Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Online Grocery Shopping Alfagift Terintegrasi Pembayaran Digital

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Online Grocery Shopping Alfagift Terintegrasi Pembayaran Digital

Penulis

  • Ivana C. Rutchya Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

belanja online, grocery shopping, alfagift, penerimaan, UTAUT 2, pembayaran digital, online shopping, digital payment, acceptance

Abstrak

Belanja online menjadi salah satu tren saat ini karena mendukung minat beli konsumen dengan menawarkan persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan keamanan transaksi. Kemajuan teknologi informasi telah secara signifikan mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam belanja kebutuhan sehari-hari melalui platform digital. Sekitar 13,65% orang di Indonesia terbiasa melakukan pembelanjaan bulanan rumah tangga melalui e-commerce, dengan 21,98% di antaranya memilih Alfagift. Alfagift telah mengadaptasi konsep supermarket tradisional secara online, namun terungkap beberapa analisis sentimen negatif di Google Play, mencakup masalah error dalam pembayaran, ketersediaan produk yang tidak konsisten, kurang responsifnya customer service, dan keterlambatan refund. Hal tersebut berdampak pada perilaku pembelian pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM terhadap 120 responden di Kota Malang untuk menguji penerimaan aplikasi Alfagift terintegrasi pembayaran digital menggunakan model UTAUT 2. Kota Malang dipilih karena layanan Alfagift masih baru sehingga diperlukan analisis penerimaan untuk meningkatkan adopsi pengguna. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel Social Influence, Facilitating Conditions, Price Value, dan Habit berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi Alfagift, sementara variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Hedonic Motivation tidak berpengaruh signifikan. Di sisi lain, variabel Habit dan Behavioral Intention berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan aplikasi secara rutin, sedangkan variabel Facilitating Conditions tidak berpengaruh signifikan.

Referensi

Alaimo, L.S., Fiore, M. and Galati, A., 2020. How the COVID-19 pandemic is changing online food shopping human behaviour in Italy. Sustainability (Switzerland), [online] 12(22), pp.1–18. https://doi.org/10.3390/su12229594.

Do, T., Nguyen, T. and Nguyen, C., 2019. Online Shopping in an Emerging Market. Journal of Economics and Management Sciences, 2(2), p.p1. https://doi.org/10.30560/jems.v2n2p1.

Doan, T.-T., 2020. Factors affecting online purchase intention: A study of Vietnam online customers. Management Science Letters, 10, pp.2337–2342. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.001.

Dulyadi, 2021. Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. [online] Available at: <https://digilib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_preveb20_1641197107.pdf> [Accessed 27 March 2024].

Fiqri, A.H., 2023. Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Mypertamina Dengan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut) 2. [online] Available at: <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76614> [Accessed 7 June 2024].

Firdaus, A., 2023. Analisis sentimen pada aplikasi alfagift menggunakan metode naïve bayes classifier. [online] Available at: <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76766> [Accessed 7 June 2024].

Hair, J., Risher, J., Sarstedt, M. and Ringle, C., 2018. When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M. and Sarstedt, M., 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). [online] Britania Raya: SAGE Publications. p.20. Available at: <https://www.google.co.id/books/edition/_/IFiarYXE1PoC?hl=id&gbpv=0> [Accessed 27 April 2024].

Imtiyaz, M., 2023. Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Aplikasi Mola Tv Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Usage Of Technology 2 (UTAUT 2). UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository. [online] Available at: <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/> [Accessed 27 March 2024].

KataData, 2022. aplikasi-yang-digunakan-responden-untuk-belanja-kebutuhan-rumah-tangga-bulanan-(2022). [online] Available at: <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/09/ini-aplikasi-online-untuk-belanja-bulanan-favorit-warga> [Accessed 21 February 2024].

Kütz, M., 2016. Introduction to E-commerce Combining Bussiness and Information .

Lin, C., 2019. Applying the UTAUT Model to Understand Factors Affecting the Use of E-books in Fujian, China.

Maulana, S., Khasanah, I. and Yusuf, A., 2023. Analisis Penerimaan Pengguna terhadap Financial Technology Bareksa Menggunakan Model UTAUT. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(2), p.527. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i2.1049.

Raddin, A.I., Hanggara, B.T. and Putra, W.H.N., 2023. Analisis Penerimaan Penggunaan Integrasi Dompet Digital DANA pada Aplikasi Tix ID menggunakan Model UTAUT2 (Studi Kasus pada Generasi Z di Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 7(13). Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12727>.

Venkatesh, V., Thong, J.Y.L. and Xu, X., 2012. Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, [online] 36(1), pp.157–178. https://doi.org/10.2307/41410412.

Unduhan

Diterbitkan

26 Jul 2024

Cara Mengutip

C. Rutchya, I., Hadi Wijoyo, S., & Hayuhardhika Nugraha Putra, W. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Online Grocery Shopping Alfagift Terintegrasi Pembayaran Digital. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13874

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...