Eksperimen Penerapan Desain Soft Boundary, Hard Boundary, dan Hide Non-Essential Information Aplikasi Access by KAI

Eksperimen Penerapan Desain Soft Boundary, Hard Boundary, dan Hide Non-Essential Information Aplikasi Access by KAI

Penulis

  • Rosa Devi Phutpitasari Universitas Brawijaya
  • Agi Kharisma
  • Candra Dewi

Kata Kunci:

task time, kemudahan, soft boundary, hard boundary, hide non-essential information, t-test

Abstrak

Aplikasi Access by KAI adalah salah satu  aplikasi e-ticketing yag menjadi solusi paktis yang dapat meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas yang tinggi dalam pola kehidupan sosial ekonomi. Berdasarkan data yang dikumpulakn dari Google Play, aplikasi Access by KAI memiliki rating 184,961 ulasan yang sebagian besar keluhan dari pengguna terkait dengan penjadwalan tiket seperti harga yang tertampil bukan harga pasti, seat kosong ditampilkan secara bersamaan, penampilan seat kelas harus di dropdown terlebih dahuluagar tertampil tiket secara keseluruhan. Dari permasalahan yang ditemukan, peneliti memiliki hipotesis awal yang dapat meningkatkan usability dengan menerapkan desain soft boundary, hard boundary, dan hide non-essential information. Melalui pengujian usability testing dengan melakukan pengujian signifikan atau uji beda dengan paired sample t-test kepada 10 orang mahasiswa FILKOM UB yang dibagi secara acak menjadi 2 grup untuk menentukan urutan pengujian. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan task time eksperimen soft boundary dan hard boundary (p=0.35751394), terdapat perbedaan task time eksperimen hide non-essential information (p=0.012037314), tidak terdapat perbedaan kemudahan eksperimen soft boundary dan hard boundary (p=1), dan tidak terdapat perbedaan kemudahan eksperimen hide non-essetial information (p=0.422571628).

Referensi

Anjarwani, E., Jatmika, A.H., Agitha, N., Albar, M.A. and Afwani, R., n.d. PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG BIJAK BAGI REMAJA PADA ERA GLOBALISASI (The Wise Use Of Information And Communication Technology For Youth In The Globalization Era). [online] Available at: <http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/>.

Anon. 2023. Saring dan Sorting.

Anon. n.d. Moderated vs. unmoderated usability testing: the pros and cons. User Testing.

Bower, K., n.d. What is Design of Experiments (DOE)?

Christanto, H.J., Sediyono, E., Satya Wacana B Magister, K., Informasi, S., Informasi, T., Kristen, U. and Wacana, S., 2020. Analisa Tingkat Usability Berdasarkan Human Computer Interaction untuk Sistem Pemesanan Tiket Online Kereta Api. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp1163-172.

Dian, Z., 2022. Perkembangan Teknologi di Era Digital.

Ernowo, A.E., Julianto, E. and Handarkho, Y.D., 2021b. Pengujian Website CGV Cinemas Berdasarkan Aspek IMK dengan Metode A/B Testing. Jurnal Informatika Atma Jogja, .

Hadi, K., n.d. Analisis dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access dengan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire.

Hananto, B.A., Melini, E., Zulkarnain, A. and Kotandi, J., 2022. Uji Coba Metode A/B Testing dalam Proses Desain (Objek Eksperimen: Visual Tampilan Permainan Digital Acaraki). GESTALT, 4(1), pp.1–16. https://doi.org/10.33005/gestalt.v4i1.109.

Hardiantoro, A. and Firdaus, F., 2023. Alasan KAI Ubah KAI Access menjadi Access by KAI.

Hwan Kim, S., Jin, J., Sevinchan, M. and Davies, A., 2023. How do automated reasoning features impact the usability of a clinical task management system? Development and usability testing of a prototype. International Journal of Medical Informatics, 174. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2023.105067.

Lazar, J., Feng, J.H. and Hochheiser, H., n.d. Research methods in human-computer interaction.

Navy, C., 2022. 11 Best Practices For Planning Tool UX Design.

Ratnasari, N., Prasetya, A. and #2, W., 2020. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Analisis Perbandingan Kualitas UI/UX Platform Online Coding Course pada Pembelajaran Daring Pemrograman Komputer dengan Metode A/B Testing. [online] Available at: <https://trends.google.com.>.

Salman, H.M., Wan Ahmad, W.F. and Sulaiman, S., 2023. A design framework of a smartphone user interface for elderly users. Universal Access in the Information Society, 22(2), pp.489–509. https://doi.org/10.1007/s10209-021-00856-6.

Saputri, Y., n.d. Perancangan User Experience Aplikasi Adopsi Kucing dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pecinta Kucing di Malang).

Unduhan

Diterbitkan

31 Mei 2024

Cara Mengutip

Phutpitasari, R. D., Kharisma, A., & Dewi, C. (2024). Eksperimen Penerapan Desain Soft Boundary, Hard Boundary, dan Hide Non-Essential Information Aplikasi Access by KAI. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13707

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...