Analisis Setimen Pada Sosial Media Twitter Terhadap Pembelajaran Hybrid di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Metode K-Nearest Neighbor

Analisis Setimen Pada Sosial Media Twitter Terhadap Pembelajaran Hybrid di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Metode K-Nearest Neighbor

Penulis

  • komang septia krisna putra mahasiswa filkom
  • Nurul Hidayat
  • Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Pembelajaran pada umumnya dilakukan melalui interaksi antara guru dan murid secara langsung didalam lingkungan belajar, namun setelah terjadinya penyebaran pandemi covid-19 yang menghantam seluruh dunia membuat terciptanya metode pembelajaran baru untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan Pendidikan yaitu dengan metode pembelajaran secara Hybrid. Pembelajaran Hybrid merupakan pembelajaran yang menggabungkan 2 tipe pembelajaran yaitu pembelajaran secara langsung dan secara online dengan skema waktu yang diatur sedimikian rupa agar mendapatkan pembelajaran yang efektif. Namun karena metode pembelajaran secara hybrid yang masih tergolong baru menimbulkan banyaknya komentar atau sentimen baik yang pro maupun kontra yang di tweet melalui media sosial twitter oleh para murid maupun guru. Oleh karena itu, diperlukan proses analisis sentimen agar pemerintah dapat mengambil Langkah yang tepat dalam menerapkan kebijakan pembelajaran secara hybrid. Pada penelitian ini, proses analisis sentimen dilakukan dalam beberapa proses yang terdiri dari pre-processing, perhitungan TF-IDF, analisis sentimen menggunakan algoritme K-Nearest Neighbour, dan hasil performansi menggunakan confussion metric. Bersumber pada hasil pengujian yang sudah dilaksanakan menggunakan data twitt dari twitter diperoleh skor akurasi sebanyak 71% dengan nilai K sebesar 9 dan persentase data training dan data testing dengan perbandingan 70% dan 30%

Kata kunci: Analisis Sentimen, Pembelajaran Hybrid, K-Nearest Neighbor

Referensi

Asmara, C. G. (2021, Agustus 31). Jokowi: sekolah tatap muka dimulai september 2021. Retrieved From CNBC Indonesia: Https://Www.Cnbcindonesia.Com/News/20210831114903-4-272537/Jokowi-Sekolah-Tatap-Muka-Dimulai-September-2021

Devita, R. N., Herwanto, H. W., & Wibawa, A. P. (2018). Perbandingan kinerja metode naive bayes dan k-nearest neighbor untuk klasifikasi artikel berbahasa indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 5, No. 4, E-ISSN : 2528-6579, 427-434.

Erfina, A., Basryah, E. S., Saepulrohman, A., & Lestari, D. (2020). Analisis sentimen aplikasi pembelajaran online di play store pada masa pandemi covid-19 menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 145-152.

Irawati, I., Andreswari, R., & Pramesti, D. (2020). Development of youtube sentiment analysis application using K-Nearest Neighbors (Nokia Case Study). IEEE.

Jamaludin, A. A. (2016). Model-model pembelajaran tatap muka. Jurnal Landasan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5-6.

Kasanah, A. N., Muladi, & Pujianto, U. (2019). Penerapan teknik smote untuk mengatasi imbalance classdalam klasifikasi objektivitas berita online menggunakan algoritma KNN. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 196–201.

Kembang, L. G. (2020, August 11). Perbandingan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran ski (studi pada siswa kelas viii) mts darul ishlah ireng lauk tahun pelajaran 2019/2020. Diambil Kembali Dari Perpustakaan UIN MATARAM: Http://Etheses.Uinmataram.Ac.Id/297/1/Lale%20Gadung%20Kembang%20160101145.Pdf

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education And Learning Journal, Vol. 1, No. 2, E-ISSN : 2720-9156, 113-123.

Mara, A. A., Sediyono, E., & Purnomo, H. (2021). Penerapan algoritma k-nearest neighbors pada analisis sentimen metode pembelajaran dalam jaringan (daring) di universitas kristen wira wacana sumba. Jointer-Journal Of Informatics Engineering, Vol. 01, No. 02, 24-31.

Unduhan

Diterbitkan

26 Jul 2024

Cara Mengutip

putra, komang septia krisna, Nurul Hidayat, & Satrio Hadi Wijoyo. (2024). Analisis Setimen Pada Sosial Media Twitter Terhadap Pembelajaran Hybrid di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Metode K-Nearest Neighbor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13882

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...