Pengembangan Aplikasi Pelatihan Pengucapan Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Berbasis Platform iOS Menggunakan SFSpeechRecognizer

Pengembangan Aplikasi Pelatihan Pengucapan Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Berbasis Platform iOS Menggunakan SFSpeechRecognizer

Penulis

  • Gede Pramananda Kusuma Wisesa Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Pelatihan, Pengucapan, Bahasa Inggris, iOS, SDLC Prototyping

Abstrak

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Denpasar terkait dengan pengembangan aplikasi pelatihan pengucapan bahasa inggris dengan total 60 orang responden yang terbagi atas 38 perempuan dan 22 laki-laki, 51,7% dari total keseluruhan responden merupakan pengguna perangkat berbasis iOS yang juga memiliki pengalaman dalam menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa inggris. 46,7% dari total responden memiliki permasalahan dalam berbicara bahasa inggris dengan 55% dari total responden mengharapkan adanya aplikasi yang dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman dalam pengucapan bahasa inggris. Maka dari itu, dikembangkan sebuah aplikasi pelatihan pengucapan bahasa inggris yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Aplikasi dikembangkan dengan metode pengembangan perangkat lunak Prototyping, bahasa pemrograman Swift, penyimpanan data melalui Firebase, dengan arsitektur MVC (Model-View- Controller). Prototipe dari aplikasi diuji dengan menggunakan Maze kepada calon pengguna dan aplikasi akhir diuji dengan pengujian akurasi dan pengujian usabilitas. Pengujian akurasi dilakukan dengan penilaian kesesuaian akurasi pengucapan dalam aplikasi dengan pengucapan responden yang dilakukan oleh guru atau mahasiswa di bidang bahasa inggris. Pengujian usabilitas dilakukan dengan scenario-based testing untuk mengukur efektivitas penggunaan aplikasi dan system usability scale untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna yang diujikan kepada calon pengguna. Pada pengujian akurasi, didapatkan hasil kesesuaian tingkat akurasi 88,2%. Pada pengujian usabilitas, didapatkan tingkat efektivitas aplikasi 100% dengan tingkat kepuasan pengguna 94,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi pelatihan pengucapan bahasa inggris dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman dalam pengucapan bahasa inggris.

Referensi

Chaliffilardhy, M., 2018. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Automatic Speech Recognizer (ASR). [online] Available at: <http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166823> [Accessed 7 September 2022].

Developers, 2023. Model-View-Controller. [online] Available at: <https://developer.apple.com/library/archive/documentation/General/Conceptual/DevPedia-CocoaCore/MVC.html> [Accessed 28 October 2023].

Endratno, J. and Lestari, C.C., 2022. Rancang Bangun Aplikasi Resep Masakan Tanpa Kontak Dengan Perintah Suara. JUISI, 08(01), pp.21–30.

Muchlison, I.D., Kharisma, A.P. and Arwani, I., 2022. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Event di bidang Teknologi Informasi berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(1), pp.282–291.

Putranti, B.E. and Ambawani, S., 2019. PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN RT 37 RW 13 KELURAHAN GIWANGAN KECAMATAN UMBULHARJO. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND Yogyakarta , 2(2), pp.177–183.

Septian, A.D., 2017. PERANCANGAN APLIKASI MOILE COMMERCE BERBASIS IOS. AMIK BSI Jakarta.

Sommerville, I., 2020. Engineering software products : An Introduction to Modern Software Engineering. Global Edition ed. Harlow: Pearson Education Limited.

Tegris, E., 2020. Analisis Penyebab Masalah Pengucapan Bahasa Inggris Dalam Kerangka Merdeka Belajar Berbasis Konsep Ajaran Ki Hajar Dewantara. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa.” pp.62–68.

Unduhan

Diterbitkan

31 Mei 2024

Cara Mengutip

Kusuma Wisesa, G. P. (2024). Pengembangan Aplikasi Pelatihan Pengucapan Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Berbasis Platform iOS Menggunakan SFSpeechRecognizer. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13724

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...