Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Manajemen Pembelian dan Patungan Hewan Kurban Berbasis Android (Studi Kasus Masjid Al Huda, Malang)
Kata Kunci:
pembelian, patungan, hewan kurban, android, waterfall, SUSAbstrak
Masjid Al Huda, Malang mengalami permasalahan terhadap kurangnya partisipasi masyarakat setempat pada program patungan hewan kurban akibat kurangnya efektivitas manajemen pengelolaan dan metode penyebaran informasi. Hasil survei terhadap 51 umat Islam menunjukkan bahwa meskipun terdapat platform pembelian hewan kurban secara daring, 90,2% responden memilih untuk berkurban dengan membeli atau patungan hewan kurban di masjid terdekat agar dapat melihat fisik hewan kurban secara langsung. Saat ini, aplikasi untuk meningkatkan efektivitas manajemen pembelian dan patungan hewan kurban telah banyak dikembangkan. Namun, belum terdapat aplikasi yang memfasilitasi pembelian dan patungan hewan kurban tanpa mengharuskan jemaah untuk mencari partner patungan secara mandiri. Dengan demikian, dilakukan pengembangan aplikasi yang dapat memanajemen dan menjadi media informasi terbaru dari program patungan hewan kurban, serta memungkinkan jemaah untuk tidak mencari partner patungan secara mandiri dan dapat melihat hewan kurban secara langsung melalui fitur pencarian lokasi masjid penyedia hewan kurban terdekat. SDLC Waterfall dipilih untuk menjamin pengembangan aplikasi telah terencana dengan baik, sehingga menghasilkan produk aplikasi berkualitas tinggi. Pengujian unit, pengujian validasi, dan pengujian usabilitas telah memastikan sistem memiliki seluruh program dan fungsionalitas yang valid, dapat menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien, serta memuaskan pengguna dalam mencapai tujuannya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.