Analisis Kesuksesan Aplikasi JConnect Mobile Menggunakan Model DeLone and McLean
Kata Kunci:
Analisis, Kesuksesan, Mobile Banking, Regeresi berganda, KuantitatifAbstrak
Ada banyak komentar tentang aplikasi Jconnect yang mengevaluasi keterbatasannya. Menurut jumlah ulasan buruk yang didapat aplikasi JConnect, perangkat lunak ini masih belum berkinerja maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan model kesuksesan Delone dan Mclean untuk memeriksa seberapa baik kinerja aplikasi Jconnect Mobile. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, penelitian kuantitatif ini pertama-tama akan mendeskripsikan variabel-variabel dalam keadaan alamiahnya dan kemudian menggunakan analisis inferensial untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut dengan menguji hipotesis. Dari dua puluh hipotesis yang dipertimbangkan, lima di antaranya memiliki dampak yang substansial, sedangkan lima belas hipotesis lainnya tidak memiliki pengaruh yang nyata. Tingkat teknis, semantik, dan efektivitas semuanya diperhitungkan saat mengevaluasi kinerja. Dalam hal metrik kualitas sistem dan layanan, mencapai kesuksesan di tingkat teknis memberikan hasil yang baik. Sebagai hasil dari nilai rata-rata terendah dari semua variabel, indikator dalam variabel kualitas layanan menjadi variabel yang menuntut perbaikan atau peningkatan, sementara indikator waktu reaksi dalam variabel kualitas sistem perlu menjadi perhatian untuk ditingkatkan. Jika ingin berhasil pada tingkat semantik, maka perlu fokus untuk meningkatkan indikator kelengkapan dan ketepatan waktu, serta variabel kualitas informasi. Nilai indikator pada tiga variabel yang digunakan-penggunaan, statistik pengguna, dan manfaat bersih yang tinggi-menunjukkan bahwa keberhasilan pada tingkat efektivitas menghasilkan hasil yang baik. Indikator kepuasan secara keseluruhan, yang mengukur seberapa puas pengguna, serta penghematan waktu dan manfaat bersih, merupakan area yang memerlukan pengembangan.
Referensi
Anjaria, K. (2022). Knowledge derivation from Likert scale using Z-numbers. Information Sciences, 590. https://doi.org/10.1016/j.ins.2022.01.024
Ardiani, D., Suroija, N. & Purnamasari, E., 2020. The influence of Service Quality on Customer Satisfaction at Workshop PT Wahana Sun Motor Branch Puri Anjasmoro. JOBS (Jurnal Of Business Studie (Liana, 2009)s), 6(2), pp. 159-176.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2023, March 10). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved August 18, 2023, from https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
B. M. Nils Urbach, “The Updated Delone And Mclean Model Of Information Systems Success,” Inf. Syst. Theory, vol. 28, no. May, p. 461, 2012, doi: 10.1007/978-1-4419-6108-2.
Cohard, P., & Messeghem, K. (2022). A Measurement Scale for Agile Orientation. Systemes d’Information et Management, 27(1). https://doi.org/10.3917/SIM.221.0039
Cronbach L.J. Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika. 1951;16(3):297–334. [Google Scholar]
DeLone, W. H. & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success a ten - year update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9-30.
DeLone. W. H. & McLean, E. R. (1992) Information systems success. The quest for the dependent variable. Information Systems Research , 3 ( 1 ) , 60-95.
Erwin, and Andri Wijaya. “Penggunaan Model DeLone Dan McLean Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi Go-Jek Di Palembang.” JURNAL SISTEM & TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI, vol. 3, no. 2, 2022, pp. 9-17.
Fadila, Y. (2020). SISTEM LAYANAN E-BANKING DALAM MENARIK NASABAH DI PT. BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Regresi dengan EViews 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hajjar S. Statistical analysis: internal-consistency reliability and construct validity. Int. J. Quan. Qualit. Res. Meth. 2018;6(1):46–57. [Google Scholar]
Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Khouroh, U. & Patalo, R. . G., 2020. Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(1), pp. 45-53.
Huse, V. D. (2017). Analisis Kesuksesan Aplikasi Gojek Dari Perspektif Pengguna Masyarakat Surabaya Menggunakan Information System Success Model (ISSM). Skripsi. Sistem Informasi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Huda, M. A., S. & Nurcahyawati, V., 2018. Analisis Kesuksesan Mobile Banking (M-Banking) Dengan Model DeLone DAN McLean Pada BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Diponegoro Surabaya. JSIKA, 7(1), pp. 1-11.
Jaafreh , A. B. ( 2017 ) . Evaluation information system success applied DeLone and McLean information system success model in context banking system in KSA International Review of Management and Business Research , 6 ( 2 ) , 829-845.
“JConnect", SOLUSI KEMUDAHAN AKSES LAYANAN DIGITAL PERBANKAN dari BANK JATIM. (2021, November 3). Bank Jatim. Retrieved August 18, 2023, from https://www.bankjatim.co.id/id/informasi/berita/jconnect-solusi-kemudahan-akses-layanan-digital-perbankan-dari-bjtm
Kutner, M. H., Nachtsheim, C. J., Neter, J., & Li, W. (2004). Applied linear statistical models (Vol. 4). McGraw-Hill/Irwin.
Laukkanen, T. (2017), "Mobile banking", International Journal of Bank Marketing, Vol. 35 No. 7, pp. 1042-1043. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0218
Mahmudah, A. C. & Indriyanti, A. D., 2023. PENGGUNAAN MODEL DELONE AND MCLEAN UNTUK MENGUKUR KEBERHASILAN APLIKASI BERBASIS MOBILE SISTEM KEGIATAN KARYAWAN (SI KEKAR) PADA DEPARTEMEN KEAMANAN PT PETROKIMIA GRESIK. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 04(03), pp. 168-177.
M. Damabi, M. Firoozbakht, and A. Ahmadyan, “A model for Customer Satisfaction and Trust for Mobile Banking Using DeLone and McLean Model of Information System Success,” vol. 5, no. 3, 2018.
Nurakbar , A. , & Susanti , S ( 2021 ) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB SEBAGAI MEDIA TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN . EProsiding Sistem Informasi ( POTENSI ) , 2 ( 1 ) , 237-24
Nurhidayati, and Kartika Yuliantari. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 2.1: 69-75
Rahayu, S., 2019. PENGARUH KESUKSESAN SISTEM DAPODIKDASMEN KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 16(2), pp. 32-42.
Seddon, P.B., & Kiew, M.Y., 1994. A Partial Test and Development of the DeLone and McLean Model of IS Success. Australasian Journal of Information Systems, 4, 90-109.
Sugiyono. 2023. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Transaksi Digital Banking di Indonesia Tumbuh 158% dalam 5 Tahun Terakhir. (2023, July 5). Databoks. Retrieved August 18, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/transaksi-digital-banking-di-indonesia-tumbuh-158-dalam-5-tahun-terakhir
Anjaria, K. (2022). Knowledge derivation from Likert scale using Z-numbers. Information Sciences, 590. https://doi.org/10.1016/j.ins.2022.01.024
Ardiani, D., Suroija, N. & Purnamasari, E., 2020. The influence of Service Quality on Customer Satisfaction at Workshop PT Wahana Sun Motor Branch Puri Anjasmoro. JOBS (Jurnal Of Business Studie (Liana, 2009)s), 6(2), pp. 159-176.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2023, March 10). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved August 18, 2023, from https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
B. M. Nils Urbach, “The Updated Delone And Mclean Model Of Information Systems Success,” Inf. Syst. Theory, vol. 28, no. May, p. 461, 2012, doi: 10.1007/978-1-4419-6108-2.
Cohard, P., & Messeghem, K. (2022). A Measurement Scale for Agile Orientation. Systemes d’Information et Management, 27(1). https://doi.org/10.3917/SIM.221.0039
Cronbach L.J. Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika. 1951;16(3):297–334. [Google Scholar]
DeLone, W. H. & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success a ten - year update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9-30.
DeLone. W. H. & McLean, E. R. (1992) Information systems success. The quest for the dependent variable. Information Systems Research , 3 ( 1 ) , 60-95.
Erwin, and Andri Wijaya. “Penggunaan Model DeLone Dan McLean Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi Go-Jek Di Palembang.” JURNAL SISTEM & TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI, vol. 3, no. 2, 2022, pp. 9-17.
Fadila, Y. (2020). SISTEM LAYANAN E-BANKING DALAM MENARIK NASABAH DI PT. BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Regresi dengan EViews 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hajjar S. Statistical analysis: internal-consistency reliability and construct validity. Int. J. Quan. Qualit. Res. Meth. 2018;6(1):46–57. [Google Scholar]
Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Khouroh, U. & Patalo, R. . G., 2020. Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(1), pp. 45-53.
Huse, V. D. (2017). Analisis Kesuksesan Aplikasi Gojek Dari Perspektif Pengguna Masyarakat Surabaya Menggunakan Information System Success Model (ISSM). Skripsi. Sistem Informasi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Huda, M. A., S. & Nurcahyawati, V., 2018. Analisis Kesuksesan Mobile Banking (M-Banking) Dengan Model DeLone DAN McLean Pada BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Diponegoro Surabaya. JSIKA, 7(1), pp. 1-11.
Jaafreh , A. B. ( 2017 ) . Evaluation information system success applied DeLone and McLean information system success model in context banking system in KSA International Review of Management and Business Research , 6 ( 2 ) , 829-845.
“JConnect", SOLUSI KEMUDAHAN AKSES LAYANAN DIGITAL PERBANKAN dari BANK JATIM. (2021, November 3). Bank Jatim. Retrieved August 18, 2023, from https://www.bankjatim.co.id/id/informasi/berita/jconnect-solusi-kemudahan-akses-layanan-digital-perbankan-dari-bjtm
Kutner, M. H., Nachtsheim, C. J., Neter, J., & Li, W. (2004). Applied linear statistical models (Vol. 4). McGraw-Hill/Irwin.
Laukkanen, T. (2017), "Mobile banking", International Journal of Bank Marketing, Vol. 35 No. 7, pp. 1042-1043. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0218
Mahmudah, A. C. & Indriyanti, A. D., 2023. PENGGUNAAN MODEL DELONE AND MCLEAN UNTUK MENGUKUR KEBERHASILAN APLIKASI BERBASIS MOBILE SISTEM KEGIATAN KARYAWAN (SI KEKAR) PADA DEPARTEMEN KEAMANAN PT PETROKIMIA GRESIK. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 04(03), pp. 168-177.
M. Damabi, M. Firoozbakht, and A. Ahmadyan, “A model for Customer Satisfaction and Trust for Mobile Banking Using DeLone and McLean Model of Information System Success,” vol. 5, no. 3, 2018.
Nurakbar , A. , & Susanti , S ( 2021 ) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB SEBAGAI MEDIA TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN . EProsiding Sistem Informasi ( POTENSI ) , 2 ( 1 ) , 237-24
Nurhidayati, and Kartika Yuliantari. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 2.1: 69-75
Rahayu, S., 2019. PENGARUH KESUKSESAN SISTEM DAPODIKDASMEN KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 16(2), pp. 32-42.
Seddon, P.B., & Kiew, M.Y., 1994. A Partial Test and Development of the DeLone and McLean Model of IS Success. Australasian Journal of Information Systems, 4, 90-109.
Sugiyono. 2023. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Transaksi Digital Banking di Indonesia Tumbuh 158% dalam 5 Tahun Terakhir. (2023, July 5). Databoks. Retrieved August 18, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/transaksi-digital-banking-di-indonesia-tumbuh-158-dalam-5-tahun-terakhir
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.