Eksperimen Penerapan Progressive Disclosure Guna Meningkatkan Pengalaman Pengguna Repository Brawijaya Knowledge Garden
Kata Kunci:
Repository BKG, Progressive Disclosure, Penelitian Eksperimen, UX, UIAbstrak
Repository Brawijaya Knowledge Garden (BKG) adalah sebuah laman yang memuat karya tulis, jurnal,
dan berkas lainnya yang dihasilkan oleh civitas akademik Universitas Brawijaya. Dalam menunjang
penggunaan sebuah laman repository yang lebih baik dan efisien, maka selayaknya laman tersebut
menerapkan beberapa unsur perancangan UI yang baik, salah satunya yaitu kesederhanaan. Namun pada
fitur utama yang ada pada Repository BKG belum menerapkan itu, seperti pada fitur Search Repository
dan Browse Repository. Maka dari itu, dilakukanlah penelitian eksperimen dengan membandingkan
hasil usabilitas dan tingkat pengalaman pengguna dari desain awal kedua fitur tersebut dengan desain
yang telah dilakukan treatment di dalamnya. Teknik yang digunakan dalam membangun desain
treatment adalah menerapkan Progressive Disclosure yang merupakan teknik menyimpan fitur-fitur ke
layar sekunder dan ditampilkan secara bertahap, sehingga pengguna akan menemukan tampilan yang
sederhana tanpa mengurangi fitur yang ditawarkan oleh sistem. Hasil pengujian menunjukkan dalam
tingkat pengalaman pengguna lewat metode UEQ, desain treatment menunjukkan peningkatan yang
signifikan. Untuk pengujian usabilitas dari aspek efisiensi (task time) dan aspek number of error, hanya
pada fitur Browse Repository saja yang mengalami peningkatan signifikan pada kedua aspek tersebut,
sedangkan pada fitur Search Repository tidak mengalami peningkatan signifikan
Referensi
Aftab, Z. (2023). Law of Progressive Disclosure
| Carousel for User Engagement. Enou.
Diambil dari https://enou.co/blog/lawof-progressive-disclosure/
Albert, B. & Tullis, T. (2023). Measuring the
User Experience (Third Edition).
Morgan Kaufmann.
Alicia, S. (2021). Prinsip Desain : Hick’s Law.
Medium. Diambil dari
https://sharenaliciaa.medium.com/prinsi
p-desain-hicks-law-7dcc6b875355
Ambriani, D. & Nurhidayat, A. I. (2020).
Rancang Bangun Repository Publikasi
Ilmiah Dosen Berbasis Web
Menggunakan Framework Laravel.
Jurnal Manajemen Informatika, 10/1
(2020), 58-66. Diambil dari
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ju
rnal-manajemeninformatika/article/view/31468
Anirudha, A. (2022). 7 Metode Usability
Testing. Binus University School of
Information Systems. Diambil dari
Babich, N. (2019). Progressive Disclosure:
Simplifying the Complexity. Shopify
Partners. Diambil dari
https://www.shopify.com/id/partners/bl
og/progressive-disclosure
Dalai, S., dkk. (2020). Exploring OntologyBased Information Through the
Progressive Disclosure of Visual
Answers to Related Queries. Diambildari
https://www.researchgate.net/publicatio
n/342825991_Exploring_OntologyBased_Information_Through_the_Prog
ressive_Disclosure_of_Visual_Answers
_to_Related_Queries
Ding, G. J., H, T. K. P., & Kuo, P. C. (2020).
Progressive Disclosure Options for
Improving Choice Overload on Home
Screen. Diambil dari
https://www.researchgate.net/publicatio
n/342592322_Progressive_Disclosure_
Options_for_Improving_Choice_Overl
oad_on_Home_Screen
Elisurya, S., Az-Zahra, H. M., & Wardani, N. H.
(2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna
Menggunakan Usability Testing dan
User Experience Questionnaire (UEQ)
(Studi pada E-Commerce Fashion).
Jurnal Pengembangan Teknologi
Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5),
-4332. Diambil dari https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/5193/2454
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan EksperimenKuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–
Diambil dari
22146/buletinpsikologi.38619
Henim, S. R. & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User
Experience Sistem Informasi Akademik
Mahasiswa pada Perguruan Tinggi
Menggunakan User Experience
Questionnaire. Jurnal Komputer
Terapan, 4/1 (2020), 69 – 78. Diambil
dari
https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582
ISO (International Organization for
Standardization). (2010). Ergonomics of
Human System Interaction. Online
Browsing Platform (OBP). Diambil dari
https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:
:-210:ed-1:v1:en
Jaedun, A. (2011). Metode Penelitian
Eksperimen. Fakultas Teknik UNY.
Diambil dari
https://staffnew.uny.ac.id/upload/13156
/pengabdian/metode-penelitianeksperimen.pdf
Kurniawan, I. (2020). Hick’s Law in User
Experience. Binus University. Diambil
dari
https://sis.binus.ac.id/2020/12/03/hickslaw-in-user-experience/
Kusuma, A. J. (2022). TA: Rekomendasi
Aplikasi PeduliLindungi Berdasar Hasil
Analisis User Experience dengan
Indikator UX Honeycomb. Repository
Universitas Dinamika. Diambil dari
https://repository.dinamika.ac.id/id/epri
nt/6726/#:~:text=UX%20Honeycomb%
adalah%20alat%20yang,Findable%2
C%20Accessible%2C%20Usable).
Lolang, E. (2017). Hipotesis Nol dan Hipotesis
Alternatif. Jurnal Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Kristen
Indonesia Toraja. Diambil dari
https://journals.ukitoraja.ac.id/index.ph
p/jkip/article/view/99
Macpherson, E. (2019). The UX Honeycomb:
Seven Essential Considerations for
Developers. Medium. Diambil dari
https://medium.com/mytake/the-uxhoneycomb-seven-essentialconsiderations-for-developersaccc372a398c
Malik (2021). 6 Prinsip Dasar Desain User
Interface. Medium. Diambil dari
https://medium.com/niagahosterproduct/6-prinsip-dasar-desain-userinterface-8f77a9d4fa7
Montgomery, D. C. (2013). Design and Analysis
of Experiments. John Wiley and Sons.
Diambil dari
Nagulwar, A. (2021). Progressive Disclosure:
The Art of Revealing. Aubergine.
Diambil dari
https://auberginesolutions.com/blog/pro
gressive-disclosure-the-art-ofrevealing/
Nielsen, J. (2006). Progressive Disclosure.
Nielsen Norman Group. Diambil dari
https://www.nngroup.com/articles/prog
ressive-disclosure/
Nielsen, J. (2001). Usability Metrics. Nielsen
Norman Group. Diambil dari
https://www.nngroup.com/articles/usabi
lity-metrics/
Orlova, M. (2016). User Experience Design (UX
Design) in a Website Development:
Website Redesign. Diambil dari
https://www.theseus.fi/handle/10024/12
Plaosan, S. V. (2021). Belajar Desain
Eksperimen. Medium. Diambil dari
https://vanplaosan.medium.com/belajar-desaineksperimen-efd89743974c
Pramudita, R., dkk. (2021). Penggunaan
Aplikasi Figma dalam Membangun
UI/UX yang Interaktif pada Program
Studi Teknik Informatika STMIK
Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian
/1 (2021). Diambil dari
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanape
ngabdian.v3i1.1542
Raharjo, S. (2015). Cara Uji Independent
Sample T-Test dan Interpretasi dengan
SPSS. SPSS Indonesia. Diambil dari
https://www.spssindonesia.com/2015/0
/cara-uji-independent-sample-t-testdan.html
Ramadhan, W. (2022). 3 Tools Wajib untuk UI
Design yang Bisa Kamu Akses Gratis,
Kreativv. Diambil dari
https://kreativv.com/uidesign/2/#:~:text=Maze%20merupakan
%20sebuah%20user%20testing,dites%
lewat%20platform%20ini%2C%20G
enK.
Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian
Eksperimental dalam Pembelajaran
Bahasa Kedua. Prasi: Jurnal Bahasa,
Seni, dan Pengajarannya, 6(11). Diambil
dari
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph
p/PRASI/article/view/6816
Revitas, T. (2022). ICT adalah: Pengertian,
Manfaat, dan Contoh Penerapan dalam
Berbagai Bidang. DailySocial.id.
Diambil dari http://surl.li/jtyqc
Rocky. (2022). Apa itu Repository Perguruan
Tinggi?. UKM KPRM UNHASY.
Diambil dari
https://www.krpmunhasy.com/2022/09/
apa-itu-repository-perguruantinggi.html
Santoso, H. B., dkk. (2016). Measuring User
Experience of the Student-Centered Elearning Environment. Journal of
Educators Online, 13(1), 142–166.
Siregar, R. A., Sari, Y. A., & Indriati, I. (2023).
Analisis Sentimen Kebijakan New
Normal dengan Menggunakan
Automated Lexicon Senti N-Gram.
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu
Komputer. Diambil dari
https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/artic
le/view/5006
Susilo, E. (2019). Cara Menggunakan User
Experience Questionnaire (UEQ) pada
Uji UX. Edi Susilo Blogger &
Fotografer Foto 360 Derajat. Diambil
dari https://www.edisusilo.com/caramenggunakan-user-experiencequestionnaire/
Suteja, B. R. & Harjoko, A. (2008). User
Interface Design for e-Learning System.
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi
Informasi 2008. Diambil dari
https://journal.uii.ac.id/Snati/article/vie
w/859
Suwandi. (2020). Design Of Experiment (DOE).
Six Sigma Indonesia. Diambil dari
https://sixsigmaindonesia.com/designof-experiment-doe/
Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Repository?.
Universitas Raharja. Diambil dari
https://raharja.ac.id/2020/11/13/apa-iturepository/
Tanuwijaya, C. N. (2018). Menerapkan A/B
Testing pada Website untuk
Meningkatkan Conversion Rate
Website. Binus University School of
Information Systems. Diambil dari
https://sis.binus.ac.id/2018/02/15/mener
apkan-a-b-testing-pada-website-untukmeningkatkan-conversion-rate-website/
Tedjo, S. (2017). Prinsip Perancangan Tampilan
Antarmuka/GUI. IMK IF UNIKOM.
Diambil dari
https://docplayer.info/29603761-
Prinsip-perancangan-tampilanantarmuka-gui-imk-if-unikom.html
Tim. (2021). Managing Information Overload in
UX Design: Miller’s Law. Cobe.
Diambil dari
https://medium.cobeisfresh.com/managi
ng-information-overload-in-ux-designmillers-law-707a01348f5
Aftab, Z. (2023). Law of Progressive Disclosure
| Carousel for User Engagement. Enou.
Diambil dari https://enou.co/blog/lawof-progressive-disclosure/
Albert, B. & Tullis, T. (2023). Measuring the
User Experience (Third Edition).
Morgan Kaufmann.
Alicia, S. (2021). Prinsip Desain : Hick’s Law.
Medium. Diambil dari
https://sharenaliciaa.medium.com/prinsi
p-desain-hicks-law-7dcc6b875355
Ambriani, D. & Nurhidayat, A. I. (2020).
Rancang Bangun Repository Publikasi
Ilmiah Dosen Berbasis Web
Menggunakan Framework Laravel.
Jurnal Manajemen Informatika, 10/1
(2020), 58-66. Diambil dari
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ju
rnal-manajemeninformatika/article/view/31468
Anirudha, A. (2022). 7 Metode Usability
Testing. Binus University School of
Information Systems. Diambil dari
Babich, N. (2019). Progressive Disclosure:
Simplifying the Complexity. Shopify
Partners. Diambil dari
https://www.shopify.com/id/partners/bl
og/progressive-disclosure
Dalai, S., dkk. (2020). Exploring OntologyBased Information Through the
Progressive Disclosure of Visual
Answers to Related Queries. Diambildari
https://www.researchgate.net/publicatio
n/342825991_Exploring_OntologyBased_Information_Through_the_Prog
ressive_Disclosure_of_Visual_Answers
_to_Related_Queries
Ding, G. J., H, T. K. P., & Kuo, P. C. (2020).
Progressive Disclosure Options for
Improving Choice Overload on Home
Screen. Diambil dari
https://www.researchgate.net/publicatio
n/342592322_Progressive_Disclosure_
Options_for_Improving_Choice_Overl
oad_on_Home_Screen
Elisurya, S., Az-Zahra, H. M., & Wardani, N. H.
(2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna
Menggunakan Usability Testing dan
User Experience Questionnaire (UEQ)
(Studi pada E-Commerce Fashion).
Jurnal Pengembangan Teknologi
Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5),
-4332. Diambil dari https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/5193/2454
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan EksperimenKuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–
Diambil dari
22146/buletinpsikologi.38619
Henim, S. R. & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User
Experience Sistem Informasi Akademik
Mahasiswa pada Perguruan Tinggi
Menggunakan User Experience
Questionnaire. Jurnal Komputer
Terapan, 4/1 (2020), 69 – 78. Diambil
dari
https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582
ISO (International Organization for
Standardization). (2010). Ergonomics of
Human System Interaction. Online
Browsing Platform (OBP). Diambil dari
https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:
:-210:ed-1:v1:en
Jaedun, A. (2011). Metode Penelitian
Eksperimen. Fakultas Teknik UNY.
Diambil dari
https://staffnew.uny.ac.id/upload/13156
/pengabdian/metode-penelitianeksperimen.pdf
Kurniawan, I. (2020). Hick’s Law in User
Experience. Binus University. Diambil
dari
https://sis.binus.ac.id/2020/12/03/hickslaw-in-user-experience/
Kusuma, A. J. (2022). TA: Rekomendasi
Aplikasi PeduliLindungi Berdasar Hasil
Analisis User Experience dengan
Indikator UX Honeycomb. Repository
Universitas Dinamika. Diambil dari
https://repository.dinamika.ac.id/id/epri
nt/6726/#:~:text=UX%20Honeycomb%
adalah%20alat%20yang,Findable%2
C%20Accessible%2C%20Usable).
Lolang, E. (2017). Hipotesis Nol dan Hipotesis
Alternatif. Jurnal Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Kristen
Indonesia Toraja. Diambil dari
https://journals.ukitoraja.ac.id/index.ph
p/jkip/article/view/99
Macpherson, E. (2019). The UX Honeycomb:
Seven Essential Considerations for
Developers. Medium. Diambil dari
https://medium.com/mytake/the-uxhoneycomb-seven-essentialconsiderations-for-developersaccc372a398c
Malik (2021). 6 Prinsip Dasar Desain User
Interface. Medium. Diambil dari
https://medium.com/niagahosterproduct/6-prinsip-dasar-desain-userinterface-8f77a9d4fa7
Montgomery, D. C. (2013). Design and Analysis
of Experiments. John Wiley and Sons.
Diambil dari
Nagulwar, A. (2021). Progressive Disclosure:
The Art of Revealing. Aubergine.
Diambil dari
https://auberginesolutions.com/blog/pro
gressive-disclosure-the-art-ofrevealing/
Nielsen, J. (2006). Progressive Disclosure.
Nielsen Norman Group. Diambil dari
https://www.nngroup.com/articles/prog
ressive-disclosure/
Nielsen, J. (2001). Usability Metrics. Nielsen
Norman Group. Diambil dari
https://www.nngroup.com/articles/usabi
lity-metrics/
Orlova, M. (2016). User Experience Design (UX
Design) in a Website Development:
Website Redesign. Diambil dari
https://www.theseus.fi/handle/10024/12
Plaosan, S. V. (2021). Belajar Desain
Eksperimen. Medium. Diambil dari
https://vanplaosan.medium.com/belajar-desaineksperimen-efd89743974c
Pramudita, R., dkk. (2021). Penggunaan
Aplikasi Figma dalam Membangun
UI/UX yang Interaktif pada Program
Studi Teknik Informatika STMIK
Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian
/1 (2021). Diambil dari
https://doi.org/10.36805/jurnalbuanape
ngabdian.v3i1.1542
Raharjo, S. (2015). Cara Uji Independent
Sample T-Test dan Interpretasi dengan
SPSS. SPSS Indonesia. Diambil dari
https://www.spssindonesia.com/2015/0
/cara-uji-independent-sample-t-testdan.html
Ramadhan, W. (2022). 3 Tools Wajib untuk UI
Design yang Bisa Kamu Akses Gratis,
Kreativv. Diambil dari
https://kreativv.com/uidesign/2/#:~:text=Maze%20merupakan
%20sebuah%20user%20testing,dites%
lewat%20platform%20ini%2C%20G
enK.
Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian
Eksperimental dalam Pembelajaran
Bahasa Kedua. Prasi: Jurnal Bahasa,
Seni, dan Pengajarannya, 6(11). Diambil
dari
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph
p/PRASI/article/view/6816
Revitas, T. (2022). ICT adalah: Pengertian,
Manfaat, dan Contoh Penerapan dalam
Berbagai Bidang. DailySocial.id.
Diambil dari http://surl.li/jtyqc
Rocky. (2022). Apa itu Repository Perguruan
Tinggi?. UKM KPRM UNHASY.
Diambil dari
https://www.krpmunhasy.com/2022/09/
apa-itu-repository-perguruantinggi.html
Santoso, H. B., dkk. (2016). Measuring User
Experience of the Student-Centered Elearning Environment. Journal of
Educators Online, 13(1), 142–166.
Siregar, R. A., Sari, Y. A., & Indriati, I. (2023).
Analisis Sentimen Kebijakan New
Normal dengan Menggunakan
Automated Lexicon Senti N-Gram.
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu
Komputer. Diambil dari
https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/artic
le/view/5006
Susilo, E. (2019). Cara Menggunakan User
Experience Questionnaire (UEQ) pada
Uji UX. Edi Susilo Blogger &
Fotografer Foto 360 Derajat. Diambil
dari https://www.edisusilo.com/caramenggunakan-user-experiencequestionnaire/
Suteja, B. R. & Harjoko, A. (2008). User
Interface Design for e-Learning System.
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi
Informasi 2008. Diambil dari
https://journal.uii.ac.id/Snati/article/vie
w/859
Suwandi. (2020). Design Of Experiment (DOE).
Six Sigma Indonesia. Diambil dari
https://sixsigmaindonesia.com/designof-experiment-doe/
Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Repository?.
Universitas Raharja. Diambil dari
https://raharja.ac.id/2020/11/13/apa-iturepository/
Tanuwijaya, C. N. (2018). Menerapkan A/B
Testing pada Website untuk
Meningkatkan Conversion Rate
Website. Binus University School of
Information Systems. Diambil dari
https://sis.binus.ac.id/2018/02/15/mener
apkan-a-b-testing-pada-website-untukmeningkatkan-conversion-rate-website/
Tedjo, S. (2017). Prinsip Perancangan Tampilan
Antarmuka/GUI. IMK IF UNIKOM.
Diambil dari
https://docplayer.info/29603761-
Prinsip-perancangan-tampilanantarmuka-gui-imk-if-unikom.html
Tim. (2021). Managing Information Overload in
UX Design: Miller’s Law. Cobe.
Diambil dari
https://medium.cobeisfresh.com/managi
ng-information-overload-in-ux-designmillers-law-707a01348f5
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.