Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Learning Management System Pada Platform Pembelajaran dan Persiapan Karier Digital
Abstrak
Teknologi informasi saat ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa seiring dengan berkembangnya zaman. Dibimbing.id memanfaatkan penggunaan learning management system (LMS) yang berguna untuk meningkatkan efisiensi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data monthly feedback Bulan Juni pada program bootcamp product management Batch 6 Dibimbing.id, nilai Customer Satisfaction (CSAT) yang diperoleh sebesar 87,50% dan nilai Net Promoter Score (NPS) diperoleh sebesar 54,55%. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah faktor user satisfaction dipengaruhi oleh variabel kualitas kegunaan dan kualitas informasi. Pada penelitian ini juga ingin mengetahui penyebab berpengaruhnya kedua variabel tersebut. Sebelum menyebarkan kuesioner, dilakukan uji instrumen penelitian. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan pengujian Pearson Product Moment dan menghitung nilai Cronbach’s Alpha. Proses mengumpulkan data memakan waktu selama tujuh hari dimulai dari tanggal 4 Desember 2023 hingga 11 Desember 2023 dengan total sampel sebanyak 96 orang. Pengujian Generalized Linear Model (GLM) dilakukan ketika data tidak terdistribusi dengan normal. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian, faktor kualitas kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan rincian p-value dari kualitas kegunaan sebesar 1.22e-05, sedangkan p-value dari kualitas informasi sebesar 4.25e-08. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pengguna adalah meningkatkan kualitas kegunaan dengan cara menyesuaikan desain tampilan LMS Dibimbing.id agar lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pengguna. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas informasi dengan cara mengintegrasikan platform eksternal yang memiliki fungsi sebagai pengingat dan informasi secara otomatis kepada pengguna LMS Dibimbing.id.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.