Analisis Perbandingan Terhadap Keputusan Pemilihan Penggunaan Aplikasi ChatGPT Dan Perplexity AI (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)

Analisis Perbandingan Terhadap Keputusan Pemilihan Penggunaan Aplikasi ChatGPT Dan Perplexity AI (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)

Penulis

  • Salsabila Tjahya Kusuma Putri Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Technology Acceptance Model (TAM), Chatbot AI, ChatGPT, Perplexity AI, Perbandingan, Minat Penggunaan

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 membawa perubahan signifikan pada bidang teknologi, salah satunya penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk chatbot AI di sektor pendidikan. Penggunaan ChatGPT di Indonesia mendominasi sebesar 79% dan Perplexity AI di posisi ketiga sebesar 5% menjadikan kedua aplikasi ini kerap disandingkan akan keunggulannya dan perbedaan yang dimilikinya.  Dengan adanya fakta tersebut, penulis tertarik untuk melakukan analisis perbandingan pada faktor penerimaan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini yaitu variabel kemudahan penggunaan (PEOU), kebermanfaatan (PU), rencana penggunaan (BIU), serta pemakaian sistem secara aktual (AU) beserta variabel dependennya yakni minat penggunaan kedua aplikasi chatbot tersebut (ACC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek apa saja dalam model TAM yang memengaruhi secara signifikan terhadap minat penggunaan kedua aplikasi serta melihat aplikasi mana yang lebih unggul berdasarkan variabel-variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan 100 responden mahasiswa Universitas Brawijaya yang mana mereka merupakan pengguna dari kedua aplikasi tersebut serta menggunakan perhitungan statistik non-parametrik uji GLM dan Mann-Whitney. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan pada minat penggunaan aplikasi ChatGPT yakni BIU dan AU yang berarti bahwa keinginan pengguna untuk menggunakan suatu teknologi untuk pertama kalinya dan di masa yang akan datang serta pengguna merasa puas akan pemakaian suatu teknologi sehingga ia menggunakan secara langsung teknologi tersebut maka ini berpengaruh secara signifikan pada minat untuk menggunakan aplikasi ChatGPT. Sementara pada aplikasi Perplexity AI variabel yang berpengaruh signifikan ialah PEOU dan AU yang berartikan bahwa kemudahan yang dirasakan pengguna dalam menggunakan suatu teknologi serta kepuasan yang dirasakan ketika pemakaian suatu teknologi sehingga ia menggunakan secara langsung teknologi tersebut maka ini berpengaruh secara signifikan pada minat untuk menggunakan aplikasi Perplexity AI. Berdasarkan kelima variabel tersebut ketika dibandingkan terhadap dua aplikasi tersebut, menyatakan bahwa aplikasi ChatGPT lebih unggul dibandingkan aplikasi Perplexity AI di segala variabel. Hal ini juga menandakan bahwa pengguna lebih memilih untuk menggunakan aplikasi ChatGPT dibandingkan Perplexity AI jika dilihat berdasarkan nilai mean yang diperoleh pada variabel ACC.

Referensi

Basmatulhana, H. (2023). Mengenal perplexity, “saingan” google Dan Chatgpt berbasis ai. Retrieved from https://www.arina.id/tren/ar-8pNpZ/mengenal-perplexity---saingan--google-dan-chatgpt-berbasis-ai

Bhasarie, H. A., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Teknologi Menggunakan Kuesioner Technology Acceptance Model (TAM) pada E-Learning Google Classroom di SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(7), 2871–2876. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9375

Chuttur, Mohammad, " Overview of the Technology Acceptance Model: Origins, Developments and Future Directions" (2009). All Sprouts Content. 290.

Davis, Fred & Davis, Fred. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. 13. 319-.10.2307/249008.

Fadhil, A. G. (2024). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERDAMPAK TERHADAP MINAT ADOPSI PENGGUNAAN APLIKASI BRIMO.

Fatmawati, Endang. (2015). "Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi di PerpustakaanM INFORMASI PERPUSTAKAAN." Iqra: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, vol. 9, no. 1.

Gardner, C.M., & Amoroso, D.L. (2004). Development of an instrument to measure the acceptance of Internet technology by consumers. 37th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2004. Proceedings of the, 10 pp.-.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis (8th ed.). United Kingdom: Cengage Learning.

Köck, J. (2017). The Technology Acceptance Model (TAM). An Overview. Germany: GRIN Verlag.

Ma, Q., & Liu, L. (2005). The Technology Acceptance Model. Advances in End User Computing, 112–128. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-474-3.ch006

Misbahuddin, & Hasan, I. (2022). Analisis data Penelitian dengan Statistik (Edisi Kedua). Bumi Aksara.

Novianti, K.D., putri, N.K., & Purnamayanti, I.A. (2022). ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS : SIJALAK DESA POHSANTEN). INSERT : Information System and Emerging Technology Journal.

Ngo, T. H. D. (2016). Generalized Linear Models for Non-Normal Data. Proceedings of the SAS®️ Global Forum 2016 Conference.

Rahayu, A. P. (2024). Evaluasi Penerimaan Pengguna Dan Kesuksesan Aplikasi Chatgpt Berbasis Kecerdasan Buatan Terhadap Mahasiswa Indonesia. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/76638/1/AMANDA%20PUTRI%20RAHAYU-FST.pdf

Recent Advances in Technology Acceptance Models and Theories. (2021). Germany: Springer International Publishing.

Riadi, Muchlisin. (2024). Technology Acceptance Model (TAM) - Pengertian dan Aspek. Diakses pada 2/11/2024, dari https://www.kajianpustaka.com/2024/01/technology-acceptance-model-tam.html

Rosalina, S.Ked., M.Biomed., Dr. dr. L., Oktarina, S.Pd., M.Pd.T, R., Dra. Rahmiati, M.Pd., Ph.D., & Saputra, A.Md.T., S.Pd., M.Pd., I. (2023). BUKU AJAR STATISTIKA. CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH. 2024, http://repository.unp.ac.id/43171/1/RAHMIATI_BUKU_STATISTIKA_OK.pdf

Sabouret, N. (2020). Understanding Artificial Intelligence. United Kingdom: CRC Press.

Salmi, Juniarty. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan ChatGPT di Era Pendidikan 4.0. Diakses pada 2/05/2024, dari https://repository.uksw.edu//handle/123456789/30891

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

T, Mairisiska., & N, Qadariah. (2023). PERSEPSI MAHASISWA FTIK IAIN KERINCI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2). doi:https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653

Taherdoost, Hamed. (2018). A Review of Technology Acceptance and Adoption Models and Theories. Procedia Manufacturing 22 (2018) 960–967, Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=3206598

Teijlingen, E., & Hundley, V. (2002). The importance of pilot studies. Nursing Standard, 16(40), 33–36. https://doi.org/10.7748/ns2002.06.16.40.33.c3214

Validity and Reliability in Built Environment Research: A Selection of Case Studies. (2022). United Kingdom: CRC Press.

Wicaksono, Soetam. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model. 10.5281/zenodo.7754254.

Zebua, Rony & Khairunnisa, & Sudipa, I Gede Iwan & M.Kom, Sepriano. (2023). FENOMENA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI).

Unduhan

Diterbitkan

29 Jul 2024

Cara Mengutip

Putri, S. T. K., Wijoyo, S. H., & Putra, W. H. N. (2024). Analisis Perbandingan Terhadap Keputusan Pemilihan Penggunaan Aplikasi ChatGPT Dan Perplexity AI (Studi Kasus: Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13920

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...