Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Nearpod Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Peserta Didik Kelas X Di SMAN 3 Malang
Kata Kunci:
model pembelajaran, problem based learning, Nearpod, hasil belajarAbstrak
Penemuan masalah di SMAN 3 Malang masih menerapkan metode ceramah dengan media PowerPoint yang kurang interaktif, serta kurangnya demonstrasi ketika pembelajaran menyebabkan peserta didik bosan dan mengantuk. Tujuan penelitian ingin mencari perbedaan hasil belajar antara problem based learning dengan direct instruction menggunakan Nearpod pada ranah kognitif, psikomotorik dan afektif hasil belajar Informatika peserta didik kelas X. Penelitian ini mengikutsertakan dua kelas yakni kelas X-G dan X-H dengan berjumlah 64 anak. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kuantitatif eksperimen The Static Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian mencakup modul ajar, soal pretest dan posttest, lembar kerja peserta didik, dan lembar observasi afektif. Analisis data statistik antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menerapkan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis nilai kognitif sebesar 11,71 dengan signifikansi 0,000. Nilai psikomotorik bernilai 2,76 dengan signifikansi 0,365 serta nilai afektif senilai 7,25 dengan signifikansi 0,000. Maka hasil belajar ranah kognitif. psikomotorik dan afektif ada perbedaan antara problem based learning dengan direct instruction menggunakan Nearpod.
Referensi
Ami, R.A., 2021. Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), pp.135–148.
Astutik, F., 2023. Integrasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Ibda, H., 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Irawan, P., Susanna and Tarmizi, H., 2017. Perbedaan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X MAN Suak Timah Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika,[online] 2(1), pp.114–121. Available at: <http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2209>.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. In: 19th ed. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.
Widana, I.W. and Muliani, P.L., 2020. Uji Persyaratan Analisis. Pontianak: Klik Media.
Widiawati, Yeni Nurmaningsih; Haryadi, R., 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), pp.12–25.
Ami, R.A., 2021. Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), pp.135–148.
Astutik, F., 2023. Integrasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Ibda, H., 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Irawan, P., Susanna and Tarmizi, H., 2017. Perbedaan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Siswa Kelas X MAN Suak Timah Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika,[online] 2(1), pp.114–121. Available at: <http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2209>.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. In: 19th ed. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.
Widana, I.W. and Muliani, P.L., 2020. Uji Persyaratan Analisis. Pontianak: Klik Media.
Widiawati, Yeni Nurmaningsih; Haryadi, R., 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), pp.12–25.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.