Sistem Pelatihan Pengucapan Huruf Konsonan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Random Forest

Sistem Pelatihan Pengucapan Huruf Konsonan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Random Forest

Penulis

  • Lidya Ruth Pricillia Universitas Brawijaya
  • Dahnial Syauqy Universitas Brawijaya
  • Rekyan Regasari Mardi Putri Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

konsonan, kecerdasan linguistik, random forest, MAX9814

Abstrak

Golden age, yang berkisar pada rentang usia 0-6 tahun, merupakan periode penting dalam masa pertumbuhan anak dimana otak akan sangat responsif dalam menerima berbagai informasi guna mengembangkan dasar-dasar kecerdasan kognitif dan linguistik. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan linguistik pada anak adalah melalui pelatihan pengucapan. Kemampuan anak untuk bisa mengucapkan huruf konsonan merupakan tahapan krusial dalam membangun dasar yang kuat untuk membaca, mengembangkan kosakata, dan pemahaman tentang suara Bahasa. Untuk itu, penelitian mengenai sistem pelatihan pengucapan huruf konsonan dilakukan. Sistem ini dirancang untuk memberikan pelatihan pengucapan huruf konsonan pada anak usia dini, didukung oleh algoritma machine learning, yaitu random forest, untuk mengklasifikasikan pengucapan huruf konsonan mereka. Sistem yang dirancang memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik secara real-time terhadap pelafalan fonem tanpa memerlukan keberadaan instruktur fisik. Sistem pelatihan pengucapan huruf konsonan dirancang dengan menggabungkan teknologi sensor MAX9814 sebagai mikrofon dan diintegrasikan dengan perangkat Arduino Uno sebagai mikrokontroller yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data. Output dari sistem bersifat visual yang diberikan melalui layar LCD ST7789 TFT. Berdasarkan evaluasi hasil pengujian, sistem menghasilkan tingkat akurasi sebesar 64% dari 25 data uji pengucapan huruf konsonan, dengan rata-rata waktu komputasi sekitar 199,6 ms dari 15 data uji.

Referensi

Fitriani, N. (2022, September 22). Embedded System. Nesabamedia.

Khadijah, Arsyad, J., & Aulia, K. (2020). Perkembangan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Pratiwi, A. S., Dewi, R. S., & Lestari, A. T. (2018). PSIKOEDUKASI KESADARAN FONOLOGI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KOTA TASIKMALAYA. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 2(2a), 1–7. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.284

Yan, S., Ye, L., Han, S., Han, T., Li, Y., & Alasaarela, E. (2020). Speech Interactive Emotion Recognition System Based on Random Forest. 1458–1462.

Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2

Unduhan

Diterbitkan

12 Jul 2024

Cara Mengutip

Pricillia, L. R., Syauqy, D., & Putri, R. R. M. (2024). Sistem Pelatihan Pengucapan Huruf Konsonan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Random Forest. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13782

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...