Perbandingan Implementasi Material Design 2 dan 3 pada Aplikasi Perangkat Bergerak untuk Pemesanan Jasa Binatu

Perbandingan Implementasi Material Design 2 dan 3 pada Aplikasi Perangkat Bergerak untuk Pemesanan Jasa Binatu

Penulis

  • Muhammad Cakra Pandu Kusuma Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Universitas Brawijaya
  • Nurudin Santoso Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Material Design, Android, Binatu, Kotlin, Pengalaman Pengguna

Abstrak

Desain sistem merupakan pendekatan yang terstruktur dalam menciptakan antarmuka pengguna yang konsisten dan efisien dengan menggunakan pedoman dan komponen yang dapat digunakan kembali. Salah satu sistem desain yang populer adalah Material Design. Versi terbaru, Material Design 3, menawarkan peningkatan dari versi sebelumnya, Material Design 2, termasuk komponen yang lebih modern, penekanan pada personalisasi, dan peningkatan aksesibilitas. Namun, belum ada penelitian yang membandingkan Material Design 2 dan 3. Penelitian ini mengimplementasikan kedua versi desain tersebut pada aplikasi Android untuk pemesanan jasa binatu dan membandingkan efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna. Jasa binatu adalah usaha yang bergerak di bidang jasa cuci pakaian, salah satunya adalah Agatha Laundry yang terletak di Kota Malang. Berdasarkan wawancara dengan pelanggan, banyak yang mengalami kesulitan dalam proses pemesanan. Mereka harus datang langsung ke lokasi penyedia jasa dan sering kali harus mondar-mandir karena estimasi waktu selesai yang tidak sesuai. Oleh karena itu, diperlukan perangkat lunak berbasis Android yang dapat membantu proses pemesanan jasa binatu di Agatha Laundry. Aplikasi ini diuji menggunakan blackbox testing dan scenario-based testing untuk memvalidasi kebutuhan pengguna serta membandingkan implementasi Material 2 dan 3 dari aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini sudah memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Meskipun tidak ada perbedaan dalam efektivitas dan efisiensi pengguna antara Material 2 dan 3, terdapat perbedaan dalam kepuasan pengguna dengan nilai effect size pada Material 2 sebesar 5.60 ± 0.20 dan pada Material 3 sebesar 5.84 ± 0.21.

Referensi

Albert, W. B., & Tullis, T. S. T. (2023). Measuring the User Experience (Third Edition). Elsevier.

Anwar, N., Taib, K. M., Rizal, M. A. M. R., Razak, A. A., Mustamum, H. A., & Nordin, Z. (2020). Mobile Application Development: A Preliminary Study. 2020 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech).

Bamasoud, D. M., Alqahtani, A. M., Aljdea, E. A., Alshomrani, R. A., Alshahrani, M. S., Alghamdi, Z. A., Alghamdi, A. M., Almaawi, S. F., & Alshahrani, A. D. (2018). An Explorative Study for Laundry Mobile Application Laundry Process Change. In IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications (Vol. 9, Issue 4). www.ijacsa.thesai.org

Cairns, P. (2019). Doing Better Statistics in Human-Computer Interaction. Cambridge University Press.

Farley, D. (2021). Modern Software Engineering: Doing What Works to Build Better Software Faster (First Edition). Addison-Wesley Professional.

Gozali, L., Valentino, L., Richard, T., & Marchello, D. (2023). System Modelling and Simulation to Improve Laundry Business Productivity. 2023 IEEE 17th International Conference on Industrial and Information Systems, ICIIS 2023 - Proceedings, 263–268. https://doi.org/10.1109/ICIIS58898.2023.10253603

Hwan Kim, S., Jin, J., Sevinchan, M., & Davies, A. (2023). How do automated reasoning features impact the usability of a clinical task management system? Development and usability testing of a prototype. International Journal of Medical Informatics, 174. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2023.105067

Juristo, N., & Moreno, A. M. (2001). Basics of Software Engineering Experimentation. In Basics of Software Engineering Experimentation (First Edition). Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4757-3304-4

Kalac, E., Borovina, N., & Boskovic, D. (2021, March 17). Preserving interaction design principles while implementing Material Design Guidelines. 2021 20th International Symposium INFOTEH-JAHORINA, INFOTEH 2021 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/INFOTEH51037.2021.9400523

Lazar, J., Feng, J. H., & Hochheiser, H. (2017). Research Methods in Human-Computer Interaction (Second Edition). Elsevier.

Maulana, R. (2023, October 4). Mengenal Komponen Material Design pada Aplikasi Android. Dicoding. https://www.dicoding.com/blog/mengenal-komponen-material-design-pada-aplikasi-android/

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering: A PRACTITIONER’S APPROACH (Eight Edition). McGraw-Hill Higher Education.

Salman, H. M., Wan Ahmad, W. F., & Sulaiman, S. (2023). A Design Framework of A Smartphone User Interface for Elderly Users. Universal Access in the Information Society, 22(2), 489–509. https://doi.org/10.1007/s10209-021-00856-6

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2016). Quantifying The User Experience: Practical Statistics for User Research (Second Edition). Elsevier.

Sommerville, I. (2021). Engineering Software Products: An Introduction to Modern Software Engineering (Global Edition). Pearson Education Limited.

Unduhan

Diterbitkan

24 Jul 2024

Cara Mengutip

Kusuma, M. C. P., Kharisma, A. P., & Santoso, N. (2024). Perbandingan Implementasi Material Design 2 dan 3 pada Aplikasi Perangkat Bergerak untuk Pemesanan Jasa Binatu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13838

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...