Perancangan User Experience Proses Manajemen Inventaris Merchandise Menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: PT. Telkomsel Branch Malang)
Kata Kunci:
User Experience, Human Centered Design, Inventaris, Telkomsel Malang, Usability Testing, User Experience QuestionnaireAbstrak
PT Telkomsel Branch Malang merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan bagi pelanggan Telkomsel di area Malang dan sekitarnya. Perusahaan ini memiliki program pemberian merchandise untuk meningkatkan loyalitas dan menarik minat pelanggan pada produk Telkomsel. Pada implementasinya, proses manajemen inventaris merchandise masih menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan kurang efektifnya proses yang terjadi. Dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi, penelitian ini mengusulkan suatu solusi menggunakan metode Human-Centered Design untuk merancang user experience berupa website manajemen inventaris merchandise PT Telkomsel Branch Malang. Penelitian ini menghasilkan tiga rancangan prototype yang dievaluasi kepada tiga kelompok pengguna, yaitu Supervisor, PIC Store, dan CS Store menggunakan pendekatan Usability Testing (UT) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Rata-rata skor UT untuk aspek efektivitas dari seluruh kelompok pengguna adalah 97,41%. Pada aspek efisiensi, diperoleh rata-rata skor 96,3%. Pada aspek kepuasan pengguna, diperoleh skor rata-rata PSSUQ sebesar 1,34. Sedangkan untuk UEQ, diperoleh skor dengan kategori excellent atau sangat baik pada seluruh aspeknya, yaitu nilai aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan berturut-turut sebesar 2,13, 2,23, 2,34, 2,08, dan 2,13. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam merancang pengalaman pengguna pada proses manajemen inventaris merchandise PT Telkomsel Branch Malang.
Kata kunci: user experience, inventaris, human-centered design, usability testing, user experience questionnaire
Referensi
Dreger, F.A., Englund, M., Hartsch, F., Wagner, T., Jaeger, D., Björheden, R. and Rinkenauer, G., 2023. Hierarchical Task Analysis (HTA) for Application Research on Operator Work Practices and the Design of Training and Support Systems for Forestry Harvester. Forests, 14(2), p.424.
Hertzum, M., 2022. Usability testing: A practitioner's guide to evaluating the user experience. Springer Nature.
ISO:International Organization for Standardization, 2018. Ergonomics of Human-System Interaction —Part 11: Usability: Definitions and Concepts. International Standard, ISO 9241-11.
ISO:International Organization for Standardization, 2019. Ergonomics of human–system interaction - Part 210: Human-centered design for interactive systems. International Standard, ISO 9241-210.
Kurniawan, B. and Romzi, M., 2022. Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), pp.1-7.
Le, D., 2021. User Experience: Psychological Implementation to Web Design: Case Camellia Bees.
Mifsud, 2015. Usability Metrics –A Guide To Quantify The Usability Of Any System.
Nielsen, Jakob. 2000. “Why You Only Need to Test with 5 Users.” Nielsen Norman Group [Online]. Tersedia di: https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-needto-test-with-5-users/. [Diakses 20 September 2023].
Sauro, J. & Lewis, J. R., 2016. Quantifying The User Experience Practical Statistic for User Research. 2nd penyunt. Cambridge, MA: Morgan Kauffman.
Schrepp, M., 2023. User Experience Questionnaire Handbook.[Online] Tersedia di: https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf [Diakses 14 September 2023].
Dreger, F.A., Englund, M., Hartsch, F., Wagner, T., Jaeger, D., Björheden, R. and Rinkenauer, G., 2023. Hierarchical Task Analysis (HTA) for Application Research on Operator Work Practices and the Design of Training and Support Systems for Forestry Harvester. Forests, 14(2), p.424.
Hertzum, M., 2022. Usability testing: A practitioner's guide to evaluating the user experience. Springer Nature.
ISO:International Organization for Standardization, 2018. Ergonomics of Human-System Interaction —Part 11: Usability: Definitions and Concepts. International Standard, ISO 9241-11.
ISO:International Organization for Standardization, 2019. Ergonomics of human–system interaction - Part 210: Human-centered design for interactive systems. International Standard, ISO 9241-210.
Kurniawan, B. and Romzi, M., 2022. Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. JSIM: Jurnal Sistem Informasi Mahakarya, 5(1), pp.1-7.
Le, D., 2021. User Experience: Psychological Implementation to Web Design: Case Camellia Bees.
Mifsud, 2015. Usability Metrics –A Guide To Quantify The Usability Of Any System.
Nielsen, Jakob. 2000. “Why You Only Need to Test with 5 Users.” Nielsen Norman Group [Online]. Tersedia di: https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-needto-test-with-5-users/. [Diakses 20 September 2023].
Sauro, J. & Lewis, J. R., 2016. Quantifying The User Experience Practical Statistic for User Research. 2nd penyunt. Cambridge, MA: Morgan Kauffman.
Schrepp, M., 2023. User Experience Questionnaire Handbook.[Online] Tersedia di: https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf [Diakses 14 September 2023].
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.