Perancangan UI Ftitur Absensi Ulang Otomatis dan Rekap Gaji Aplikasi Mekari Talenta Menggunakan Design Thinking dan UEQ
Kata Kunci:
design thinking, ueq, ui, perancanganAbstrak
Penelitian berkaitan dengan gangguan teknis pada aplikasi Mekari Talenta dimana sistem seringkali down saat jam absensi. Penelitian berfokus pada perspektif end user dan high level. Teridentifikasi dampak seperti ketidakakuratan data absensi, pengurangan gaji, hingga dampak strategis seperti kecurangan absensi, penurunan KPI, loyalitas karyawan, dan citra perusahaan. Solusi diajukan dengan dengan melakukan perancangan UI fitur absensi ulang otomatis dan rekap gaji menggunakan pendekatan design thinking. Perancangan dari sisi UI (User Interface) dilakukan sebagai langkah pertama yang penting dilakukan untuk memahami kebutuhan dan tuntutan pengguna terhadap fitur sebelum masuk ke pengembangan software. Proses testing dilakukan melalui usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Iterasi prototype dilakukan sebanyak dua kali yaitu setelah pertama setelah melakukan usability testing dan kedua setelah UEQ. Hasil akhir UEQ menunjukkan bahwa sejumlah variabel telah mendapatkan penilaian “good” dari pengguna pada aspek efisiensi , stimulasi dan kebaruan . dan mendapatkan penilaian “above average” (diatas rata rata) pada aspek daya tarik , kejelasan dan ketepatan. Meskipun secara umum iterasi UI sudah dianggap baik dan mendapatkan persetujuan akhir dari pengguna, diharapkan adanya peningkatan UI pada beberapa aspek seperti attractiveness, perspicuity, dan dependability yang masih mendapat nilai “above average” untuk menjawab kebutuhan pengguna lebih maksimal.
Referensi
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Julian, D., Sutabri, T., & Negara, E. S. (2023). Medan. Perancangan UI/UX Aplikasi Forum Diskusi Mahasiswa Universitas Bina Darma Dengan Menerapkan Metode Design Thinking. Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan. Volume, 6(1). http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/3579/2392
Kurnia, F. (2023, January 21). PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. Dailysocial. https://dailysocial.id/post/ui-user-interface
Nanda, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contoh. Brain Academy. https://www.brainacademy.id/blog/metode-penelitian-kualitatif
Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/
Norman, D., & Nielsen, J. (2021). The Definition of User Experience (UX). Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/
Reynaldi, V. K., & Setiyawati, N. (2022). PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 835–849. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109
SC, S. (2018). ISO 9241-11:2018 Ergonomics of Human-system Interaction.
Susilo, E. (2019, March 11). Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX. EDI SUSILO. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-user-experience-questionnaire/
Susilo, E., Andhi, R. R., & Ramadhani, D. (2022). Evaluasi User Interface Website Prodi Teknik Informatika UNRI Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5(2), 366–373. https://doi.org/10.29408/jit.v5i2.5939
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Julian, D., Sutabri, T., & Negara, E. S. (2023). Medan. Perancangan UI/UX Aplikasi Forum Diskusi Mahasiswa Universitas Bina Darma Dengan Menerapkan Metode Design Thinking. Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan. Volume, 6(1). http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/3579/2392
Kurnia, F. (2023, January 21). PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. Dailysocial. https://dailysocial.id/post/ui-user-interface
Nanda, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contoh. Brain Academy. https://www.brainacademy.id/blog/metode-penelitian-kualitatif
Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/
Norman, D., & Nielsen, J. (2021). The Definition of User Experience (UX). Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/
Reynaldi, V. K., & Setiyawati, N. (2022). PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 835–849. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109
SC, S. (2018). ISO 9241-11:2018 Ergonomics of Human-system Interaction.
Susilo, E. (2019, March 11). Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX. EDI SUSILO. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-user-experience-questionnaire/
Susilo, E., Andhi, R. R., & Ramadhani, D. (2022). Evaluasi User Interface Website Prodi Teknik Informatika UNRI Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5(2), 366–373. https://doi.org/10.29408/jit.v5i2.5939
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.