Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Basis Data di Kelas XI SMK Negeri 6 Malang
Kata Kunci:
Flipped Classroom Model, Ceramah, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Basis DataAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu meneliti potensi pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom Model (FCM) berbantuan Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Basis Data Kelas XI di SMK Negeri 6 Malang. Metode Weak experimental Static-Group Pretest-Posttest Design diterapkan pada penelitian ini. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa terdiri dari 22 siswa pada kelompok eksperimen dan 21 siswa pada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberi treatment berupa penerapan FCM sedangkan pada kelompok kontrol menerapkan metode konvensional ceramah. Penerapan treatment FCM dilakukan pada kelompok eksperimen setelah siswa mengikuti pretest hingga sebelum posttest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen soal, kuesioner, dan protokol observasi telah melalui uji validitas ahli. Dalam menjawab rumusan masalah, uji beda Mann Whitney dan Uji Wilcoxon digunakan untuk mencari beda antara kedua kelompok pada setiap variabel. Berdasarkan hasil uji beda, ditemukan bahwa pada Hasil terdapat potensi pengaruh yang signifikan, yaitu Belajar Multiple Choice (z=-2,51, p=0,01, g=0,93) dan Praktikum (z=-3,99, p<0,01, g=1,41). Sedangkan pada Motivasi Belajar tidak terdapat potensi pengaruh yaitu (z=-1,01, p=0,31, g=0,43).
Referensi
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep) (1st ed.). CV. Pusdikra MJ.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day (1st ed.). International Society for Technology in Education.
Carl, E., Stein, A. T., Levihn-Coon, A., Pogue, J. R., Rothbaum, B., Emmelkamp, P., Asmundson, G. J. G., Carlbring, P., & Powers, M. B. (2019). Virtual reality exposure therapy for anxiety and related disorders: A meta-analysis of randomized controlled trials. Journal of Anxiety Disorders, 61, 27–36. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2018.08.003
Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. (2020). Pengaruh model problem based-learning dengan flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83–98.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw-Hill.
Hamid, A., & Effendi, H. (2019). Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1.1), 81. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.105414
Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik Riset Pendidikan Dilengkapi Analisis SPSS (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Jdaitawi, M. (2019). The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(3), 665–680. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12340a
Khairunnisa, K., Sari, F. F., Anggelena, M., Agustina, D., & Nursa’adah, E. (2022). Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 138–151. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4802
Krisnanto, H., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Pangkah. Journal of Education Research, 4(3), 1495–1502. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.384
Lenhard, W., & Lenhard, A. (2017). Computation of Effect Sizes. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17823.92329
Mischel, L. J. (2019). Watch and Learn? Using EDpuzzle to Enhance the Use of Online Videos. Management Teaching Review, 4(3), 283–289. https://doi.org/10.1177/2379298118773418
Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ
Pratiwi, K. A. M. (2022). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.37320
Reidsema, C., Kavanagh, L., Hadgraft, R., & Smith, N. (2017). The Flipped Classroom: Practice and Practices in Higher Education (1st ed.). Springer Nature.
Ridzuan, F., & Zainon, W. M. N. (2019). A Review on Data Cleansing Methods for Big Data. Procedia Computer Science, 161, 731–738. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.177
Rusnawati, M. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18238
Rustam, A., Dwikumala, E., & Yunita, L. (2018). Statistika dan pengukuran pendidikan: analisis menggunakan SPSS, Iteman dan Lisrel.
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918
Sari, D. N., Nopita, D., & Subroto, G. (2022). The Implementation of Flipped Classroom by Using LMS (Learning Management System) at SMA NEGERI 6 Tanjungpinang in the Academic Year 2020/2021. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/juliet.v3i1.4086
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sularga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran (1st ed). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Yang, Q.-F., Lin, C.-J., & Hwang, G.-J. (2021). Research focuses and findings of flipping mathematics classes: a review of journal publications based on the technology-enhanced learning model. Interactive Learning Environments, 29(6), 905–938. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1637351
Young, M. R., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Styles, Instructional Methods, and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25(2), 130–142. https://doi.org/10.1177/0273475303254004
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep) (1st ed.). CV. Pusdikra MJ.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day (1st ed.). International Society for Technology in Education.
Carl, E., Stein, A. T., Levihn-Coon, A., Pogue, J. R., Rothbaum, B., Emmelkamp, P., Asmundson, G. J. G., Carlbring, P., & Powers, M. B. (2019). Virtual reality exposure therapy for anxiety and related disorders: A meta-analysis of randomized controlled trials. Journal of Anxiety Disorders, 61, 27–36. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2018.08.003
Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. (2020). Pengaruh model problem based-learning dengan flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83–98.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw-Hill.
Hamid, A., & Effendi, H. (2019). Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1.1), 81. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.105414
Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik Riset Pendidikan Dilengkapi Analisis SPSS (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Jdaitawi, M. (2019). The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(3), 665–680. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12340a
Khairunnisa, K., Sari, F. F., Anggelena, M., Agustina, D., & Nursa’adah, E. (2022). Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 138–151. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4802
Krisnanto, H., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Pangkah. Journal of Education Research, 4(3), 1495–1502. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.384
Lenhard, W., & Lenhard, A. (2017). Computation of Effect Sizes. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17823.92329
Mischel, L. J. (2019). Watch and Learn? Using EDpuzzle to Enhance the Use of Online Videos. Management Teaching Review, 4(3), 283–289. https://doi.org/10.1177/2379298118773418
Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ
Pratiwi, K. A. M. (2022). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.37320
Reidsema, C., Kavanagh, L., Hadgraft, R., & Smith, N. (2017). The Flipped Classroom: Practice and Practices in Higher Education (1st ed.). Springer Nature.
Ridzuan, F., & Zainon, W. M. N. (2019). A Review on Data Cleansing Methods for Big Data. Procedia Computer Science, 161, 731–738. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.177
Rusnawati, M. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18238
Rustam, A., Dwikumala, E., & Yunita, L. (2018). Statistika dan pengukuran pendidikan: analisis menggunakan SPSS, Iteman dan Lisrel.
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918
Sari, D. N., Nopita, D., & Subroto, G. (2022). The Implementation of Flipped Classroom by Using LMS (Learning Management System) at SMA NEGERI 6 Tanjungpinang in the Academic Year 2020/2021. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/juliet.v3i1.4086
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sularga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran (1st ed). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Yang, Q.-F., Lin, C.-J., & Hwang, G.-J. (2021). Research focuses and findings of flipping mathematics classes: a review of journal publications based on the technology-enhanced learning model. Interactive Learning Environments, 29(6), 905–938. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1637351
Young, M. R., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Styles, Instructional Methods, and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25(2), 130–142. https://doi.org/10.1177/0273475303254004
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.