Pengaruh Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Gitpod pada Model Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Malang

Pengaruh Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Gitpod pada Model Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Malang

Penulis

  • Nadha Fitri Nadha Fitri
  • Prima Zulvarina
  • Admaja Dwi Herlambang

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Mata Pelajaran Informatika, Media Gitpod, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tiga aspek hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotorik) materi Algoritma dan Pemrograman. Sampel ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni kelas XI-H serta kelas XI-G SMA Negeri 3 Malang. Metode penelitian menggunakan Weak Eksperimental Static-Group Pretest-Posttest Design dan Static-Group Comparation Design. Teknik analisis terdiri dari statistika deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Mann-Whitney. Hasil hipotesis pretest menyatakan hipotesis diterima, berarti tidak ada perbedaan signifikan untuk nilai pretest (sebelum diberikan perlakuan) karena nilai sig. 0,191 > 0,05. Berbanding terbalik, hipotesis posttest menyatakan ditolak dengan artian ada perbedaan signifikan untuk nilai posttest (setelah diberikan perlakuan) karena nilai sig. 0,024 < 0,05. Hasil hipotesis observasi partisipasi siswa menyatakan ditolak dengan artian ada perbedaan signifikan untuk aspek afektif, karena nilai sig. 0,023 < 0,05. Uji hipotesis praktik menyatakan hipotesis diterima dengan artian tidak ada perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik, karena nilai sig. 1,000 > 0,05. Adanya pemanfaatan media Gitpod dapat berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar pemrograman ranah kognitif dan afektif, namun masih kurang dapat meningkatkan hasil belajar pemrograman ranah psikomotorik siswa SMA Negeri 3 Malang.

Referensi

Agung Novanto, W., Reffiane, F. and Karsono, 2022. PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IIIB SD SUPRIYADI SEMARANG Informasi Artikel. [online] 2(1). Available at: <http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/praniti/index>.

Ahmadiyanto, 2016. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KO-RUF-SI (KOTAK HURUF EDUKASI) BERBASIS WORD SQUARE PADA MATERI KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 LAMPIHONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

Aji, T.H.M., Purnamasari, V. and Khasanah, S.K., 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Siswa Kelas 4 SD. pp.1–10.

Amalia, D., Buchori, A. and Astuti, D., 2023. Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. pp.1–11.

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T.D., Fajriyah, L., Astuti, D.A.I., Hardiansyah, A. and Suseni, K.A., 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ‘TELAAH PERSPEKTIF PADA ERA SOCIETY 5.0’. [online] Available at: <https://toharmedia.co.id>.

Armadani, P., Sari, K.P., Abdullah, F.A. and Setiawan, M., 2023. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, [online] 9(1), pp.341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654.

Basri K, 2017. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. [online] Available at: <https://www.researchgate.net/publication/323986537>.

Dwiyanti, N.K.E.M., Rati, N.W. and Lestari, L.P.S., 2023. Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), pp.285–294. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494.

Farizi, R.I.A. and Sujatmiko, B., 2021. EFEKTIVITAS PEMANFAATAN CLOUD COMPUTING BERBASIS SOFTWARE AS A SERVICE (ONLINEGDB COMPILER) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR SELAMA PANDEMI DI SMKN 1 SURABAYA. Jurnal IT-EDU., 5(2), pp.745–754.

Fraenkel, R., J., Wallen, E., N. and Hyun, H., H., 2012. how to design and evaluate research in education.

Gitpod, 2024. C++ di Gitpod. https://www.gitpod.io/.

Laila, E.M., Rasiman and Juanah, 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik KelasV Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Karangsari 1 Demak. pp.34–42.

Maku, N., Novian, D. and Yassin, M.T.R., 2021. PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMKN 1 GORONTALO. INVERTED: Journal of Information Technology Education, [online] 1(1). Available at: <http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted>.

Nurtanto, M. and Sofyan, H., 2015. IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF, PSIKOMOTOR, DAN AFEKTIF SISWA DI SMK THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE, PSYCHOMOTOR, AND AFFECTIVE OF STUDENTS IN VOCATIONAL SCHOOL. 5.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W. and Sayidiman, 2022. MEDIA PEMBELAJARAN.

Pangga, D. and Kuntjoro, F.T.B., 2023. Meningkatkan Hasil Belajar PJOKmelalui Model Pembelajaran Problem Based Learning(Pbl) pada Siswa Kelas IIIUPT SDN223 Gresik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), pp.122–134.

Rahmadani, 2019. METODE PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Lantanida Journal, 7(1), pp.1–100.

Ramsi, M.A., 2023. Media Pembelajaran Interaktif Mempengaruhi Tingkat Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran.

Rizky Amalia Mukmila and Nurhamidah, D., 2021. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLABORASI GOOGLE MEET DAN PADLET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS PROSEDUR. pp.730–736.

Sari, I.T. and Rochmiyati, S., 2023. PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SITES DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Khazanah Pendidikan, 17(1), p.106. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15855.

Sofyan, H., Kokom, W. and Triwiyono, K.E., 2017. PROBLEM BASED LEARNING dalam Kurikulum 2013.

Suarbawa, I.P., 2019. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PEMBELAJARAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI RANAH PSIKOMOTOR. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).

Triyani, D., Irawati and Hosan, 2023. Penerapan Media Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas III SD Maitreyawira Dumai. Jurnal Maitreyawira, 4(1).

Wahyono, Mushthofa, Asfarian, A., Ramadhan, A.D., Putro, P.H., Wisnubhadra, I., Saputra, B. and Pratiwi, H., 2021. Buku Panduan Guru INFORMATIKA. 1st ed. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Yasminah and Sahono, B., 2020. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1).

Yulianto, A. and Bima, K., 2021. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VI SDN 42 KOTA BIMA. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, [online] 01(02). Available at: <https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas>.

Zainudin, 2023. RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SEBAGAI OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam).

Unduhan

Diterbitkan

29 Jul 2024

Cara Mengutip

Fitri, N., Zulvarina, P., & Dwi Herlambang, A. (2024). Pengaruh Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Gitpod pada Model Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13895

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...