Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Banking NTB Syariah Dengan Metode Usability Testing (Studi Kasus: NTB Syariah Sumbawa Besar)

Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Banking NTB Syariah Dengan Metode Usability Testing (Studi Kasus: NTB Syariah Sumbawa Besar)

Penulis

  • Zakiyah Rima Damayanti -
  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya, Malang
  • Faizatul Amalia Universitas Brawijaya, Malang

Kata Kunci:

Aplikasi NTB Syariah mobile banking, evaluasi, usability, usability testing

Abstrak

Bank NTB Syariah, sebuah lembaga keuangan daerah di Nusa Tenggara Barat yang dimiliki oleh pemerintah provinsi NTB serta pemerintah kota/kabupaten di wilayah tersebut, berupaya menyediakan layanan yang mendukung kebutuhan nasabahnya. Salah satunya adalah NTB Syariah Mobile Banking. Meskipun aplikasi mobile banking bukan fokus utama perbankan, kebutuhan akan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini semakin penting sejalan dengan kemajuan teknologi. Pengujian menggunakan 4 metode usability testing (efficiency, error, learnability, dan satisfaction) memberikan insight yang signifikan. Hasil evaluasi efisiensi menunjukkan bahwa pengguna mampu menyelesaikan tugas dengan tingkat kecepatan sebesar 0,08 goals/sec. Namun, evaluasi error rate mencatat 18% kegagalan, menempatkan kualitas aplikasi sekitar 82%, di atas rata-rata dalam hal tingkat kesalahan. Sementara itu, evaluasi learnability menunjukkan nilai 80%, menandakan tingkat kemampuan pengguna dalam memahami dan menggunakan aplikasi di atas rata-rata. Dari evaluasi satisfaction dengan 30 responden, rata-rata skor SUS sebesar 82,4, masuk kategori acceptable. Wawancara dengan responden menghasilkan temuan permasalahan dan saran yang berharga. Beberapa masalah yang diidentifikasi adalah kesulitan dalam menemukan bukti transaksi, kurangnya penggunaan fitur ziswaf dan islami, gangguan saat pengisian pulsa, kebutuhan akan fitur barcode pada qris, keinginan akan fitur notifikasi debit atau kredit, keinginan untuk menambah limit transfer, dan permintaan rincian saldo awal dan akhir pada fitur mutasi. Untuk mengatasi permasalahan, beberapa solusi direkomendasikan. Misalnya, penggabungan desain mutasi dan bukti transaksi, penambahan fitur "donasi program Ramadhan" dan penempatan fitur islami pada halaman login, penambahan layanan chat atau call center dalam aplikasi, fitur barcode atau show qr pada layanan qris, penambahan fitur notifikasi debit pada menu pengaturan, penambahan jumlah limit transfer tiap kartu ATM, dan penambahan rincian info saldo akhir setelah transaksi pada fitur mutasi.

Kata kunci: Aplikasi NTB Syariah mobile banking, evaluasi, usability, usability testing

Referensi

Alfarisi, Muhammad Hafid, and Usman Ependi. 2022. “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Usability Testing.” Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer 8 (2): 367– 74.https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.11 51

Brooke, J. (1996). SUS: A "Quick and Dirty: Usabililty Scale. Dipetik Agustus 29, 2023, dari https://www.usability.gov/how-to-and- tools/methods/system-usability- scale.html

Hotjar. (2023, October 23). Usability testing: your 101 introduction. Dipetik 20 Agustus, 2023, dari hotjar.com: https://www.hotjar.com/usability- testing/

Istiana, P. (2011). Evaluasi Usabillity Situs Website Perpustakaan Universitas Gadjah. VISI PUSTAKA Vol. 13, 5.

Larasati, Inggrit. 2020. “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing.” Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems 4 (1): 68. https://doi.org/10.24912/computatio.v4i 1.6689.

Lupita Dyayu, A. B. (2023). Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS) 3 (1), 395-404.

Material.io. (2023). Icons. Dipetik Desember 2, 2023, dari https://m3.material.io/: https://m3.material.io/

Mifsud, J. (2020). Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Dipetik Agustus 20, 2023, dari UsabilityGeek.

Nielsen, J. (2012, January 3). Usability 101: Introduction to Usability. Dipetik Mei 20, 2023, dari https://www.nngroup.com/articles/usabi lity-101-introduction-to-usability/

Sauro, J. (2012, October 16). 10 Benchmark for User Experience Metrics. Dipetik September 23, 2023, dari https://measuringu.com/ux- benchmarks/

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya,. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

31 Mei 2024

Cara Mengutip

Damayanti, Z. R., Indah Rokhmawati, R., & Amalia, F. (2024). Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Banking NTB Syariah Dengan Metode Usability Testing (Studi Kasus: NTB Syariah Sumbawa Besar). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13677

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...