Perancangan Interaksi Sistem Manajemen Kos Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kos Arga Wilis)
Kata Kunci:
Design Thinking, Usability Testing, System Usability Scale (SUS)Abstrak
Pada era digital yang semakin berkembang, pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam industri semakin terasa mendalam, termasuk dalam industri penginapan seperti kos. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem manajemen kos, sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pemilik Kos Arga Wilis terkait dengan pemeliharaan fasilitas kamar. Adanya perbedaan antara lokasi usaha dan domisili pemilik kos, mengharuskan proses pengawasan pemeliharaan fasilitas kamar dilakukan secara jarak jauh yang kurang terkontrol. Luaran dari perancangan ini, merupakan sebuah prototype yang memungkinkan pemilik kos untuk melakukan pemantauan progress maintenance kamar yang lebih terkontrol, karena melibatkan penyewa kos untuk mengevaluasi hasil maintenance yang telah dilakukan oleh pegawai. Selain itu, prototype yang dibuat juga dapat membantu pemilik kos, dalam mengatasi permasalahan-permasalahan umum terkait manajemen kos, seperti monitoring okupansi kamar, dan sebagainya. Pendekatan design thinking digunakan dalam perancangan sistem ini, dengan proses mulai dari tahap empathize hingga testing. Proses perancangan diawali dengan tahap empathize hingga pembuatan prototype, yang kemudian diuji menggunakan metode usability testing. Selama proses pengujian, observasi terhadap partisipan pengujian juga dilakukan untuk mengamati perilaku partisipan dalam berinteraksi dengan sistem. Hasil observasi menunjukkan sebagian besar partisipan mampu berinterkasi dengan baik dan menyelesaikan task yang diberikan tanpa kesulitan, meskipun partisipan yang berumur lanjut memerlukan waktu pengerjaan lebih lama. System usability scale (SUS) yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna, menunjukkan rata-rata skor 83,5, yang dinyatakan sebagai tingkat kepuasan yang baik dari sudut pandang acceptability, grade scale, dan adjective rating. Berdasarkan rata-rata skor SUS yang didapatkan dan umpan balik yang diberikan oleh para partisipan selama pengujian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem manajemen kos sudah baik.
Referensi
Andini, A., Yusup, D., & Susilawati, S. (2023). Penerapan System Usability Scale Dalam Menganalisis Ui/Ux Pada Website Asuransi Mitra (Studi Kasus: Website Pasarpolis). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 149-163.
Ardiansyah, M. F., & Rosyani, P. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer …, 1(4).
Darma, G. S. (2004). The Impact of Information Technology Investment on the Hospitality Industry. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2).
Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing personas with empathy map. Proceedings of the International Conference on Software Engineering and Knowledge Engineering, SEKE, 2015-January.
Graham, G., & Chandrashekar, S. (2016). Inclusive process and tool for evaluation of accessible user experience (AUX). Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9737. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40250-5_6
Interaction Design Foundation - IxDF. (2016, August 16). What is Inclusive Design?. Interaction Design Foundation - IxDF. https://www.interactiondesign.org/literature/topics/inclusive-design
Karo Sekali, I. B., Montolalu, C. E. J. C., & Widiana, S. A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2).
Rahmi, R., Pradnyana, I. M. A., & Kesiman, M. W. A. (2019). Usability Testing Berbasis ISO 9241-11 Pada Aplikasi Salak Bali (Studi Kasus : Polres Buleleng). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(3).
Sundt, A., & Davis, E. (2017). User Personas as a Shared Lens for Library UX. Weave: Journal of Library User Experience, 1(6).
Andini, A., Yusup, D., & Susilawati, S. (2023). Penerapan System Usability Scale Dalam Menganalisis Ui/Ux Pada Website Asuransi Mitra (Studi Kasus: Website Pasarpolis). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 149-163.
Ardiansyah, M. F., & Rosyani, P. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer …, 1(4).
Darma, G. S. (2004). The Impact of Information Technology Investment on the Hospitality Industry. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2).
Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing personas with empathy map. Proceedings of the International Conference on Software Engineering and Knowledge Engineering, SEKE, 2015-January.
Graham, G., & Chandrashekar, S. (2016). Inclusive process and tool for evaluation of accessible user experience (AUX). Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9737. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40250-5_6
Interaction Design Foundation - IxDF. (2016, August 16). What is Inclusive Design?. Interaction Design Foundation - IxDF. https://www.interactiondesign.org/literature/topics/inclusive-design
Karo Sekali, I. B., Montolalu, C. E. J. C., & Widiana, S. A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2).
Rahmi, R., Pradnyana, I. M. A., & Kesiman, M. W. A. (2019). Usability Testing Berbasis ISO 9241-11 Pada Aplikasi Salak Bali (Studi Kasus : Polres Buleleng). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(3).
Sundt, A., & Davis, E. (2017). User Personas as a Shared Lens for Library UX. Weave: Journal of Library User Experience, 1(6).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.