Eksperimen Penerapan Progressive Disclosure Guna Meningkatkan Pengalaman Pengguna Repository Brawijaya Knowledge Garden

Eksperimen Penerapan Progressive Disclosure Guna Meningkatkan Pengalaman Pengguna Repository Brawijaya Knowledge Garden

Penulis

  • Elang Sotya Putra Dumipta Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma
  • Muh. Arif Rahman

Kata Kunci:

Repository BKG, Progressive Disclosure, Penelitian Eksperimen, UX, UI

Abstrak

Repository Brawijaya Knowledge Garden (BKG) adalah sebuah laman yang memuat karya tulis, jurnal,
dan berkas lainnya yang dihasilkan oleh civitas akademik Universitas Brawijaya. Dalam menunjang
penggunaan sebuah laman repository yang lebih baik dan efisien, maka selayaknya laman tersebut
menerapkan beberapa unsur perancangan UI yang baik, salah satunya yaitu kesederhanaan. Namun pada
fitur utama yang ada pada Repository BKG belum menerapkan itu, seperti pada fitur Search Repository
dan Browse Repository. Maka dari itu, dilakukanlah penelitian eksperimen dengan membandingkan
hasil usabilitas dan tingkat pengalaman pengguna dari desain awal kedua fitur tersebut dengan desain
yang telah dilakukan treatment di dalamnya. Teknik yang digunakan dalam membangun desain
treatment adalah menerapkan Progressive Disclosure yang merupakan teknik menyimpan fitur-fitur ke
layar sekunder dan ditampilkan secara bertahap, sehingga pengguna akan menemukan tampilan yang
sederhana tanpa mengurangi fitur yang ditawarkan oleh sistem. Hasil pengujian menunjukkan dalam
tingkat pengalaman pengguna lewat metode UEQ, desain treatment menunjukkan peningkatan yang
signifikan. Untuk pengujian usabilitas dari aspek efisiensi (task time) dan aspek number of error, hanya
pada fitur Browse Repository saja yang mengalami peningkatan signifikan pada kedua aspek tersebut,
sedangkan pada fitur Search Repository tidak mengalami peningkatan signifikan

Referensi

Aftab, Z. (2023). Law of Progressive Disclosure

| Carousel for User Engagement. Enou.

Diambil dari https://enou.co/blog/lawof-progressive-disclosure/

Albert, B. & Tullis, T. (2023). Measuring the

User Experience (Third Edition).

Morgan Kaufmann.

Alicia, S. (2021). Prinsip Desain : Hick’s Law.

Medium. Diambil dari

https://sharenaliciaa.medium.com/prinsi

p-desain-hicks-law-7dcc6b875355

Ambriani, D. & Nurhidayat, A. I. (2020).

Rancang Bangun Repository Publikasi

Ilmiah Dosen Berbasis Web

Menggunakan Framework Laravel.

Jurnal Manajemen Informatika, 10/1

(2020), 58-66. Diambil dari

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ju

rnal-manajemeninformatika/article/view/31468

Anirudha, A. (2022). 7 Metode Usability

Testing. Binus University School of

Information Systems. Diambil dari

http://surl.li/juuqe

Babich, N. (2019). Progressive Disclosure:

Simplifying the Complexity. Shopify

Partners. Diambil dari

https://www.shopify.com/id/partners/bl

og/progressive-disclosure

Dalai, S., dkk. (2020). Exploring OntologyBased Information Through the

Progressive Disclosure of Visual

Answers to Related Queries. Diambildari

https://www.researchgate.net/publicatio

n/342825991_Exploring_OntologyBased_Information_Through_the_Prog

ressive_Disclosure_of_Visual_Answers

_to_Related_Queries

Ding, G. J., H, T. K. P., & Kuo, P. C. (2020).

Progressive Disclosure Options for

Improving Choice Overload on Home

Screen. Diambil dari

https://www.researchgate.net/publicatio

n/342592322_Progressive_Disclosure_

Options_for_Improving_Choice_Overl

oad_on_Home_Screen

Elisurya, S., Az-Zahra, H. M., & Wardani, N. H.

(2019). Evaluasi Pengalaman Pengguna

Menggunakan Usability Testing dan

User Experience Questionnaire (UEQ)

(Studi pada E-Commerce Fashion).

Jurnal Pengembangan Teknologi

Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5),

-4332. Diambil dari https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/5193/2454

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan EksperimenKuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–

Diambil dari

22146/buletinpsikologi.38619

Henim, S. R. & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User

Experience Sistem Informasi Akademik

Mahasiswa pada Perguruan Tinggi

Menggunakan User Experience

Questionnaire. Jurnal Komputer

Terapan, 4/1 (2020), 69 – 78. Diambil

dari

https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

ISO (International Organization for

Standardization). (2010). Ergonomics of

Human System Interaction. Online

Browsing Platform (OBP). Diambil dari

https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:

:-210:ed-1:v1:en

Jaedun, A. (2011). Metode Penelitian

Eksperimen. Fakultas Teknik UNY.

Diambil dari

https://staffnew.uny.ac.id/upload/13156

/pengabdian/metode-penelitianeksperimen.pdf

Kurniawan, I. (2020). Hick’s Law in User

Experience. Binus University. Diambil

dari

https://sis.binus.ac.id/2020/12/03/hickslaw-in-user-experience/

Kusuma, A. J. (2022). TA: Rekomendasi

Aplikasi PeduliLindungi Berdasar Hasil

Analisis User Experience dengan

Indikator UX Honeycomb. Repository

Universitas Dinamika. Diambil dari

https://repository.dinamika.ac.id/id/epri

nt/6726/#:~:text=UX%20Honeycomb%

adalah%20alat%20yang,Findable%2

C%20Accessible%2C%20Usable).

Lolang, E. (2017). Hipotesis Nol dan Hipotesis

Alternatif. Jurnal Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Kristen

Indonesia Toraja. Diambil dari

https://journals.ukitoraja.ac.id/index.ph

p/jkip/article/view/99

Macpherson, E. (2019). The UX Honeycomb:

Seven Essential Considerations for

Developers. Medium. Diambil dari

https://medium.com/mytake/the-uxhoneycomb-seven-essentialconsiderations-for-developersaccc372a398c

Malik (2021). 6 Prinsip Dasar Desain User

Interface. Medium. Diambil dari

https://medium.com/niagahosterproduct/6-prinsip-dasar-desain-userinterface-8f77a9d4fa7

Montgomery, D. C. (2013). Design and Analysis

of Experiments. John Wiley and Sons.

Diambil dari

https://industri.fatek.unpatti.ac.id/wpcontent/uploads/2019/03/181-Designand-Analysis-of-Experiments-DouglasC.-Montgomery-Edisi-8-2013.pdf

Nagulwar, A. (2021). Progressive Disclosure:

The Art of Revealing. Aubergine.

Diambil dari

https://auberginesolutions.com/blog/pro

gressive-disclosure-the-art-ofrevealing/

Nielsen, J. (2006). Progressive Disclosure.

Nielsen Norman Group. Diambil dari

https://www.nngroup.com/articles/prog

ressive-disclosure/

Nielsen, J. (2001). Usability Metrics. Nielsen

Norman Group. Diambil dari

https://www.nngroup.com/articles/usabi

lity-metrics/

Orlova, M. (2016). User Experience Design (UX

Design) in a Website Development:

Website Redesign. Diambil dari

https://www.theseus.fi/handle/10024/12

Plaosan, S. V. (2021). Belajar Desain

Eksperimen. Medium. Diambil dari

https://vanplaosan.medium.com/belajar-desaineksperimen-efd89743974c

Pramudita, R., dkk. (2021). Penggunaan

Aplikasi Figma dalam Membangun

UI/UX yang Interaktif pada Program

Studi Teknik Informatika STMIK

Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian

/1 (2021). Diambil dari

https://doi.org/10.36805/jurnalbuanape

ngabdian.v3i1.1542

Raharjo, S. (2015). Cara Uji Independent

Sample T-Test dan Interpretasi dengan

SPSS. SPSS Indonesia. Diambil dari

https://www.spssindonesia.com/2015/0

/cara-uji-independent-sample-t-testdan.html

Ramadhan, W. (2022). 3 Tools Wajib untuk UI

Design yang Bisa Kamu Akses Gratis,

Kreativv. Diambil dari

https://kreativv.com/uidesign/2/#:~:text=Maze%20merupakan

%20sebuah%20user%20testing,dites%

lewat%20platform%20ini%2C%20G

enK.

Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian

Eksperimental dalam Pembelajaran

Bahasa Kedua. Prasi: Jurnal Bahasa,

Seni, dan Pengajarannya, 6(11). Diambil

dari

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph

p/PRASI/article/view/6816

Revitas, T. (2022). ICT adalah: Pengertian,

Manfaat, dan Contoh Penerapan dalam

Berbagai Bidang. DailySocial.id.

Diambil dari http://surl.li/jtyqc

Rocky. (2022). Apa itu Repository Perguruan

Tinggi?. UKM KPRM UNHASY.

Diambil dari

https://www.krpmunhasy.com/2022/09/

apa-itu-repository-perguruantinggi.html

Santoso, H. B., dkk. (2016). Measuring User

Experience of the Student-Centered Elearning Environment. Journal of

Educators Online, 13(1), 142–166.

Siregar, R. A., Sari, Y. A., & Indriati, I. (2023).

Analisis Sentimen Kebijakan New

Normal dengan Menggunakan

Automated Lexicon Senti N-Gram.

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu

Komputer. Diambil dari

https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/artic

le/view/5006

Susilo, E. (2019). Cara Menggunakan User

Experience Questionnaire (UEQ) pada

Uji UX. Edi Susilo Blogger &

Fotografer Foto 360 Derajat. Diambil

dari https://www.edisusilo.com/caramenggunakan-user-experiencequestionnaire/

Suteja, B. R. & Harjoko, A. (2008). User

Interface Design for e-Learning System.

Seminar Nasional Aplikasi Teknologi

Informasi 2008. Diambil dari

https://journal.uii.ac.id/Snati/article/vie

w/859

Suwandi. (2020). Design Of Experiment (DOE).

Six Sigma Indonesia. Diambil dari

https://sixsigmaindonesia.com/designof-experiment-doe/

Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Repository?.

Universitas Raharja. Diambil dari

https://raharja.ac.id/2020/11/13/apa-iturepository/

Tanuwijaya, C. N. (2018). Menerapkan A/B

Testing pada Website untuk

Meningkatkan Conversion Rate

Website. Binus University School of

Information Systems. Diambil dari

https://sis.binus.ac.id/2018/02/15/mener

apkan-a-b-testing-pada-website-untukmeningkatkan-conversion-rate-website/

Tedjo, S. (2017). Prinsip Perancangan Tampilan

Antarmuka/GUI. IMK IF UNIKOM.

Diambil dari

https://docplayer.info/29603761-

Prinsip-perancangan-tampilanantarmuka-gui-imk-if-unikom.html

Tim. (2021). Managing Information Overload in

UX Design: Miller’s Law. Cobe.

Diambil dari

https://medium.cobeisfresh.com/managi

ng-information-overload-in-ux-designmillers-law-707a01348f5

Unduhan

Diterbitkan

31 Mei 2024

Cara Mengutip

Sotya Putra Dumipta, E., Putra Kharisma, A., & Arif Rahman, M. (2024). Eksperimen Penerapan Progressive Disclosure Guna Meningkatkan Pengalaman Pengguna Repository Brawijaya Knowledge Garden. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13699

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...