Perancangan User Experience Aplikasi Monitoring Ekspedisi Kendaraan Berat Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
monitoring, ekspedisi kendaraan berat, user experience, human-centered design, aesthetic usability effect law, Jakob's lawAbstrak
Salah satu perkembangan teknologi informasi adalah otomatisasi tata kelola perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, tetapi nyatanya banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem konvensional. Contohnya adalah PT XYZ yang masih melakukan monitoring ekspedisi kendaraan berat secara manual melalui WhatsApp. Oleh sebab itu, penulis melakukan perancangan user experience aplikasi mobile untuk membantu admin memantau progres sopir ketika melakukan ekspedisi bahan tambang. Metode yang digunakan adalah human-centered design yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pengguna. Selain itu, penulis juga bereksperimen dengan menerapkan 2 teori UX, yaitu aesthetic usability effect law yang berfokus pada keindahan visual dan Jakob’s law yang berfokus pada familieritas pengguna. Untuk validasi, penulis melakukan pengujian usability aspek efektivitas metrik success rate, aspek efisiensi metrik time-based efficiency, dan aspek kepuasan pengguna metrik After Scenario Questionnaire (ASQ). Pengujian dilakukan kepada 6 sopir dan 6 admin dengan latar usia 20-50 tahun. Kemudian, penulis membandingkan hasil pengujian menggunakan uji statistik sample paired t-test guna mengetahui teori mana yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk pengguna sopir, desain teori Jakob’s law lebih unggul dengan tingkat efektivitas 100%, efisiensi 0,237 goal/sec, dan kepuasan pengguna sebesar 6,139. Sedangkan pengguna admin, desain teori Jakob’s law juga lebih unggul dengan tingkat efektivitas 100%, efisiensi 0,332 goal/sec, dan kepuasan pengguna sebesar 6,033.
Referensi
Calista, F., 2014. Pengaruh Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Kualitas Informasi pada PT Otsuka Indonesia. [pdf] Universitas Bina Nusantara.
Campbell, D. T., & Stanley, J. C., 1996. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. [pdf] Chicago: Rand McNally & Co. Tersedia di: http://ndl.ethernet.edu.et/bitstream/123456789/48969/1/76.pdf [Diakses pada 8 Februari 2024]
Harte, R., et. al., 2017. A Human-Centered Design Methodology to Enhance the Usability, Human Factors, and User Experience of Connected Health Systems: A Three-Phase Methodology. [pdf] JMIR Human Factors. Tersedia di: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28302594/ [Diakses pada 5 Februari 2024]
Lewis, J. R., 1991. An After-Scenario Questionnaire for Usability Studies: Psychometric Evaluation Over Three Trials. [pdf] Florida: Design Center/Human Factors. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/230786769_Psychometric_evalu ation_of_an_after-scenario_questionnaire_for_computer_usability_ studies_The_ASQ [Diakses pada 15 Februari 2024]
Yablonski, J., 2020. Laws of UX: Using Psychology to Design Better Products & Services. Sebastopol, CA: O’Reilly Media.
Calista, F., 2014. Pengaruh Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Kualitas Informasi pada PT Otsuka Indonesia. [pdf] Universitas Bina Nusantara.
Campbell, D. T., & Stanley, J. C., 1996. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. [pdf] Chicago: Rand McNally & Co. Tersedia di: http://ndl.ethernet.edu.et/bitstream/123456789/48969/1/76.pdf [Diakses pada 8 Februari 2024]
Harte, R., et. al., 2017. A Human-Centered Design Methodology to Enhance the Usability, Human Factors, and User Experience of Connected Health Systems: A Three-Phase Methodology. [pdf] JMIR Human Factors. Tersedia di: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28302594/ [Diakses pada 5 Februari 2024]
Lewis, J. R., 1991. An After-Scenario Questionnaire for Usability Studies: Psychometric Evaluation Over Three Trials. [pdf] Florida: Design Center/Human Factors. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/230786769_Psychometric_evalu ation_of_an_after-scenario_questionnaire_for_computer_usability_ studies_The_ASQ [Diakses pada 15 Februari 2024]
Yablonski, J., 2020. Laws of UX: Using Psychology to Design Better Products & Services. Sebastopol, CA: O’Reilly Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.