Online] Available at: https://medium.com/learnfazz/apa-itu-persona-2e3d2cab00ba [Accessed 25 Februari 2023].
Mukhtaromin, 2022. Mengenal Design Thinking. [Online] Available at: https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789#:~:text=Sederhananya%2C%20design%20thinking%20merupakan%20pendekatan,menjawab%20kebutuhan%20manusia%20sebagai%20pengguna. [Accessed 12 January 2024].
Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction to Usability. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [Accessed 25 Februari 2023].
Nielsen, J., 2020. 10 Usability Heuristics for User Interface Design. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/ [Accessed 7 12 2023].
Nuraini, 2022. Apa itu E-Commerce? Ini Jenis dan Perbedaannya dengan Marketplace. [Online] Available at: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221102/12/1594267/apa-itu-e-commerce-ini-jenis-dan-perbedaannya-dengan-marketplace#:~:text=Jika%20dilihat%20dari%20pengertiannya%2C%20e,kategori%20produk%20dari%20beberapa%20penjual. [Accessed 17 April 2023].
Pahlevi, R., 2022. Survei: Nilai Transaksi GoFood Lebih Besar dari ShopeeFood dan GrabFood. [Online]
Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-dan-grabfood [Accessed 11 January 2024].
Pitalokka, D. A., Handajani, R. & Asikin, D., 2016. Perancangan Bangunan SPA Di Malang dengan Pendekatan Relaksasi Indera Manusia. Jurnal Mahasiswa Departemen Arsitektur, 4(4).
Rustiawan, R., 2021. PENINGKATAN MARKET PERFORMANCE PADA INDUSTRI JASA SALON KECANTIKAN MELALUI FUNCTIONAL VALUE CO-CREATION DI PROVINSI JAWA TENGAH.
Stastik, B. P., 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. [Online]
Available at: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
[Accessed 25 Februari 2023].
Susilo, E., Wijaya, D. & Hartanto, R., 2018. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2), pp. 150-157.
Tarigan, S., 2021. PENYESALAN Penyanyi Rossa, Wajah Gosong karena Salah Pilih Klinik Kecantikan. [Online]
Available at: https://medan.tribunnews.com/2021/07/10/penyesalan-penyanyi-rossa-wajah-gosong-karena-salah-pilih-klinik-kecantikan
[Accessed 25 Februari 2023].
Yulianto, A., 2023. Ini Kronologi Kasus Klinik di Tasikmalaya yang Diduga Sebabkan Bayi Meninggal. [Online] Available at: https://rejabar.republika.co.id/berita/s4hxr2396/ini-kronologi-kasus-klinik-di-tasikmalaya-yang-diduga-sebabkan-bayi-meninggal [Accessed 4 12 2023].
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.