Pengaruh Adopsi E-commerce dan E-payment terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Penanggungan
Abstrak
Dalam era digital yang terus berkembang, adopsi teknologi menjadi salah satu aspek krusial dalam mempertahankan daya saing dan pertumbuhan bagi berbagai sektor usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Adopsi e-commerce dan e-payment menawarkan potensi untuk memberikan akses yang lebih luas ke pasar, memperluas jaringan distribusi, serta meningkatkan efisiensi operasional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adopsi e-commerce dan e-payment terhadap kinerja UMKM. Objek penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kelurahan Penanggungan. Teknik probability sampling berjenis random sampling digunakan untuk pengambilan sampel penelitian. Sejumlah 36 UMKM di Kelurahan Penanggungan dijadikan responden. Analisis data pada penelitian ini meggunakan Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan adopsi e-commerce memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Sedangkan, e-payment tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Dari uji F diketahui bahwa adopsi e-commerce dan e-payment berpengaruh secara simultan terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini tiba pada suatu saran bahwa pelaku UMKM perlu memperhatikan adopsi e-commerce dan e-payment sebagai faktor peningkat kinerja. Adopsi e-commerce memungkinkan produsen untuk promosi tanpa pertemuan langsung, sementara e-payment memudahkan transaksi pembelian, potensial memberikan dampak positif pada kinerja UMKM.
Referensi
Ardianti, R.R., 2010. Perkembangan Adopsi e-commerce dan Implikasinya bagi Manajemen Organisasi Bisnis (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Ausat, A.M.A., Astuti, E.S. and Wilopo, W., 2022. Analisis Faktor yang Berpengaruh pada Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Bagi Kinerja UKM di Kabupaten Subang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(2), pp.333-346.
Ghozali, I., 2016. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Hanum, A.N. and Sinarasri, A., 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm di wilayah kota semarang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), pp.1-15.
Iriani, S.S. and Andjarwati, A.L., 2020. Analysis of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk toward online shopping in the era of Covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), pp.313-320.
Ismanto, H., 2018. Kepuasan Konsumen dan Kinerja Keuangan UKM di Kabupaten Jepara. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 4(3), pp.377-377.
Juliandi, A. and Manurung, S., 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.
Ming‐Yen Teoh, W., Choy Chong, S., Lin, B. and Wei Chua, J., 2013. Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis. Internet Research, 23(4), pp.465-485.
Puryati, D. and Kuntadi, S., 2017. Biaya Produksi, E-Commerce dan Penjualan Produk Pada Sentra Kaos Bandung. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(2), pp.217-228.
Sedighi, A., Sirang, B. and Azerbaijan, I., 2018. The effect of e-commerce on SME Performance. Int. J. Appl. Res. Manag. Econ, 1(2), pp.71-81.
Wijaya, I.G.N.S., Pratami, N.W.C.A. and Yasa, I.G.D., 2022. Keputusan pembelian e-commerce selama pandemi: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, harga, dan sikap konsumen. JURNAL MANAJEMEN, 14(1), pp.26-37.
Ardianti, R.R., 2010. Perkembangan Adopsi e-commerce dan Implikasinya bagi Manajemen Organisasi Bisnis (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Ausat, A.M.A., Astuti, E.S. and Wilopo, W., 2022. Analisis Faktor yang Berpengaruh pada Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Bagi Kinerja UKM di Kabupaten Subang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(2), pp.333-346.
Ghozali, I., 2016. Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Hanum, A.N. and Sinarasri, A., 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm di wilayah kota semarang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), pp.1-15.
Iriani, S.S. and Andjarwati, A.L., 2020. Analysis of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk toward online shopping in the era of Covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), pp.313-320.
Ismanto, H., 2018. Kepuasan Konsumen dan Kinerja Keuangan UKM di Kabupaten Jepara. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 4(3), pp.377-377.
Juliandi, A. and Manurung, S., 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.
Ming‐Yen Teoh, W., Choy Chong, S., Lin, B. and Wei Chua, J., 2013. Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis. Internet Research, 23(4), pp.465-485.
Puryati, D. and Kuntadi, S., 2017. Biaya Produksi, E-Commerce dan Penjualan Produk Pada Sentra Kaos Bandung. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(2), pp.217-228.
Sedighi, A., Sirang, B. and Azerbaijan, I., 2018. The effect of e-commerce on SME Performance. Int. J. Appl. Res. Manag. Econ, 1(2), pp.71-81.
Wijaya, I.G.N.S., Pratami, N.W.C.A. and Yasa, I.G.D., 2022. Keputusan pembelian e-commerce selama pandemi: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, harga, dan sikap konsumen. JURNAL MANAJEMEN, 14(1), pp.26-37.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.