Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Bergerak Deteksi Dini Gangguan Kecemasan Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
Gangguan Kecemasan, Perancangan Pengalaman Pengguna, Penelitian Kuantitatif, Design Thinking, Usability, MobileAbstrak
Gangguan kecemasan merupakan suatu kondisi yang kerap dialami oleh sebagian besar masyarakat dan perlu untuk dilakukan penanganan sesegera mungkin. Akan tetapi akses untuk mendapatkan layanan penanganan kecemasan dan gangguan mental lainnya cukup sulit, terutama pada daerah yang jauh dari perkotaan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan pelayanan kesehatan mental khususnya gangguan kecemasan secara efektif. Untuk itu, pada penelitian ini dilakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi deteksi dini gangguan kecemasan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode Design Thinking serta dimulai dengan pengumpulan informasi untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna. Kemudian pada tahap analisis, diidentifikasi 55 kebutuhan pengguna dan 9 fitur utama. Pada tahap perumusan dan perancangan solusi desain, didapatkan 29 user flow, wireframe, dan mockup antarmuka aplikasi. Hasil desain aplikasi diujikan kepada mahasiswa dan ahli psikologi menggunakan metode pengujian usability. Hasil pengujian menunjukkan nilai efektivitas (completion rate) mahasiswa mencapai 100% dan ahli psikologi 98,75%, melampaui rata-rata. Efisiensi mencapai 0,110 goals/sec dan 100% untuk mahasiswa, serta 0,106 goals/sec dan 98,47% untuk ahli psikologi. Nilai kepuasan (SUS) adalah 82,1 untuk mahasiswa dan 76 untuk ahli psikologi. Kemudian komponen kemudahan (SEQ) dan pengalaman pengguna (UEQ) menunjukkan hasil di atas rata-rata. Setelah itu dilakukan perbaikan desain berdasarkan umpan balik pengguna dan dilakukan pengujian ulang dengan hasil aspek usability yang cenderung meningkat dibandingkan dengan pengujian pertama. Penelitian juga mencakup implementasi desain aplikasi ke dalam front-end aplikasi mobile berbasis Android.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.