Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Basis Data di SMK Negeri 8 Malang
Abstrak
Dalam riset yang dilaksanakan oleh Guo et al.,(2020) meyebutkan bahwa penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan penampilan seni siswa. Dari saran yang ditawarkan dapat digunakan untuk pengimplementasian dari kondisi yang terjadi pada saat PLP II, didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami penurunan yang disebabkan oleh kondisi pada saat pandemi. Maka dari itu peneliti menawarkan solusi berupa pelaksanaan riset dengan topik pengimplementasiam model pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Riset dilakukan dengan desain Weak Experimental Static Group Pretest- Posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI Jurusan RPL. Dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI RPL A (kelas kontrol) dan kelas XI RPL C (kelas eksperimen). Kemudian pengambilan data menggunakan soal pilihan ganda digunakan untuk penilaian kognitif dan penjumlahan dari beberapa aspek digunakan untuk penilaian psikomotor. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon. Dari kedua uji hipotesis yang digunakan pada aspek kognitif dan psikomotor menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,00 yang menunjukkan penerimaan H1, kecuali hasil uji Mann Whitney pada ranah kognitif dengan nilai pretest sebesar 0,557 yang menunjukkan H0 gagal ditolak. Uji Effect Size didapat hasil untuk ranah kognitif sebesar 0,54, sedangkan untuk ranah psikomotorik sebesar 0,84. Maka kesimpulan penelitian yang telah dilakukan adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik dapat berpengaruh dengan menggunakan pembelajaran Flipped Classroom yang dipadukan dengan Project Based Learning.
Referensi
Bangun, W. A., & Naphiah, S. (2021). Project Based Learning dengan Desain Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8214
Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71–81. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hakim, A. R., Hairunisa, H., & Abd. Haris, Abd. H. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. GRAVITY EDU ( JURNAL PENDIDIKAN FISIKA ), 4(2), 10–13. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.650
Spikol, D., Ruffaldi, E., Dabisias, G., & Cukurova, M. (2018). Supervised machine learning in multimodal learning analytics for estimating success in project-based learning. Journal of Computer Assisted Learning, 34(4), 366–377. https://doi.org/10.1111/jcal.12263
Umar, M., & Ko, I. (2022). E-Learning: Direct Effect of Student Learning Effectiveness and Engagement through Project-Based Learning, Team Cohesion, and Flipped Learning during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031724
Bangun, W. A., & Naphiah, S. (2021). Project Based Learning dengan Desain Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i2.8214
Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71–81. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hakim, A. R., Hairunisa, H., & Abd. Haris, Abd. H. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. GRAVITY EDU ( JURNAL PENDIDIKAN FISIKA ), 4(2), 10–13. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.650
Spikol, D., Ruffaldi, E., Dabisias, G., & Cukurova, M. (2018). Supervised machine learning in multimodal learning analytics for estimating success in project-based learning. Journal of Computer Assisted Learning, 34(4), 366–377. https://doi.org/10.1111/jcal.12263
Umar, M., & Ko, I. (2022). E-Learning: Direct Effect of Student Learning Effectiveness and Engagement through Project-Based Learning, Team Cohesion, and Flipped Learning during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031724
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.