Hubungan Minat Menjadi Guru dan Persepsi Kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi

Hubungan Minat Menjadi Guru dan Persepsi Kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi

Penulis

  • Nur Wachidatul Muslichah Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang
  • Satrio Hadi Wijoyo

Kata Kunci:

minat menjadi guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan menjadi guru

Abstrak

Pendidikan merupakan aktivitas dengan tujuan untuk menjamin hidup menjadi lebih baik yang dapat tercapai jika diimbangi adanya guru yang baik dan profesional. Menumbuhkan minat menjadi guru merupakan salah satu indikator keberhasilan mahasiswa untuk mengembangkan dan menguasai kesiapan menjadi guru. Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya menyusun program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sebagai upaya mendukung pembentukan guru yang baik. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelatif untuk menganalisis keterkaitan antara minat terhadap profesi guru dan kesiapan untuk menekuni profesi guru. Penelitian ini mengkaji hubungan antara persepsi kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan dean kesiapan menjadi guru. Penelitian mencoba memahami minat menjadi guru dan persepsi kesiapan PLP berhubungan secara bersamaan terhadap kesiapan menjadi guru. Pengambilan data dilaksanakan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para responden sebanyak 63 mahasiswa aktif Pendidikan Teknologi Informasi yang sedang mengikuti kegiatan PLP pada tahun 2023. Uji hipotesis pada penelitian menggunakan uji korelasi product moment dari Pearson dan uji korelasi berganda. Penemuan penelitian mengindikasikan bahwa (1) terdapat hubungan positif minat menjadi guru dean kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05; (2) terdapat hubungan positif persepsi kesiapan PLP dengan kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05; (3) terdapat hubungan secara simultan antara minat menjadi guru dan persepsi kesiapan PLP dengan kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05.

Referensi

Alifah, Cintya, and Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti. 2023. “Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023.” Jurnal Economina 2 (8): 2147–63. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia.

Ariani, Nurlina, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, Rosmidah Hasibuan, Siti Suharni Simamora, and Toni. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Edited by N Rismawati. Bandung: Widina Bhakti Persada. www.penerbitwidina.com.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arum Dwi Jayanti. 2022. “Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional.” Journal of Tropical Chemistry Research and Education 4 (1). https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-03.

Fatmawati, Fatmawati, Rahmawati Rahmawati, Aliefman Hakim, and Syarifa Wahidah Al Idrus. 2022. “Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).” Chemistry Education Practice 5 (1): 71–77. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3269.

Fraenkel, Jack, R, and Norman, E Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. Seventh. New York: McGraw-Hill.

Hatta, M. 2018. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. www.nizamiacenter.com.

Kemendikbudristek. 2023. Statistik Dan Indikator Pendidikan Berwawasan Gender. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Khaerunnas, Harisma, and Mohamad Arief Rafsanjani. 2021. “Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 3946–53. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhidayah. 2017. Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurjan, Syarifan. 2015. Profesi Keguruan Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Roisah, Bintan, and Margunani. 2018. “Pengaruh Minat Menjadi Guru, Penguasaan MKDK, Dan PPL Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru.” EconomicEducationAnalysisJournal 7 (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suseno, Muchlas. 2020. Mengukur Minat Profesi Guru: Instrumen Dan Teknik Validasi. Jakarta Timur: UNJ Press.

Taskurun, Muhammad Azis, and Sitti Hajerah Hasyim. 2023. “Pengaruh Minat Profesi Keguruan Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar.” Jurnal Mirai Management 8 (2): 229–38.

Wahyudi, Rendi, and Nurhasan Syah. 2019. “Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan.” Journal of Civil Engineering and Vocational Educaton 6 (1).

https:/ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/104955/101958.

Unduhan

Diterbitkan

18 Apr 2024

Cara Mengutip

Muslichah, N. W., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2024). Hubungan Minat Menjadi Guru dan Persepsi Kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13670

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...