Analisis Perbandingan User Satisfaction Antara Social Commerce dan E-Commerce Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: TikTok Shop & Shopee)
Kata Kunci:
user satisfaction, social commerce, e-commerce, tiktok shop, shopee, EUCSAbstrak
Perkembangan pesat dalam teknologi sistem informasi mendorong tren transformasi perdagangan online yaitu social commerce dan e-commerce. Penelitian ini mengeksplorasi perbandingan user satisfaction antara platform social commerce (TikTok Shop) dan e-commerce (Shopee) di kalangan mahasiswa aktif S1 Universitas Brawijaya. Menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan teknik purposive sampling, penelitian ini menyoroti perbedaan signifikan dalam kepuasan pengguna di kedua platform. Hasil menunjukkan bahwa TikTok Shop memiliki tingkat kepuasan pengguna yang lebih tinggi dibandingkan dengan Shopee. Pengujian komparasi menunjukkan bahwa user satisfaction pada TikTok Shop lebih baik dibandingkan dengan Shopee, dengan nilai Z Statistic sebesar -3.714 dan probabilitas 0.000. Rataan kepuasan pengguna pada TikTok Shop (50.387) juga lebih tinggi dibandingkan dengan Shopee (47.433). Analisa statistik deskriptif mengungkapkan bahwa responden lebih sering memberikan nilai tinggi (setuju dan sangat setuju) pada variabel-variabel kepuasan TikTok Shop dibandingkan dengan Shopee. Secara kualitatif, variabel-variabel pada TikTok Shop lebih memuaskan pengguna secara keseluruhan maupun secara individu dibandingkan dengan variabel-variabel pada Shopee. Fokus pada mahasiswa aktif S1 memberikan wawasan terkait preferensi dan kebutuhan konsumen di lingkungan kampus. Penelitian ini memperkaya pemahaman mengenai kepuasan pengguna antara social commerce dan e-commerce, serta berkontribusi pada pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan layanan pada platform Shopee dan TikTok Shop.
Referensi
Anggara, R., Budiyanto, C. W., & Hatta, P. (2019). Comparison Between TAM , EUCS , TTF Analysis To Evaluate. 020005.
Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction. MIS Quarterly, 1213512(2), 259–274. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/248851%0Ahttp://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jsp%0Ahttp://www.jstor.org
Haub, G., & Trifts, V. (2000). Consumer Decision Making In Online Shopping : Environments The Effects of Interactive Decision Aids. Marketing Science, 19(4), 41.
Strauss, J., El-Ansary, A., & Frost, R. (2003). E-Marketing Third Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Anggara, R., Budiyanto, C. W., & Hatta, P. (2019). Comparison Between TAM , EUCS , TTF Analysis To Evaluate. 020005.
Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction. MIS Quarterly, 1213512(2), 259–274. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/248851%0Ahttp://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jsp%0Ahttp://www.jstor.org
Haub, G., & Trifts, V. (2000). Consumer Decision Making In Online Shopping : Environments The Effects of Interactive Decision Aids. Marketing Science, 19(4), 41.
Strauss, J., El-Ansary, A., & Frost, R. (2003). E-Marketing Third Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.