Perancangan User Experience Aplikasi Pencarian Pendamping Pembelajaran Pemrograman pada Mentee di Universitas Brawijaya dengan Metode User Centered Design

Perancangan User Experience Aplikasi Pencarian Pendamping Pembelajaran Pemrograman pada Mentee di Universitas Brawijaya dengan Metode User Centered Design

Penulis

  • Muhammad Faza lamik brawijaya university
  • Lutfi Fanani
  • Adam Hendra Brata

Kata Kunci:

user centered design, user Experience, mentee, mentor

Abstrak

Di era digital, penguasaan pemrograman menjadi krusial dan sangat dibutuhkan. Beberapa Universitas di Indonesia sudah menyiapkan dengan memasukkan beberapa mata kuliah pemrograman ke dalam kurikulum. Namun, mahasiswa Universitas Brawijaya kerap menemui kesulitan dalam mata kuliah pemrograman. Dari hasil survei terhadap 30 mahasiswa dari 5 program studi, menunjukkan bahwa mereka kerap kali menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman dan tetap membutuhkan bantuan. Penelitian ini bertujuan merancang user experience aplikasi pencarian pendamping pembelajaran pemrograman di universitas brawijaya dengan metode user centered design. Metode ini dipilih karena berfokus pada kebutuhan pengguna. Penggalian kebutuhan dilakukan terhadap 10 mahasiswa dari 5 program studi yang berbeda. Kemudian dilakukan analisis kebutuhan serta dibuat perancangan desain solusi. Lalu Pengujian menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), Complemention Rate, dan Overall Relative Efficiency. Dari hasil pengujian menggunakan UEQ, Complemention Rate, dan Overall Relative Efficiency menunjukkan hasil yang positif, seperti pada pengujian UEQ rata-rata penilaian masuk kedalam kategori excellent dan pada pengujian complemention rate dan Overall Relative Efficiency melampaui nilai minimum sebesar 80%. Meskipun telah mendapatkan nilai yang memuaskan, terdapat beberapa saran perbaikan masih perlu ditindaklanjuti. Pada iterasi kedua, dilakukan perbaikan berdasarkan saran tersebut dan dilakukan wawancara untuk mengonfirmasi kesesuaiannya. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa rancangan desain dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

Referensi

Baymard Institute. (2023). User-Centered Design: Principles and Examples of UCD. Baymard Institute. https://baymard.com/learn/user-centered-design

Damyanov, M. (2023). Exploring the power of “How Might We?” statements. Dovetail. https://dovetail.com/research/how-might-we-statement/

DeMonbrun, R., Brown, M., & Teasley, S. (2018). The Snowball Effect: Exploring the Influence of Changes in Academic Performance on Student Success in Co-enrolled Courses. https://doi.org/10.18260/1-2--31124

Dr.Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M. T. (2021). Mengukur Usability Perangkat Lunak. 1596, 96.

Kaplan, K. (2023). User Journeys vs. User Flows. Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/user-journeys-vs-user-flows/

Malhotra, A. (2022). GOOGLE MATERIAL SYMBOLS ARE THE FUTURE NOW. Medium. https://medium.com/@ajaymalhotra15/google-material-symbols-are-the-future-now-df73d9c16c05

Noghli, A. E. (2023). User-Centered Design: Principles and Process. Bootcamp. https://bootcamp.uxdesign.cc/user-centered-design-principles-and-process-164b9ad8756f

Rifda, A. (2022). 11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/

Shu, H. (2023). Reviewing Inter: A Versatile Font for Web and User Interface. Typogram. https://typogram.co/font-discovery/how-to-use-inter-font#:~:text=Inter is perfect for blogs,to ensure good user experiences.

Suresh, S. (2023). Understanding user stories in UX design. Logrocket. https://blog.logrocket.com/ux-design/understanding-user-stories/#what-are-user-stories

Talanki, M. (2024). Common Challenges with Tailwind CSS: Good or bad. Medium. https://medium.com/@mahesh.jsdev/common-challenges-with-tailwind-css-good-or-bad-9fe63c90b019#:~:text=Conclusion%3A,best practices to mitigate them.

Tullis, T., Albert, B., & Albert, W. (2022). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics (Third Edition). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128180808000212

Unduhan

Diterbitkan

22 Jul 2024

Cara Mengutip

lamik, M. F., Fanani, L. ., & Brata, A. H. (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Pencarian Pendamping Pembelajaran Pemrograman pada Mentee di Universitas Brawijaya dengan Metode User Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13802

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...