Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Lapangan dan Partner Olahraga Berbasis Website menggunakan Metode Human Centered Design(Studi Kasus Kota Malang)
Kata Kunci:
Pemesanan Lapangan Olahraga, Pencarian Partner Olahraga, Human Centered Design, Usability Testing, User Experience QuestionnaireAbstrak
Tahun pertama seorang mahasiswa masuk ke perguruan tinggi dianggap menjadi masa-masa paling berat karena terdapat tantangan yang dialaminya. Setelah mengakhiri fase pandemi COVID-19, masyarakat kembali beraktivitas seperti normal dengan melakukan bersosialisasi, bekerja, belajar, dan berolahraga di luar rumah. Namun, bagi mahasiswa perantau mereka kesulitan dalam pencarian lapangan serta partner olahraga. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan dan kesulitan dalam pencarian informasi hal tersebut dan kesulitan dalam menyamakan waktu dengan teman untuk berolahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Human Centered Design. Dalam pengujian usabilitas kepada 15 responden pengguna dan 5 responden pengelola lapangan, masing-masing mendapatkan nilai sempurna 100% pada aspek efektivitas. Untuk aspek efisiensi pengguna mendapatkan nilai 0,083 goals/detik, sedangkan untuk pengelola mendapatkan nilai 0,063 goals/detik dengan menggunakan rumus time-based efficiency. Aspek kepuasan menggunakan perhitungan UEQ yang mendapat hasil grade A untuk pengguna dan grade B untuk pengelola lapangan. Dengan nilai 2,2 untuk kualitas pragmatis, 1,56 untuk kualitas hedonis, dan 1,88 untuk keseluruhan pada pengguna. Sedangkan bagi pengelola lapangan mendapatkan nilai 2,05 untuk kualitas pragmatis, 1,85 untuk kualitas hedonis, dan 1,85 untuk overall. Hasil dari pengujian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan pihak pengelola lapangan untuk meningkatkan aktifitas dalam berolahraga serta dapat dijadikan dasar untuk penelitian setelah ini.
Referensi
Anggreyani, Y., Wiyono, S., & Ilmadina, Z. (2022) Aplikasi Penyewaan Lapangan Badminton Berbasis Website (Studi Kasus: Kota Tegal). Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, 1-153.
Assidiq, M. R., Arianti., & Bahri, S. (2022). Analisis Usability Fitur Rating Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode System Usability Scale. JSTRISTE, 9(2), 12-21.
Azmi, M., Kharisma, A. P., & Akbar, M. A. (2019). Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus Grab Food). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 7963-7972.
Feldt, R. C., Graham, M., & Dew, D. (2011). Measuring Adjustment to College: Construct Validity of the Student Adaptation to College Questionnaire. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 44(2), 92-104.
Hidayatulah, H. & Mangaras, Y. F. (2020). Interface User Experience. UPN Veteran Yogyakarta.
ISO 9241-210. (2019). Ergonomics of Human-System Interaction – Part 210: Human-Centred Design for Interactive Systems. Tersedia melalui: International Organization for Standardization. Switzerland <https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en> [Diakses 11 Oktober 2023].
Julia, M., & Veni, B. (2012). An Analysis of the Factors Affecting Students Adjustment at a University in Zimbabwe. Journal of International Education Studies, 5, (6), 244-250.
Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 1615-1626.
Murti, F. L., Apriliantika, H. S., Hidayah, L. R. A., & Avezahra, M. H. (2023). Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau dari Luar Pulau Jawa di Kota Malang. Jurnal Penelitian Kualitatif Ilmu Perilaku, 4, (1), 47-64.
Nofa, W. K., & Ichsan, M. R. N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Website Penjualan Makanan Beku Menggunakan Laravel. Jurnal Teknik dan Science, 1(2), 125-132.
Pangestu, K. K., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2023). User Experience Questionnaire (UEQ) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour UPN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7 (2), 442-451.
Rizaty, M, A. (2022). Survei: Sepak Bola Jadi Olahraga yang Paling Disukai Warga RI. Tersedia melalui: DataIndonesia.id < https://dataindonesia.id/olahraga/detail/survei-sepak-bola-jadi-olahraga-yang-paling-disukai-warga-ri> [Diakses 12 November 2023].
Rokhmawati, R. I., Evantio, Y. B., & Saputra, M. C. (2019). Penerapan Pendekatan Human Centered Design dan CRM dalam Perancangan Antarmuka Sistem E-Complaint. JTIIK: Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(4), 437-444.
Setiawan, B., & Noris, S. (2021) Sistem Informasi Reservasi Penyewaan Penggunaan Gedung Lapangan Bulutangkis Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, 5(3), 239-248.
Suri, P. A., Susanto, F., Eriyanto., Hutapea, D., & Iswanto, I. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pencarian Fasilitas Olahraga dan Partner Olahraga Berbasis Web. JIKA: Jurnal Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang, 151-160.
Anggreyani, Y., Wiyono, S., & Ilmadina, Z. (2022) Aplikasi Penyewaan Lapangan Badminton Berbasis Website (Studi Kasus: Kota Tegal). Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, 1-153.
Assidiq, M. R., Arianti., & Bahri, S. (2022). Analisis Usability Fitur Rating Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode System Usability Scale. JSTRISTE, 9(2), 12-21.
Azmi, M., Kharisma, A. P., & Akbar, M. A. (2019). Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus Grab Food). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 7963-7972.
Feldt, R. C., Graham, M., & Dew, D. (2011). Measuring Adjustment to College: Construct Validity of the Student Adaptation to College Questionnaire. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 44(2), 92-104.
Hidayatulah, H. & Mangaras, Y. F. (2020). Interface User Experience. UPN Veteran Yogyakarta.
ISO 9241-210. (2019). Ergonomics of Human-System Interaction – Part 210: Human-Centred Design for Interactive Systems. Tersedia melalui: International Organization for Standardization. Switzerland <https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en> [Diakses 11 Oktober 2023].
Julia, M., & Veni, B. (2012). An Analysis of the Factors Affecting Students Adjustment at a University in Zimbabwe. Journal of International Education Studies, 5, (6), 244-250.
Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 1615-1626.
Murti, F. L., Apriliantika, H. S., Hidayah, L. R. A., & Avezahra, M. H. (2023). Penyesuaian Diri Mahasiswa Rantau dari Luar Pulau Jawa di Kota Malang. Jurnal Penelitian Kualitatif Ilmu Perilaku, 4, (1), 47-64.
Nofa, W. K., & Ichsan, M. R. N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Website Penjualan Makanan Beku Menggunakan Laravel. Jurnal Teknik dan Science, 1(2), 125-132.
Pangestu, K. K., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2023). User Experience Questionnaire (UEQ) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour UPN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7 (2), 442-451.
Rizaty, M, A. (2022). Survei: Sepak Bola Jadi Olahraga yang Paling Disukai Warga RI. Tersedia melalui: DataIndonesia.id < https://dataindonesia.id/olahraga/detail/survei-sepak-bola-jadi-olahraga-yang-paling-disukai-warga-ri> [Diakses 12 November 2023].
Rokhmawati, R. I., Evantio, Y. B., & Saputra, M. C. (2019). Penerapan Pendekatan Human Centered Design dan CRM dalam Perancangan Antarmuka Sistem E-Complaint. JTIIK: Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(4), 437-444.
Setiawan, B., & Noris, S. (2021) Sistem Informasi Reservasi Penyewaan Penggunaan Gedung Lapangan Bulutangkis Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, 5(3), 239-248.
Suri, P. A., Susanto, F., Eriyanto., Hutapea, D., & Iswanto, I. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pencarian Fasilitas Olahraga dan Partner Olahraga Berbasis Web. JIKA: Jurnal Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang, 151-160.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.