Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Untuk Kelas 11 TKJ Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model 4-D
Kata Kunci:
Pengembangan, Model 4D, E-Modul, Media Pembelajaran, CanvaAbstrak
Era digital memacu transformasi pendidikan, baik sekolah hingga perguruan tinggi mengikuti tren pembelajaran yang modern dan efisien salah satu nya modul elektronik. SMK N 2 Malang awal tahun 2023 baru menerapkan Kurikulum Merdeka, kegiatan belajar siswa menggunakan modul yang menyerupai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diakses melalui E-Learning sekolah, modul tersebut merupakan modul lama yang dibuat oleh siswa di tahun sebelumnya. Solusi yang diberikan adalah mengembangkan media pembelajaran baru berbentuk E-Modul dengan tujuan dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman secara efektif. Pengembangan E-Modul dilakukan dengan menerapkan model pengembangan 4-D dengan alat bantu canva karena sesuai dengan pengembangan media pembelajaran. Data yang diambil menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil kuesioner uji validasi oleh 2 penguji masing-masing ahli media serta ahli materi menggambarkan bahwa e-modul termasuk kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase ahli media rata-rata 92,8% dan ahli materi rata-rata 88%. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 27 orang siswa memperoleh rata-rata sebesar 44,44 dan hasil post-test meningkat 57,17% dengan rata-rata 69,85. Selain itu hasil validitas dari 12 soal menggunakan SPSS menunjukkan hasil koefisien yang signifikan lebih besar dari 0,05 atau 0,01. Sedangkan hasil reliabilitas menunjukkan nilai sebesar 0,748 lebih besar dari R tabel 0,381 dengan n = 27 sehingga hasil tersebut ajeg untuk digunakan sebagai alat ukur tingkat pemahaman siswa.
Referensi
Akhmadi, L., Herlambang, A.D. and Wijoyo, S.H., 2019. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 3(4), pp.3874–3879. Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5052> [Accessed 23 May 2023].
Anjar, 2016. Modul : Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Pembuatan Serta Komponen-komponennya. [online] Available at: <https://www.wawasanpendidikan.com/2016/08/Modul-Pengertian-Karakteristikdan-Tujuan-Pembuatan-Serta-Komponen-komponennya.html> [Accessed 12 June 2023].
Arikunto, S., 2011. Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rev. VI ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A., 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Pustaka.
Damanik, T.M., Hutasuhut, S. and Fitrawaty, 2020. The Development of E-Module to Improve Learning Results Introduction to Accounting I. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, [online] 3(4), pp.2194–2207. Available at: <https://bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/1496> [Accessed 23 May 2023].
Damayanti, R.H., Az-zahra, H.M. and Wijoyo, S.H., 2019. Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang dengan Model Pengembangan 4-D. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 3(10), pp.9892–9899. Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6624> [Accessed 23 May 2023].
Dian, N.F., 2021. TAKSONOMI BLOOM: MODEL DALAM MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN. [online] Available at: <https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/160/taksonomi-bloom-model-dalam-merumuskan-tujuan-pembelajaran> [Accessed 12 June 2023].
Direktorat Sekolah Dasar, 2023. Kurikulum Merdeka. [online] Available at: <https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka#> [Accessed 22 May 2023].
Dirto and Sari, D.B.K., 2021. MODUL DAN BUKU CETAK, APA PERBEDAANNYA? [online] Available at: <https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apa-perbedaannya> [Accessed 16 June 2023].
Ernawati, I. and Sukardiyono, T., 2017. UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER. JURNAL ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), [online] 2(2), pp.204–210. Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/download/17315/10084> [Accessed 22 August 2023].
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Jakarta: DPSMA.
Monoarfa, M. and Haling, A., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru . [online] Available at: <https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259> [Accessed 12 June 2023].
Munadi, Y., 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. GP Press Group.
Najuah, Lukitoyo, P.S. and Wirianti, W., 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. [online] Medan: Yayasan Kita Menulis. Available at: <http://digilib.unimed.ac.id/49006/> [Accessed 5 June 2023].
Najuah, Sidiq, R. and Sabrina, R., 2021. ORIENTASI PENDIDIKAN MASA KINI: Pentingnya Mengembangkan Modul Elektronik di Era Digital. [online] Banten: CV. AA Rizky. Available at: <https://www.aarizky.com/viewbuku.php?idp=MTc4> [Accessed 14 July 2023].
Nurrita, T., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p.171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Radiusman, 2020. STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, [online] 6(1), pp.1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.
Raqzitya, F.A. and Agung, A.A.G., 2022. E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, [online] 10(1), pp.108–116. Available at: <https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41590> [Accessed 20 December 2023].
Sadiman, A., 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Sadiman, D., 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Samaduri, A., 2022. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, [online] 6(1), p.109. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1466.
Sanjaya, W., 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Suarsana, I.M., 2013. PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), pp.264–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.
Sudijono, A., 2016. Pengetahuan Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroya, H.A., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN FIQH BAB ZAKAT KELAS 8 MTsN PULOSARI TULUNGAGUNG. [online] S1. UIN SATU TULUNGAGUNG. Available at: <http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8219/> [Accessed 22 August 2023].
Susanto, A., 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Thiagarajan, Sivasailam and Others, 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE). Washington.
Widiasworo and Erwin, 2017. Smart Study. Jakarta.
Wulandari, T. and Mudinillah, A., 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), pp.102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.
Akhmadi, L., Herlambang, A.D. and Wijoyo, S.H., 2019. Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 3(4), pp.3874–3879. Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5052> [Accessed 23 May 2023].
Anjar, 2016. Modul : Pengertian, Karakteristik dan Tujuan Pembuatan Serta Komponen-komponennya. [online] Available at: <https://www.wawasanpendidikan.com/2016/08/Modul-Pengertian-Karakteristikdan-Tujuan-Pembuatan-Serta-Komponen-komponennya.html> [Accessed 12 June 2023].
Arikunto, S., 2011. Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rev. VI ed. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A., 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Pustaka.
Damanik, T.M., Hutasuhut, S. and Fitrawaty, 2020. The Development of E-Module to Improve Learning Results Introduction to Accounting I. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, [online] 3(4), pp.2194–2207. Available at: <https://bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/1496> [Accessed 23 May 2023].
Damayanti, R.H., Az-zahra, H.M. and Wijoyo, S.H., 2019. Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang dengan Model Pengembangan 4-D. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 3(10), pp.9892–9899. Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6624> [Accessed 23 May 2023].
Dian, N.F., 2021. TAKSONOMI BLOOM: MODEL DALAM MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN. [online] Available at: <https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/160/taksonomi-bloom-model-dalam-merumuskan-tujuan-pembelajaran> [Accessed 12 June 2023].
Direktorat Sekolah Dasar, 2023. Kurikulum Merdeka. [online] Available at: <https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka#> [Accessed 22 May 2023].
Dirto and Sari, D.B.K., 2021. MODUL DAN BUKU CETAK, APA PERBEDAANNYA? [online] Available at: <https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apa-perbedaannya> [Accessed 16 June 2023].
Ernawati, I. and Sukardiyono, T., 2017. UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER. JURNAL ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), [online] 2(2), pp.204–210. Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/download/17315/10084> [Accessed 22 August 2023].
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Jakarta: DPSMA.
Monoarfa, M. and Haling, A., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru . [online] Available at: <https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259> [Accessed 12 June 2023].
Munadi, Y., 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. GP Press Group.
Najuah, Lukitoyo, P.S. and Wirianti, W., 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. [online] Medan: Yayasan Kita Menulis. Available at: <http://digilib.unimed.ac.id/49006/> [Accessed 5 June 2023].
Najuah, Sidiq, R. and Sabrina, R., 2021. ORIENTASI PENDIDIKAN MASA KINI: Pentingnya Mengembangkan Modul Elektronik di Era Digital. [online] Banten: CV. AA Rizky. Available at: <https://www.aarizky.com/viewbuku.php?idp=MTc4> [Accessed 14 July 2023].
Nurrita, T., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p.171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Radiusman, 2020. STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, [online] 6(1), pp.1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.
Raqzitya, F.A. and Agung, A.A.G., 2022. E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, [online] 10(1), pp.108–116. Available at: <https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41590> [Accessed 20 December 2023].
Sadiman, A., 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Sadiman, D., 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Samaduri, A., 2022. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, [online] 6(1), p.109. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1466.
Sanjaya, W., 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Suarsana, I.M., 2013. PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), pp.264–275. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.
Sudijono, A., 2016. Pengetahuan Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroya, H.A., 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN FIQH BAB ZAKAT KELAS 8 MTsN PULOSARI TULUNGAGUNG. [online] S1. UIN SATU TULUNGAGUNG. Available at: <http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8219/> [Accessed 22 August 2023].
Susanto, A., 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Thiagarajan, Sivasailam and Others, 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE). Washington.
Widiasworo and Erwin, 2017. Smart Study. Jakarta.
Wulandari, T. and Mudinillah, A., 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), pp.102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.