Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi & Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Malang

Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi & Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Malang

Penulis

  • Brian Adriansyah Dwi Wahyudi Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Universitas Brawijaya
  • Buce Trias Hanggara

Kata Kunci:

Mobile JKN, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Delone & Mclean

Abstrak

Aplikasi Mobile JKN dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk membantu peserta mengakses berbagai layanan kesehatan yang mereka butuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui variabel yang memengaruhi tingkat keberhasilan aplikasi Mobile JKN, variabel apa yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna, dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis data. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model Delone & Mclean. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sudah terbukti valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 176 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh dan ditabulasikan akan di analisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna memberikan pengaruh signifikan sebesar 57,6% pada manfaat bersih, sementara kualitas informasi tidak memiliki hubungan signifikan dengan penggunaan. Variabel penggunaan menjadi variabel yang hubungan paling kuat dan signifikan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan masukan bagi pihak BPJS Kesehatan untuk meningkatkan performa dan kegunaan dari aplikasi Mobile JKN agar pelayanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien.

Referensi

Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(1). https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10018

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Hair, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use “PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use.” In Organizational Research Methods, MIS Quarterly, and International Journal (Vol. 1, Issue 2).

Huang, M. H., & Rust, R. T. (2021). Engaged to a Robot? The Role of AI in Service. Journal of Service Research, 24(1), 30–41. https://doi.org/10.1177/1094670520902266

Hudin, J. M., & Riana, D. (2016). Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone & Mclean Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Accurate di Kota Sukabumi. Jurnal Sistem Informasi, 12(1), 1. https://doi.org/10.21609/jsi.v12i1.444

Tharwat, Muhammed. E. A., Jacob, D. W., Fudzee, M. F. M., Kasim, S., Ramli, A. A., & Lubis, M. (2020). The Role of Trust to Enhance the Recommendation System Based on Social Network. 10(4).

Vitari, C., Ravarini, A., & Rodhain, F. (2006). An Analysis Framework for the Evaluation of Content Management Systems. Communications of the Association for Information Systems, 18. https://doi.org/10.17705/1cais.01837

Wang, Y. S., & Liao, Y. W. (2008). Assessing eGovernment systems success: A validation of the DeLone and McLean model of information systems success. Government Information Quarterly, 25(4), 717–733. https://doi.org/10.1016/j.giq.2007.06.002

Unduhan

Diterbitkan

15 Jul 2024

Cara Mengutip

Adriansyah Dwi Wahyudi, B., Rachmadi, A., & Trias Hanggara, B. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi & Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13793

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...