Identifikasi Konsep-Konsep yang Berkaitan dengan Model Pembelajaran Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika
Kata Kunci:
informatika, konsep, perilaku, project-based learning, siswaAbstrak
Project-based learning dianggap berpotensi untuk menciptakan pengalaman belajar siswa yang lebih menarik. Penelitian lain banyak berfokus pada hasil akhir dari penerapan project-based learning seperti peningkatan ketrampilan, hasil belajar siswa, dan pembuktian efektivitas project-based learning. Hasil observasi peneliti dan wawancara dengan guru menemukan bahwa terdapat respons siswa yang bervariasi pada pelaksanaan model pembelajaran project-based learning pada mata pelajaran informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat pemahaman mendalam tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan model pembelajaran project-based learning. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik triangulasi data diterapkan pada data yang telah diperoleh untuk meningkatkan keabsahan data. Hasil penelitian menemukan konsep bahwa project-based learning dilaksanakan jika terdapat relevansi dengan kegiatan internal dan kegiatan eksternal sekolah. Pelaksanaan project-based learning mendorong siswa untuk saling membantu, bereksplorasi, aktif bertanya, melakukan praktik langsung, dan menyukai kerja kelompok yang berpotensi meningkatkan keterampilan teknis, ketrampilan non-teknis dan motivasi belajar siswa, meskipun pada pelaksanaannya masih terdapat kendala dari sisi sarana serta kendala pribadi dan sosial siswa. Konsep-konsep yang ditemukan, diharapkan dapat menjadi informasi berguna tentang project-based learning yang telah dilaksanakan untuk dapat guru jadikan sebagai bahan dalam merancang strategi pembelajaran di masa yang akan datang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.